Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Februari 27, 2021, 04:55:48 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 44
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Manusia: Eksperimen Allah?  (Dibaca 15343 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #15 pada: November 16, 2014, 09:35:29 PM »
Lha, memangnya manusia punya kehendak bebas?
Katanya semua yang terjadi di alam sudah atas kehendak Allah, manusia ciptaan Allah.
Ibarat programer membuat karakter game (NPC) yang dia rancang sendiri, yang dia tahu apa yang akan karakter itu lakukan, masa layak menghukum apa yang dia rancang sendiri. Dia bikin Si A dengan karakter jahat sedang Si B dengan karakter baik, lantas Si A dimarahi dan dihukum di neraka.

Konsep yg anda guna'in salah, di agama yg saya peluk. Ada nasib yg bsa dirubah dan ada yg tdk bsa dirubah... Seperti yg dibilangin mas Farabi :D.

Contohnya, ada takdir klo kamu bakal mati... itu pasti kn? itu udh fix... gk bsa diubah.
Tpi waktu, dmana, siapa, bagaimana dan mengapa kita dibunuh punya banyak alternatif. Itu yg buat kehidupan ini menarik...

Kebanyakan maen RPG lo, haha :D, ada NPC ny sgala...

Yang begini mah tuhan kurang kerjaan, manusia kalau punya sifat begini namanya psikopat.
Konsep tuhan psikopat kok dipercaya. Lagian konsep dosa pahala Islam itu ngeri dan menyesatkan, masa iya orang jahat katanya tetep masuk surga asalkan agamanya tetap Islam, yang non muslim sekalipun baik tetap masuk neraka, lagi-lagi Islam menggambarkan tuhan sebagai sosok yang gila sembah. Sebagai orang waras gw sama sekali tidak bisa menerima konsep ketuhanan Allah sebagai konsep yang benar.

Jgn samakan sifat dasar Tuhan dan Manusia... pengertian psikopat itu relatif, beda orang itu beda pengertiannya. Dan kta blom bisa tau knp Allah mbuat game 'kehidupan' kyk gini krn alasannya msih ada kdepan.

Gw sndiri ragu alasan nya nanti gk bakalan alasan yg bagus, Allah sndiri blom mau ngungkapin alesannya knp manusia ada di bumi. Itu pertanyaan yg pling ditanya'in di sejarah dlu.

Konsep dosa Muslim yg anda cetusin, sbenernya... salah. Orang Muslim yg melakukan dosa tetep dikasih ganjaran yg pahit, bgitu jga non muslim. Non Muslim skalipun yg melakukan pahala akan dibalas dgn pahala jga, konsep pahala gk cman kna sama orang Muslim doang. Lo gk bsa asal msuk sorga klo cmn sebatas klo kmu Muslim...

Saya pernah baca Injil, ato Veda... dan skarang Quran. Dan saya 'mungkin' sdikit lebih tau dri kamu...

QS Fushlihat 34: Tolak kejahatan dgn kebaikan, maka diantara kamu akan terjalin persahabatan yg abadi.
> di Taurat diramalkan bahwa kaum Arab dibawah kekuasaan Muhamedin (Raja bijaksana yg buta huruf dari Maikkah 'referensi Taurat') akan terjalin permusuhan yg tampaknya tiada henti dgn kaum Yahudi, tpi di akhirnya... mereka akan menjalin persahabatan abadi dgn bersama sama akan menyebarkan kebaikan di muka bumi.

At Taubat 6: Jika orang Kafir, Musyrik memohon utk memberikan perlindungan dari Musuh, perang, wabah ato bencana. Muslim diwajibkan memberikan perlindungan itu. Walau bgimanapun, mreka manusia...

Hadits dari Musnad Ahmad 11/50: Muhammad bersabda... "Seseorang masuk surga karena Toleran"

Jdi... jgn liat agama dri luarnya ya mas... :D Thx
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #16 pada: November 17, 2014, 12:13:49 PM »
Konsep dosa Muslim yg anda cetusin, sbenernya... salah. Orang Muslim yg melakukan dosa tetep dikasih ganjaran yg pahit, bgitu jga non muslim. Non Muslim skalipun yg melakukan pahala akan dibalas dgn pahala jga, konsep pahala gk cman kna sama orang Muslim doang. Lo gk bsa asal msuk sorga klo cmn sebatas klo kmu Muslim...

Oya? Di Hadits disebutkan bahwa asalkan seseorang memiliki iman di hatinya, maka ia akan masuk surga setelah semua dosa-dosanya ditebus di neraka. Muslim yang abadi di neraka hanyalah mereka yang berbuat musyrik, durhaka pada orangtua, dan menggambar makhluk bernyawa. Selain itu, di Hadits yang lain disebutkan bahwa amalan baik orang non-Muslim tak ubahnya seperti debu yang diterbangkan angin. Amalan-amalan tersebut tak dapat membantunya untuk meraih surga. Dari sini masih bisa bilang kalau Tuhannya orang Muslim itu adil?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline candrawiguna

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 3
  • ForSa!
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #17 pada: November 17, 2014, 05:04:52 PM »
di agama yg saya peluk. Ada nasib yg bsa dirubah dan ada yg tdk bsa dirubah, ...

Kalau demikian, maka:
  • Tidak benar bahwa semua yang terjadi di alam semesta itu adalah atas kehendak Allah, karena ternyata ada faktor kehendak manusia disana.
  • Tidak benar bahwa Allah itu maha tahu, karena jika manusia bebas memilih Allah tidak bisa tahu dan memastikan apakah seorang manusia nantinya akan masuk surga atau neraka

Inilah yang saya sebut bahwa konsep tuhan maha tahu dan maha kuasa kontradiktif dengan konsep manusia yang punya kehendak bebas.

Kutip
Jgn samakan sifat dasar Tuhan dan Manusia...

Yang menyamakan tuhan dengan manusia itu kan agama. Dalam berbagai konsep agama, tuhan tidak lebih sosok dengan karakter manusia super, sifatnya sama dengan manusia, cuma ditambah embel2 maha ini maha itu. Tuhan dalam agama digambarkan sama persis seperti manusia, di Islam tuhan bisa marah, bisa cemburu, bisa diajak tawar menawar jumlah sholat, tidak suka pada hal2 yang najis, padahal jorok tidak joroknya pakai standar manusia, di Hindu tuhan digambarkan bisa ngintip orang mandi dan bisa saling berperang. Ini semua kan karakter manusia. Karena itu tuhan dalam agama sering disebut dengan tuhan personal.

*Monggo, googling sendiri, apa itu tuhan personal, dan apa perbedaan antara tuhan personal dan tuhan tidak personal dalam berbagai kepercayaan.

Dan kalau anda mengatakan jangan menyamakan tuhan dan manusia itu maksudnya jangan menggunakan standar penilaian manusia dalam menilai tuhan, maka anda sendiri melupakan fakta bahwa Islam pun protes ajaran ketuhanan agama lain yang dianggapnya tidak logis berdasarkan standar penilaian pada manusia. Contoh:

Muslim bilang: "Tuhan Hindu kok banyak, pada berantem donk"
Al Quran bilang: "Tuhan Kristen kok punya anak, istrinya mana?"

Tuh, Islam mengkritik konsep ketuhanan agama lain yang dianggapnya tidak logis, mengacu pada standar penilaian pada manusia. Manusia suka berantem, maka Islam mengira bahwa tuhan akan berantem ketika jumlahnya lebih dari satu. Manusia perlu istri agar punya anak, maka Islam mempertegas bahwa Allah tidak punya anak karena ga punya istri. :)

Kutip
Konsep dosa Muslim yg anda cetusin, sbenernya... salah. Orang Muslim yg melakukan dosa tetep dikasih ganjaran yg pahit, bgitu jga non muslim. Non Muslim skalipun yg melakukan pahala akan dibalas dgn pahala jga, konsep pahala gk cman kna sama orang Muslim doang. Lo gk bsa asal msuk sorga klo cmn sebatas klo kmu Muslim...

Saya cuma bicara tentang surga dan neraka, bukan tentang apakah nanti dapat ganjaran atau enggak, dalam Islam muslim itu udah dijamin masuk surga, ini salah satu contoh dalilnya:

Abu Dzar mengatakan bahwa Rasulullah bersabda: “Seseorang datang kepadaku dari Tuhan ku membawa berita (mungkin katanya: membawa berita gembira):”Sesungguhnya barang siapa diantara umatku yang mati sedangkan dia tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun orang itu masuk surga.” Aku bertanya: “Sekalipun orang itu berzinah dan mencuri?” Jawab nabi: “Ya, sekalipun dia berzinah dan mencuri.”

Bukhari Volume 2, Book 23, Number 329
www[dot]iium[dot]edu[dot]my/deed/hadith/bukhari/023_sbt[dot]html

Makanya gak aneh kalau justru orang2 di kementerian agama sering korupsi, lha wong mereka tahu agamanya menjamin masuk surga sekalipun nyolong uang rakyat.

Argumen selanjutnya gak saya bahas, ga nyambung sama tulisan saya sebelumnya, dan udah jauh dari topik awal diskusi. :)

Offline ssdestroyer

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Cogito Ergo Sum
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #18 pada: November 18, 2014, 06:11:00 AM »
mungkin tapi kalau diumpamakan bumi ini manusia,dia bertumbuh dan berkembang jadi anggap saja kepunahan makhluk yang terdahulu bagian dari siklus alam

Offline sirius.A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #19 pada: November 19, 2014, 11:36:47 AM »
Kalau demikian, maka:
  • Tidak benar bahwa semua yang terjadi di alam semesta itu adalah atas kehendak Allah, karena ternyata ada faktor kehendak manusia disana.
  • Tidak benar bahwa Allah itu maha tahu, karena jika manusia bebas memilih Allah tidak bisa tahu dan memastikan apakah seorang manusia nantinya akan masuk surga atau neraka


sudut pandang anda tentang konsep ketuhanan terlalu sempit.

1. Tuhan menentukan/menciptakan hukum alam sebelum dimulainya waktu. setiap kejadian di alam semesta akan tunduk pada hukum alam, karena itu dikatakan   bahwa setiap kejadian adalah ketentuan Tuhan.

2. manuasia diberi  kebebasan untuk memilih (kehendak bebas). apapun pilihan kita, proses dan hasil akhirnya akan selalu tunduk pada hukum alam. Dengan kata lain, apapun pilihan kita, Tuhan sudah mengetahui proses dan hasil akhirnya. oleh karena itu dikatakan Tuhan maha tahu.


Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #20 pada: November 19, 2014, 01:28:54 PM »
Oya? Di Hadits disebutkan bahwa asalkan seseorang memiliki iman di hatinya, maka ia akan masuk surga setelah semua dosa-dosanya ditebus di neraka. Muslim yang abadi di neraka hanyalah mereka yang berbuat musyrik, durhaka pada orangtua, dan menggambar makhluk bernyawa. Selain itu, di Hadits yang lain disebutkan bahwa amalan baik orang non-Muslim tak ubahnya seperti debu yang diterbangkan angin. Amalan-amalan tersebut tak dapat membantunya untuk meraih surga. Dari sini masih bisa bilang kalau Tuhannya orang Muslim itu adil?

Dalil please... kasih gw dalil yg otentik, jgn jgn cuman Syaikhul Muslim... beeehhh... ato temen lo sndiri... beeehh.  :P

Mas, gw ksih tau ya. Ada Hadis Syaikhul Muslim yg ndeskripsi'in klo Allah (Tuhan orang Islam) itu punya pantat, mukanya kyk suku Afwad berambut kriting... gmn? ksih hadis yg beneran otentik... surfing dlu di Google sana. :D

Ini knp kalo ada orang Relijius ama orang Atheis lgi debat, gw lbih suka ngedengerin opininya si Atheis. Mreka punya dasar yg kuat, brows... dan agama gw ama Atheis punya dkit perbedaan (gk percaya, pkir dlu lah... hehe) :kribo:

“Berhati-hatilah kalian dari doa orang yang dizalimi, walaupun ia seorang kafir, karena tidak ada penghalang di balik doanya.” (HR. Ahmad)

“Sesungguhnya orang orang yang beriman, orang orang Yahudi, orang orang Nasrani, dan orang orang Sabi’in, siapa saja (yang diantara mereka) yang beriman kepada Allah dan hari akhir dan melakukan kebajikan, mereka mendapat pahala dari
Tuhannya, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” Al Baqarah 62-63

Msih blom adil? setidaknya gw punya dalil kn?  :D
« Edit Terakhir: November 19, 2014, 01:34:08 PM oleh MuhammadRyan »

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 740
  • IQ: 32
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #21 pada: November 19, 2014, 10:21:09 PM »
Dalil please... kasih gw dalil yg otentik, jgn jgn cuman Syaikhul Muslim... beeehhh... ato temen lo sndiri... beeehh.  :P

Mas, gw ksih tau ya. Ada Hadis Syaikhul Muslim yg ndeskripsi'in klo Allah (Tuhan orang Islam) itu punya pantat, mukanya kyk suku Afwad berambut kriting... gmn? ksih hadis yg beneran otentik... surfing dlu di Google sana. :D

Ini knp kalo ada orang Relijius ama orang Atheis lgi debat, gw lbih suka ngedengerin opininya si Atheis. Mreka punya dasar yg kuat, brows... dan agama gw ama Atheis punya dkit perbedaan (gk percaya, pkir dlu lah... hehe) :kribo:

“Berhati-hatilah kalian dari doa orang yang dizalimi, walaupun ia seorang kafir, karena tidak ada penghalang di balik doanya.” (HR. Ahmad)

“Sesungguhnya orang orang yang beriman, orang orang Yahudi, orang orang Nasrani, dan orang orang Sabi’in, siapa saja (yang diantara mereka) yang beriman kepada Allah dan hari akhir dan melakukan kebajikan, mereka mendapat pahala dari
Tuhannya, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” Al Baqarah 62-63

Msih blom adil? setidaknya gw punya dalil kn?  :D


Al Baqarah 62 itu untuk umat sebelum Muhammad..Baca dulu Asbabun Nuzulnya..Anda ini sering menuduh orang lain tidak mengerti ayat dan hanya memahami sepotong sepotong..Lha ternyata Anda sendiri yang melakukannya..
DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #22 pada: November 20, 2014, 10:29:26 AM »
Al Baqarah 62 itu untuk umat sebelum Muhammad..Baca dulu Asbabun Nuzulnya..Anda ini sering menuduh orang lain tidak mengerti ayat dan hanya memahami sepotong sepotong..Lha ternyata Anda sendiri yang melakukannya..

Banyak Syaikhul Islam yg mengatakan itu, tapi banyak juga yg berpendapat klo 'Yahudi, Kristen, dan Sabi'in' yg disini adalah Yahudi, Kristen dan Sabi'in yg blom dirubah alias masih Tauhid... Yahudi sekarang sdh banyak yg ngelanggar 10 perintah suci (mreka gk bleh perang di tanah suci, skarang ada Agresi Israel ke Palestina loh...), Kristen... no comment, read Da Vinci Code ama Angel and Demon shold be some good ideas. Apalagi Sabi'in, jujur aja... mereka udh dibantai orang Muslim yg menganggap mereka itu Kafir... yg halal dibunuh. Padahal mereka juga sama sama punya 1 Tuhan, tpi gara gara Muslim yg bodo aja yg asal angkat senjata...

Of course, gw gk bakal bilang Kristen, Yahudi sekarang bisa masuk surga... Takut banget sih lo, hehe :D

Offline darmogandul

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #23 pada: November 21, 2014, 11:03:13 AM »
suka suka Dia lah.....emang anda assitennya, emang Dia kerabatmu....Tuhan itu "tan kinoyo ngopo" (jw) ::)

Offline darmogandul

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #24 pada: November 21, 2014, 11:12:18 AM »
maaf : seharusnya " Tan Keno kinoyo ngopo"

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #25 pada: November 22, 2014, 03:26:34 PM »
@MuhammadRyan

yang saya maksud saya sedih kalau saya diciptakan untuk dimasukkan ke neraka adalah
baca baik-baik yah

kalau sebelum lahir saya sudah ditentukan takdirnya, akan jadi apa saya nanti. semua sudah tercatat di rahasia langit. saya ditentukan untuk jadi penjahat. karena hati saya digerakkan untuk jadi penjahat. kan segala sesuatu sudah digariskan oleh-Nya sebelum manusia diciptakan. kalau menjelang kiamat nanti tidak ada wanita yang hamil ya sebenarnya dari awal-awal sebelum manusia diciptakan sudah diatur jalan hidup manusia seperti itu. jadi memang bukan maunya manusia. manusia cuma nggak sadar. kalau segala sesuatu diatur oleh-Nya maka kehendak manusia juga termasuk diatur oleh-Nya. dengan demikian TIDAK ADA ALUR KEHIDUPAN ALTERNATIF. ngerti ndak?

nah sekarang, coba jelaskan pada diriku yang miskin ilmu ini...

kalau saya bunuh anda, dan anda tewas. apakah peristiwa itu karena takdir anda mati dengan cara seperti itu terbunuh oleh saya. atau itu kehendak bebas saya membunuh anda ?
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #26 pada: November 26, 2014, 12:46:17 PM »
...
Of course, gw gk bakal bilang Kristen, Yahudi sekarang bisa masuk surga... Takut banget sih lo, hehe :D
IMO, pernyataan di atas justru menguatkan pendapat Monox.
once we have eternity, everything else can wait

Offline __________

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 110
  • Which Witch Switches Switched Witch ?
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #27 pada: Desember 04, 2014, 06:50:58 AM »
anda ciptakan robot dengan intelegensia buatan. ternyata robot tersebut malah merusak lingkungan, bahkan anda sendiri yang memprogram robot tsb dengan potensi perusak dan anda tahu robot tsb akan merusak kalau diciptakan tapi anda tetap menciptakannya. anda bukannya menyalahkan diri sendiri malah menyalahkan robot tsb. anda juga menciptakan robot lain yang sudah anda program akan menjadi robot pembimbing bagi robot perusak. anda menyayangi robot pembimbing tsb dan akan memberikan tempat istimewa baginya. kira-kira julukan apa yang paling pantas buat orang semacam anda?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #28 pada: Desember 04, 2014, 11:14:41 AM »
Paling-paling jawaban mereka "Manusia jangan disamakan dengan robot.", "Manusia tidak boleh mengandaikan diri sebagai Tuhan.", dsb.

Offline __________

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 110
  • Which Witch Switches Switched Witch ?
Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Jawab #29 pada: Desember 14, 2014, 12:37:18 AM »
manusia jangan disamakan dengan sebongkah tulang. wanita jangan disamakan dengan tulang rusuk. pria jangan disamakan dengan tulang punggung. manusia jangan disamakan dengan binatang. pria jangan disamakan dengan kucing dan wanita jangan disamakan dengan ikan. orang yang beda keyakinan jangan dianggap setara dengan binatang.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
4756 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 18, 2009, 01:52:23 PM
oleh skuler
10 Jawaban
19234 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 23, 2010, 01:17:48 PM
oleh Astrawinata G
26 Jawaban
11306 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2010, 10:46:20 AM
oleh Articvotra
1 Jawaban
2715 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2011, 01:36:34 PM
oleh ksatriabajuhitam
2 Jawaban
4161 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 18, 2014, 06:51:02 PM
oleh Emerald_Eyes