Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 23, 2021, 05:58:41 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 68
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 62
Total: 62

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?  (Dibaca 44216 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #105 pada: Maret 09, 2010, 06:51:25 AM »
klo dalam islam ada binatang yg masuk surga..yg w tw binatang masuk surga yaitu paus yg sempet nelen nabi yusuf (eh w lupa nabi yg mna)...
bahkan hewan yg hina (mnurut islam) yaitu anjing ada yg msuk surga...
WallahuAlam
Lalu apa kriteria hewan bisa masuk surga atau tidak?

Offline [email protected]

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 240
  • IQ: 3
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #106 pada: Maret 09, 2010, 10:07:46 AM »
Buddhisme mengenal surga dan neraka, tapi tidak mengenal keabadian di alam-alam tersebut. Sama dengan kelahirna di dunia, di sana juga kelahirannya ada batas, yang terlahir di sana juga bisa mati dan telahir di alam lain atau kembali terlahir di sana.

Kelahiran sebgai hewan juga merupakan salah satu kelahiran di neraka (tiraccana yoni)

Lalu menurut anda dimana letak surga dan neraka ini??apakah di dimensi lain?
Jadi anda menganggap dunia ini juga merupakan neraka untuk 'hewan reinkarnasi'? bagaimana membedakannya?

Offline arydhamayanti

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 309
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • syubidubida!!
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #107 pada: Maret 09, 2010, 11:27:44 AM »
saya pikir maksudnya agama mengajarkan manusia soal surga dan neraka itu bagus, maksudnya biar manusia terdorong berbuat baik karena ada hadiah masuk sorga yang ceritanya kehidupan disana serba menyenangkan, dan biar takut berbuat buruk karena ada hukuman masuk neraka. hehehe.. tapi kok saya sendiri sebagai manusia jadi merasa egois, apa karena ada surga dan neraka manusia jadi berbuat baik? biar masuk surga, bisa-bisa jadi gak tulus berbuat baiknya, seolah2 hanya untuk kepentingannya sendiri.

boleh aku menguji nyalimu...kamu ngga percaya surga dan neraka bukan...bagaimana kalo kamu melakukan dosa setiap waktu...melakukan dosa yg besar, smua dosa ada padamu...dan sebelum  mati nanti kamu nggak melakukan tobat...apa kamu bersedia menerima tantangan ini?...surga merupakan hadiah oleh Tuhan bagi manusia yang taat dan sabar atas cobaannya...

saya yakin kamu ngga mau masuk neraka bila itu ada nantinya bukan...kita memang belum tahu tapi nanti bakal tahu, dan setidaknya antisipasi atas jalan ke neraka selama masih hidup ini...

sebaiknya tidak usah dilakukan, sebab, walaupun surga atau neraka tidak ada, perbuatan buruk akan tetap merugikan pihak lain. percaya atau tidak pada surga dan neraka, kita sebaiknya tetap berbuat baik. gak usah mikir jauh2 nanti setelah mati mau gimana, yang penting berbuat baik sekarang semasa hidup untuk kebaikan hidup kita sekarang. berbuat baik kan membuat kita bahagia, mungkin kira2 perasaan seperti itu yang ada kalau kita tinggal di surga, yah walaupun surga atau neraka itu belum tentu ada.
jadi begitu yaa... hmm...

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #108 pada: Maret 09, 2010, 11:51:38 AM »
Lalu menurut anda dimana letak surga dan neraka ini??apakah di dimensi lain?
Jadi anda menganggap dunia ini juga merupakan neraka untuk 'hewan reinkarnasi'? bagaimana membedakannya?
Hm, apakah ada di 'dimensi lain', atau di mana, kurasa sulit mengatakannya, dan lebh sulit lagi membuktikannya. Dan jika bicara Buddhisme, maka reinkarnasi bukanlah kata yang sesuai, karena Buddhisme tak kenal reinkarnasi.

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #109 pada: Maret 09, 2010, 12:56:39 PM »
kenapa sih orang berbuat baik?
apakah karena ingin masuk sorga?
kalo ya gimana dengan orang yang gak percaya ada surga ato neraka?
mengapa mereka melakukan hal baik?
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #110 pada: Maret 09, 2010, 01:08:18 PM »
kenapa sih orang berbuat baik?
apakah karena ingin masuk sorga?
kalo ya gimana dengan orang yang gak percaya ada surga ato neraka?
mengapa mereka melakukan hal baik?
Balik pada orangnya. Tapi terlepas dari surga-neraka, sejak awal manusia sudah dididik dan diajarkan bahwa kebaikan berbuat kebaikan, dan kejahatan berbuah kejahatan. Misaljika jadi anak baik akan disayang, dan jika nakal akan dihukum.

Kenapa aku sendiri berbuat baik? Hm, mungkin karena itu akan membuat orang bahagia, dan saat orang bahagia aku ikut bahagia...

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #111 pada: Maret 09, 2010, 01:17:02 PM »
apakah akan selalu pasti bila kita berbuat baik maka akan berbuah kebaikan dan kejahatan berbuah kejahatan?

btw ada lho orang gak bahagia ketika kita berbuat baik....;D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #112 pada: Maret 09, 2010, 02:32:35 PM »
apakah akan selalu pasti bila kita berbuat baik maka akan berbuah kebaikan dan kejahatan berbuah kejahatan?

btw ada lho orang gak bahagia ketika kita berbuat baik....;D
Yah, ada kasus ar susu dibalas air tuba, maksud anda? Atau kesirikan orang?

Dakam konsep kamma, orang berbuat baik tapi mendapat kesusahan bkan karena perbuatan baiknya, tapi prbuatan buruk yang pernah ia lakukan dulu tengah berbuah.

Offline [email protected]

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 240
  • IQ: 3
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #113 pada: Maret 10, 2010, 12:06:58 AM »
Hm, apakah ada di 'dimensi lain', atau di mana, kurasa sulit mengatakannya, dan lebh sulit lagi membuktikannya. Dan jika bicara Buddhisme, maka reinkarnasi bukanlah kata yang sesuai, karena Buddhisme tak kenal reinkarnasi.
Buddhisme mengenal surga dan neraka, tapi tidak mengenal keabadian di alam-alam tersebut. Sama dengan kelahirna di dunia, di sana juga kelahirannya ada batas, yang terlahir di sana juga bisa mati dan telahir di alam lain atau kembali terlahir di sana.

Kelahiran sebgai hewan juga merupakan salah satu kelahiran di neraka (tiraccana yoni)

apa kata 'reinkarnasi' berbeda arti dengan kata 'kelahiran kembali'??

apa definisi jiwa menurut buddhism?kalau satu 'makhluk' bisa berulang lahir di satu alam atau alam lain, berarti ada yg 'tetap ada' pada makhluk itu bukan?

memang ada berapa alam menurut buddhism?

Offline arydhamayanti

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 309
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • syubidubida!!
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #114 pada: Maret 10, 2010, 12:15:22 AM »
btw ada lho orang gak bahagia ketika kita berbuat baik....;D

kalau ada orang yang gak bahagia karena berbuat baik, sepertinya ada yang aneh dengan dirinya.. hihihi... tapi masak ada sih?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #115 pada: Maret 10, 2010, 02:09:16 AM »
apa kata 'reinkarnasi' berbeda arti dengan kata 'kelahiran kembali'??
Keduanya bisa dibilang konsep yang berbeda.

apa definisi jiwa menurut buddhism?kalau satu 'makhluk' bisa berulang lahir di satu alam atau alam lain, berarti ada yg 'tetap ada' pada makhluk itu bukan?
Tidak, tidak ada yang 'tetap' atau kekal pada satu makhluk. Karena setelah satu makhluk mati dan telahir sebagai makhluk baru, tidak ada yang berpindah dari makhluk lama ke makhluk baru. Itu lebih merupakan kesinambungan proses, karena si makhluk tak lebih dari perwujudan arus energi kammanya. Dan kamma ini sendiri tidak bisa dibilang tetap atau kekal, karena ia berubah sepanjang waktu. Kamma baru terus ditimbun, dan terus berbuah.

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #116 pada: Maret 10, 2010, 12:22:34 PM »
apakah akan selalu pasti bila kita berbuat baik maka akan berbuah kebaikan dan kejahatan berbuah kejahatan?

btw ada lho orang gak bahagia ketika kita berbuat baik....;D

Yah, ada kasus ar susu dibalas air tuba, maksud anda? Atau kesirikan orang?

Dakam konsep kamma, orang berbuat baik tapi mendapat kesusahan bkan karena perbuatan baiknya, tapi prbuatan buruk yang pernah ia lakukan dulu tengah berbuah.

ini sepertinya mirip dengan hukum universal bung THL di thread sebelah...;D
bagi saya itu semua kembali kepada satu standard tertentu...terlepas itu standard apa...kadang kita merasa kita sudah berbuat yang benar ato baik tetapi sebenarnya tidak seperti itu...

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Manusia Mati Masuk Sorga, Binatang Kemana?
« Jawab #117 pada: Maret 10, 2010, 12:24:08 PM »
btw ada lho orang gak bahagia ketika kita berbuat baik....;D

kalau ada orang yang gak bahagia karena berbuat baik, sepertinya ada yang aneh dengan dirinya.. hihihi... tapi masak ada sih?

maksud saya ketika kita ato siapa aja yang berbuat baik ada orang lain yang tidak bahagia...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
9506 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 12, 2009, 10:15:26 PM
oleh biobio
4 Jawaban
3744 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2011, 04:05:22 AM
oleh hepimental
34 Jawaban
257815 Dilihat
Tulisan terakhir November 16, 2017, 11:32:04 PM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
2897 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2016, 02:10:30 AM
oleh Farabi
0 Jawaban
12653 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 18, 2019, 09:13:04 PM
oleh The Houw Liong