Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 30, 2021, 04:22:57 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 14
Total: 14

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pendusta agama  (Dibaca 4257 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Pendusta agama
« pada: Juni 19, 2011, 10:47:51 AM »
ORANG PENDUSTA AGAMA ..WASPADALAH DIRI SEMUA.

ALLAH BERFIRMAN :
Artinya :

 

1. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?2. Itulah orang yang menghardik anak yatim,3. Dan tidak menganjurkan memberi Makan orang miskin.4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,6. Orang-orang yang b...erbuat riya,7. Dan enggan (menolong dengan) barang berguna. (QS.Al Ma’un :1-7)

 
Keterangan :Surat Al Ma’un ini menerangankan tentang “

 
”. Yangdimaksud pendusta agama ialah orang yang mengaku dirinya sebagaiorang yang beragama islam, padahal sebenarnya pengakuannya itudusta belaka. Pengakuannya hanya di bibir, tidak sampai hati. Lalusiapakah orang yang mendustakan agama itu ? Apa ciri-cirinya ? Dalamsurat ini Allah menerangkan bahwa ciri-ciri Pendusta Agama itu ada 5,yaitu :

 
1.Menghardik Anak YatimArtinya, pendusta agama tidak menyayangi, mengasihi danmemelihara anak yatim. Anak yatim adalah anak yang sudah ditinggalmati oleh orang tuannya, baik ibunya, ayahnya atau keduannya.Menyayangi anak yatim sangat besar pahalanya. Rosulullah sangat

 
menyayangi anak yatim, dan sangat suka pada orang yangmemelihara anak yatim. Kita semua berdosa apabila anak yatim yangterlantar. Apalagi sampai menghardiknya, tentu semakin besar dosakita.2.Tidak Memberi Makan Orang MiskinArtinya, kita termasuk pendusta agama apabila membiarkan orangmiskin dalam kelaparan, disaat kita sendiri berkecukupan. Memberimakan orang miskin sangat besar pahalanya. Agama memerintahkanagar kita membayar zakat, berinfak dan berderma untuk fakir miskin.

 
3.Mengerjakan Sholat, Namun lalai Dalam SholatnyaArtinya, kita bisa dianggap pendusta agama bila tidak memperhatikandalam memelihara sholat kita. Sholatnya sering tidak teratur, tidaktepat pada waktunya tidak khusyu’, bersenda gurau dan tidakmemperhatikan syarat dan rukunnya. Padahal sholat adalah tiangagama, dan sholat adalah merupakan amal yang dihisab pertama kalidihari kiamat. Nabi bersabda :

 
4.Suka Riya’(sombong)Artinya, kita bisa termasuk pendusta agama apabila kita bersikap riya’,tinggi hati, besar kepala, sombong, congkak, takabur, memamerkandiri, meremehkan dan merendahkan orang lain. Manusia itumempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk itu tidakboleh saling merendahkan dan saling menghina. Kita saling hormatmenghormati dan saling menghargai. Semua manusia disisi Allah samaderajatnya, hanya tingkat ketaqwaannyalah yang membedakan. Allahberfirman :

 
Artinya : “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisiAllah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. SesungguhnyaAllah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal”(QS. Al Hujarat: 13)

 
5.Tidak mau memberi Pertolongan pada orang lain.Artinya, kita termasuk pendusta agama apabila kita tidak maumenolong teman kita yang membutuhkan pertolongan, padahal kitamampu menolongnya. Agama memerintahkan agar kita saling olongmenolong dalam kebaikan. Sedang dalam perkara kejahatan, kita tidakboleh saling tolong. Misalnya teman kita berkelahi, maka kita tidakboleh membantunya. Tetapi kita harus mencegah danmemperingatkannya. Allah berfirman :

 
dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dantakwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa danpelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, SesungguhnyaAllah Amat berat siksa-Nya. (QS. AlMaidah:2)Itulah ciri ke 5 orang yang mendustakan agama. Kita harus berusahamenjauhinya. Kita harus menyayangi anak yatim, memberi makanorang miskin, memperhatikan sholat dengan sebaik-baiknya, rendahhati dan gemar memberi pertolongan. Kalau demikian, Insya Allah kitatermasuk orang yang beragama dengan sebenar-benarnya. Kitatermasuk orang yang mengikuti Islam secara keseluruhannya dan kitatermasuk orang yang tidak mendustakan agama. Amin.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
124 Jawaban
43555 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2011, 04:25:23 PM
oleh reborn
9 Jawaban
5773 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2009, 02:31:44 AM
oleh drexman
31 Jawaban
16527 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 15, 2009, 11:43:35 PM
oleh zulqarnain
64 Jawaban
26765 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2010, 11:59:27 PM
oleh sayang
23 Jawaban
15205 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2011, 11:39:59 PM
oleh familycode