Forum Sains Indonesia

Diskusi Umum => Agama dan Filosofi => Topik dimulai oleh: rawWARus pada Mei 03, 2009, 04:09:38 AM

Judul: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: rawWARus pada Mei 03, 2009, 04:09:38 AM
Maaf sebelumnya terutama bagi yg muslim jg, saya hanya ingin tanya pendapat kalian tentang berita Rosul menikahi gadis dibawah 10th, apa sh manfaat atau hikmahnya?saya masih bingung nh...
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: skuler pada Mei 03, 2009, 04:17:59 AM
hmm.. istrinya yg umurnya 10 taun tsbut namanya sapa si? lupa gw..
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: rawWARus pada Mei 03, 2009, 04:24:23 AM
jadi secara logika tidak mungkin nabi yang memiliki akhlak sempurna menikahi anak kecil.

karna kebiasaan orang arab tidak pernah mencatat tanggal lahir sesorang hanya biasa mencatat tahun kematian sesorang,dan riwayat yang mengatakan nabi menikahi aisah pada saat umur 6 tau 9 hanya bersumber dari satu orang.

dan orang tersebut hadist yang di riwayatkan oleh nya banyak yang tidak di pakai karna dia sudah pikun dan lupa mengnai hadist.murid nya saja imam hanafi dan hambali tidak meriwayatkan hadist dari nya.

untuk lebih jelas nya silahkan baca buku tersebut…..

elamat membaca dan memikirkan

untuk mengetahui Umur Aisyah r.a ketika di nikahi Nabi Muhammad SAW kirtanya terlebih dahulu di kemukakan beberapa peristiwa penting secara kronologis :

Pra-610 M : Jaman Jahiliyah
610 M : Permulaan Wahyu Turun
610 M : Abu Bakar r.a masuk Islam
613 M : Nabi Muhammad SAW mulai menyiarkan Islam secara terbuka
615 M : Ummat Islam Hijrah I ke Habasyah
616 M : Umar bin al Khattab masuk islam
620 M : Aisyah r.a dinikahkan
622 M : Hijrah ke madinah
623/624 M : Aisyah r.a serumah sebagai suami istri dengan Nabi Muhammad SAW

Menurut Al-Thabari, keempat anak abu bakar r.a dilahirkan oleh istrinya pada Zaman Jahiliyah, artinya sebelum 610 M

Jika Aisyah r.a dinikahkan umur 6 tahun berarti Aisyah lahir pada tahun 613 M. Padahal menurut Tabari semua ke empat anak Abu bakar r.a lagir pada zaman Jahiliyah yaitu sebelim tahun 610 M. Al-hasil berdasar atas Tabari Aisyah r.a tidah dilahirkan 613 M melainkan sebelum 610 M. Jadi Aisyah r.a dinikahkan sebelum 620 M, maka beliau di nikahkan pada umur di atas 10 tahun dan hidup sebagai suami istri dengan Nabi Muhammad SAW dalam umur di atas 13 tahun. kalau di atas 13 tahun, dalam umur berapa? unjtuk itulah marilah kita menengok kepada kakak perempuan Aisyah ra. yaitu Asmah.

menurut Abd al-Rahman bin Abi Zannad, Asmah 10 tahun lebih tua dari Aisyah r.a. Menurut ibn hajar al Asqalami, Asmah hidup hingga 100 tahun dan meninggal tahun 73 atau 74 H (Al-Asqalani. Taqrib al-Tahzib, hal 654). artinya apabila Asmah meninggal dalam usia 100 tahun dan meninggal dalam tahun 73 atau 74 H, maka Asmah berumur 27 atau 28 pada waktu Hijrah. Sehinggal Aisyah berumur (27 tau28)-10= 17 atau 18 tahun pada waktu Hijrah. dengan demikian berarti Aisyah mulai hidup berumah tanggal dengan Nabi Muhammad SAW pada waktu berumur 19 atau 20 tahun. Wallahu a’lamu bi al-shawab
Salah satu bukti diambil dari kisah Perang BADAR dan UHUD

Sebuah riwayat mengenai partisipasi Aisyah dalam perang Badr dijabarkan dalam hadist Muslim, (Kitabu’l-jihad wa’l-siyar, Bab karahiyati’l- isti`anah fi’l-ghazwi bikafir). Aisyah, ketika menceritakan salah satu moment penting dalam perjalanan selama perang Badar, mengatakan: “ketika kita mencapai Shajarah”. Dari pernyataan ini tampak jelas, Aisyah merupakan anggota perjalanan menuju Badar.
Sebuah riwayat mengenai pastisipasi Aisyah dalam Uhud tercatat dalam Bukhari (Kitabu’l-jihad wa’l-siyar, Bab Ghazwi’l-nisa’ wa qitalihinnama` a’lrijal) : “Anas mencatat bahwa pada hari Uhud, Orang-orang tidak dapat berdiri dekat Rasulullah. [pada hari itu,] Saya melihat Aisyah dan Umm-i-Sulaim dari jauh, Mereka menyingsingkan sedikit pakaian-nya [untuk mencegah halangan gerak dalam perjalanan tsb].”
Lagi-lagi, hal ini menunjukkan bahwa Aisyah ikut berada dalam perang Uhud and Badr.

Diriwayatkan oleh Bukhari (Kitabu’l-maghazi, Bab Ghazwati’l-khandaq wa hiya’l-ahza’ b): “Ibn `Umar menyatakan bahwa Rasulullah tidak mengijinkan dirinya berpastisispasi dalam Uhud, pada ketika itu, Ibnu Umar berusia 14 tahun. Tetapi ketika perang Khandaq, ketika berusia 15 tahun, Nabi mengijinkan Ibnu Umar ikut dalam perang tsb.”
Berdasarkan riwayat diatas, (a) anak-anak berusia dibawah 15 years akan dipulangkan dan tidak diperbolehkan ikut dalam perangm, dan (b) Aisyah ikut dalam perang badar dan Uhud

KESIMPULAN: Aisyah ikut dalam perang Badar dan Uhud jelas mengindikasikan bahwa beliau tidak berusia 9 tahun ketika itu, tetapi minimal berusia 15 tahun. Disamping itu, wanita-wanita yang ikut menemani para pria dalam perang sudah seharusnya berfungsi untuk membantu, bukan untuk menambah beban bagi mereka. Ini merupakan bukti lain dari kontradiksi usia pernikahan Aisyah.


ITU PETIKAN DARI SUATU PENDAPAT FORUM SEBELAH

TAPI KAYAKNYA ENAK KOK MENIKAH DINI KLO UDH SIAP TRUTAMA MATERI
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: skuler pada Mei 03, 2009, 04:37:51 AM
ooo aisah y...baru inget gw...hehe..

gw jg uda baca tulisan tsbut...di gugel jg banyak yg ngomong kayak gitu...

memang masala umur aisa saat dinikahi oleh muhammad itu masih menjadi pedebatan... bbrapa sumber menyatakan 13 ada jg yg 18, dll dll...

yg pasti apa yg dicontohkan oleh bliau tetep harus diadaptasi lagi dengan lingkungan dan pekembangan pemikiran komtemporer... jangan sampai efek negatifnya lebih banyak dari pada efek positipnya...

mnurut gw, cewe jaman skarang kasian klo dinikahin tlalu cepet...
dia blum sempet ngeliat dunia, blum sempet ketemu banyak cowo2 n cewe2 yg gokil2, blum sempet blajar idup mandiri, ... dll dll... potensinya sebagai seorang makhluk sosial jelas akan terhambat...pokoknya kasian aja ama cewe tsbut

@ rawaruz: bisa kopi-paste g hadis yg ngomong klo aisa dinikahi muhammad umur 6 taon?
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: rawWARus pada Mei 03, 2009, 04:48:55 AM
@skuler
sori blm nemu tuh
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: skuler pada Mei 03, 2009, 05:33:45 AM
sori blm nemu tuh

yaaah.. padahal dikau juga yg mengungkit2 masalah hadis tesebut pertama kali... gw kira lu punya data2nya... weleh2... ada yg bisa bantu?
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: Karno Giyantono pada Mei 04, 2009, 04:15:34 PM
wanita umur 13 atau 14 itu sepantaran kelas 2 smp yah...

wah saya pernah ngajar di smp mahasiswa murid perempuannya itu walaupun umurnya masih kecil tapi tubuhnya sudah dewasa. ada beberapa yang naksir ma saya contohnya carolina dan gank yah...
bukannya saya munafik mereka memang cantik keturunan chinese prancis dan sunda, tapi saya gak bisa menerima cinta mereka yang hanya pura-pura menyukai guru mtk nya yang keren habis ;) lagian kira-kira di dunia ini ada gak yah cinta sejati semoga aja dapat kutemui cinta sejati sebelum suatu titik dalam hidupku, karena jika sudah mencapai titik tersebut lebih baik daku bujangan seumur hidup....... karena mungkin saat titik itu wanita bukan melihat diriku apa adanya bukan cinta sejati....

oia tahun lalu ada siswa dan siswi kelas 3 smp yang maried by accident (gila anak punya anak)

di desa di indonesia banyak loh yang menikah setelah lulus smp.

oia hati-hati wanita indonesia hal ini (poligaminya) nabi Muhammad itu bukan aib namun mukjizat, kenapa??? coba bayangkan kalo km yang punya istri lebih dari satu, keluargamu pasti akan tidak normal dan harmonis, namun nabi Muhammad bisa.

hati2 hal ini bisa digunakan oleh agama lain untuk proses pemurtadan, mereka bilang nabi Muhammad hiper s##x namun yang sebenarnya mereka dinikahkan atas permintaan mereka atau orang tua atau saudara mereka sendiri dan atas kemauan sendiri bukan atas napsu nabi, dan biasanya untuk menyelamatkan, menjaga dan membimbing mereka...
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: Cyclops pada Mei 04, 2009, 11:41:53 PM
Adalah kekhususan untuk sang Nabi saw, beliau saw berbeda dengan kita, sebagaimana kesaksian beliau saw tidak makan dan minum berhari hari, ketika para sahabat mengikutinya maka beliau saw melarangnya, dan berkata : “sungguh aku tidak sama dengan kalian, aku diberi makan dan minum oleh Allah” (Shahih bukhari), demikianlah Mukjizat para nabi, demikian Mukjizat Isa bin maryam yg menghidupakan orang mati, demikian pula Mukjizat Musa as yg merubah tongkatnya menjadi ular, maka memperawani seorang wanita dalam konteks orang awam adalah menyetubuhinya dg syahwat, namun berbeda dengan Rasulullah saw, Allah swt menciptakan aisyah untuk istri nabi Nya, tentunya Dia Maha Luhur dari segala kekejian dan kebiadaban, karena seluruh ucapan sang nabi saw adalah perintah Allah swt : “Tiadalah ia berbicara dari hawa nafsunya, tetapi merupakan wahyu yg diwahyukan oleh Allah swt” (Annajm 3-4).

Aisyah ra adalah seorang wanita yg cerdas dan jenius, Nabi saw membutuhkan seorang wanita yg jenius dan cerdas untuk menyampaikan risalah pada kaum wanita, maka Jibril as mewahyukan agar beliau saw menikahi aisyah ra.

Dengan Logika yg sempurna, dan hati yg beriman kami mempercayai bahwa Maryam as adalah wanita suci yg bukan pendosa apalagi pezina, namun merupakan perintah Allah swt.

Dengan hati suci dan iman, kami kaum muslimin mempercayai bahwa Isa bin Maryam adalah anak suci dan sesekali bukan anak zina, namun merupakan perintah Allah swt.
Dengan kesucian dan Iman, kami kaum muslimin mempercayai bahwa Muhammad saw menikahi Aisyah dan istri istrinya bukan karena nafsu, namun merupakan perintah Allah swt.
Walahu'allam
Kutipan dari Sayid Munzir Al Musawa
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: skuler pada Mei 05, 2009, 03:39:48 AM
amen...

tidak perlu lagi dipertanyakan... :(

wassalam...
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 05, 2009, 03:48:44 AM
Pertanyaan tentang Aisyah ini banyak aku temukan di forum-forum lain juga, masing-masing mengajukan argumen berbeda sesuai dasar masing-masing.

Karena aku gak punya dan gak tahu sumber yang pasti, aku gak ikut campur dalam diskusi...

*Yang manapun juga, semoga gak ada yang menggunakan untuk membenarkan tindakannya, seperti Syekh Puji.
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: dhiya pada Mei 05, 2009, 05:53:03 AM
yups... aisyah memang dinikahi nabi dalam usia muda,
tapi bukan berarti aisyah sudah serumah dengan nabi pada usia tersebut,,
aisyah masih tetap berada di rumah abu bakar.
bukan seperti yang terjadi pada saat sekarang ini,,
dan.. menurut beberapa riwayat,
gadis usia 9-15 th sewaktu zaman nabi, tidak bisa disamakan dengan gadis zaman kita ini,
mereka lebih dewasa atau boleh disamakan dengan gadis berusia 17 th saat ini.

begitu yang ku tahu.. :D :D
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: Karno Giyantono pada Mei 05, 2009, 11:44:58 AM
katanya pria dewasa saat umur 21, wanita saat umur 17 bener ga si tuh???

oia jaman nabi dulu ada sekolah ga yah??? kalo gak da sekolah anak-anak seumuran 9-15 mereka ngapain aja yah??? apa yang mereka lakukan??? hiburan atau kegiatan seperti apa yang mereka lakukan??? pikirin sendiri aja oke
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: drexman pada Mei 08, 2009, 02:34:49 AM
ga tau cuma perasaanku aja ato yang lain jg ngerasa..kalo bang kano ini agak aneh..mungkin sedikit waham,..
 ;D
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: rawWARus pada Mei 08, 2009, 11:00:33 AM
sori klo aku blm begitu paham, karena itu aku diskusikan..hehehe
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: skuler pada Mei 09, 2009, 07:40:50 AM
mungkin sedikit waham,.

waham apaan?
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: Karno Giyantono pada Mei 10, 2009, 03:03:59 PM
hehehe



























waham apa tuch???

bahasa apa tuch???



















nb:









.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.




Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: skuler pada Mei 10, 2009, 03:23:53 PM
aaaaahhh.. junk ini namanya... parah bang karno..
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: drexman pada Mei 13, 2009, 03:08:38 AM
aaaaahhh.. junk ini namanya... parah bang karno..
NAH..itu maksud gw..waham bahasa kedokteran..digoogling aja deh.. ;D
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: skuler pada Mei 13, 2009, 06:00:21 AM
sebenernya ini yg saya kurang suka jg.... konsep poligami, kawin cepet2, n punya banyak anak adalah ajaran islam yg berasal hadis2 muhammad di saat arab jadul. walopun bgitu, sampe saat ini, bahkan islam indon, orang2nya ikut2an menerapkan konsep tersebut dan meyakini bahwa tindakan yg dlakukannya adalah benar karna telah mengikuti sunnah rasul.

Jika kawan2 juga tdk stuju adanya konsep kopi-paste hadis tanpa adaptasi lebih dahulu, yg mau saya tanyakan adalah, knapa pendidikan agama islam tidak mengajarkan sedari dini bahwa arti quran n hadis itu sangat jauh daripada arti2 tersuratnya? bahwa pembentukan pola pikir ilmiah diperlukan untuk mencapai arti sejati dari quran n hadis? knapa pendidikan agama islam lebi mengajarkan pd ketaatan (tunduk sembahnya) umat kpd smua kata2 dlm quran n hadis?

skali lagi, mari kita diskusi bsama2 dengan cara yg beradab,

wassalam
Judul: Re: Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: Karno Giyantono pada Mei 15, 2009, 11:26:29 AM
ah terserah deh gak ngerti juga. up to u
Judul: Re:Muhammad SAW pernah menikahi wanita muda?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada November 23, 2015, 03:14:53 PM
wanita umur 13 atau 14 itu sepantaran kelas 2 smp yah...

wah saya pernah ngajar di smp mahasiswa murid perempuannya itu walaupun umurnya masih kecil tapi tubuhnya sudah dewasa. ada beberapa yang naksir ma saya contohnya carolina dan gank yah...
bukannya saya munafik mereka memang cantik keturunan chinese prancis dan sunda, tapi saya gak bisa menerima cinta mereka yang hanya pura-pura menyukai guru mtk nya yang keren habis ;) lagian kira-kira di dunia ini ada gak yah cinta sejati semoga aja dapat kutemui cinta sejati sebelum suatu titik dalam hidupku, karena jika sudah mencapai titik tersebut lebih baik daku bujangan seumur hidup....... karena mungkin saat titik itu wanita bukan melihat diriku apa adanya bukan cinta sejati....

Saya dulu waktu PPL di SMP juga ditaksir sama murid, tapi itu bukan murid saya, saya ngajar kelas 8 sedangkan dia masih kelas 7, tapi saya dekat dengan murid-murid di kelas dia. Suatu saat dia menyatakan cintanya pada saya, dan karena saya waktu itu belum pernah punya pacar dan ingin tau gimana rasanya, akhirnya saya terima cintanya. Hanya berlangsung selama 3 bulan.