Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Januari 29, 2023, 10:07:42 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,651
  • Total Topik: 10,406
  • Online today: 43
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

petunjuk dan larangan di budha? (hanya untuk umat budha)

Dimulai oleh Karno Giyantono, Juni 19, 2009, 05:00:03 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Karno Giyantono

menurut saya semua agama itu mengajarkan yang baik dan diturunkan oleh Tuhan yang sama dan sesuai dengan otak dan abad atau zamannya mereka masing-masing, baik nabi yang diketahui atau nabi yang tidak diketahui. namun sayang yah ada beberapa yang diubah2 oleh mereka.

ada juga orang atheist dan orang agnostic yang bangga jika mereka tidak beragama dan tidak mempunyai kepercayaan, namun sudahkah mereka membaca kitab suci mereka masing-masing, dan mengetahui petunjuk dan larangannya...

nah sekarang bagi kalian yang beragama budha, sudah kah membaca sampai habis kitab sucinya dan menghapalnya?

kalian pasti tau donk petunjuk dan larangannyah???

tuliskan yang kalian ketahui tentang budha



NB: syarat
yang membaca ini sampai ke bagian posting ke tiga atau lebih berarti setuju!!!

-jika menghina yang lainnya di sini
-atau menjelek-jelekan yang lain
-atau tidak sesuai syarat posting yang baik


maka bagi yang melakukannya, dosa saya akan di transfer sebagian ke dia yang melakukan hal tersebut.
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

drexman

Kutip dari: Karno Giyantono pada Juni 19, 2009, 05:00:03 PM
menurut saya semua agama itu mengajarkan yang baik dan diturunkan oleh Tuhan yang sama dan sesuai dengan otak dan abad atau zamannya mereka masing-masing, baik nabi yang diketahui atau nabi yang tidak diketahui. namun sayang yah ada beberapa yang diubah2 oleh mereka.

ada juga orang atheist dan orang agnostic yang bangga jika mereka tidak beragama dan tidak mempunyai kepercayaan, namun sudahkah mereka membaca kitab suci mereka masing-masing, dan mengetahui petunjuk dan larangannya...

nah sekarang bagi kalian yang beragama budha, sudah kah membaca sampai habis kitab sucinya dan menghapalnya?

kalian pasti tau donk petunjuk dan larangannyah???

tuliskan yang kalian ketahui tentang budha



NB: syarat
yang membaca ini sampai ke bagian posting ke tiga atau lebih berarti setuju!!!

-jika menghina yang lainnya di sini
-atau menjelek-jelekan yang lain
-atau tidak sesuai syarat posting yang baik


maka bagi yang melakukannya, dosa saya akan di transfer sebagian ke dia yang melakukan hal tersebut.
tread yang super aneh..kalo ga punya gambaran dikitpun tentang budhisme lebih baik jangan jadi TS dong...
jadinya gini nih,...kacau...

Karno Giyantono

ok2 saya cuman pgn belajar aja, gak boleh?
sy pgn tau ilmu atau filosofi apa aja yg diajarkan di agama2 yg berbeda...
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Pi-One

Begini, kami tidak diajarkan untuk menghapal kitab suci. Tebalnya itu berkali-kali alkitab. Dan lagi, dari pada menghapal kitab suci, kami lebih diajarkan untuk mempraktekkan ajaran. Karena meski menghapal tapi gak mempraktekkan, maka tidak ada manfaatnya. Meski kitab sucinya setebal itu, namun inti ajarannya sederhana saja:
Jangan berbuat jahat
Lakukan kebajikan
Sucikan hati dan pikiran


Hm, tidak ada perintah dan larangan dalam Buddhisme. Karena Buddhisme adalah soal latihan diri dan tanggung jawab pribadi. Yang ada adalah ajaran dan anjuran. Anjuran untuk melakukan ini, karena membawa kebajikan. Anjuran untuk tidak melakukan itu, karena menghasilkan penderitaan. Jika kita berbuat salah, bukan Tuhan, Buddha atau dewa yang menghukum kita. Karena apapun buah perbuatan kita, akan kembali pada kita sendiri, itulah hukum kamma.


Karno Giyantono

ohh gitu,
bagus deh,
kalo gak ada yang tau kitab suci yah sendiri atau apalagi gak pernah dibaca, jgn-jgn cuma ikut-ikutan aja,
kalo bisa, saya pgn belajar dari orang yang ahli di ilmu yah... pi kalo dari km gpp deh, mungkin sedikit aja gpp deh...

kamu udah pernah baca berapa halaman? takut yah 1 lembar aja gak pernah lagi!!!!!!! gawat
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Pi-One

Kutip dari: Karno Giyantono pada Juni 20, 2009, 01:58:51 PMkamu udah pernah baca berapa halaman? takut yah 1 lembar aja gak pernah lagi!!!!!!! gawat
Aku gak pernah hitung jumlah halaman kitab suci yang pernah kubaca. :)

Seperti kubilang, yang penting bukan menghapalnya, tapi memahaminya, dan mempraktekkan ajaran. Sesekali, aku juga membaca ulasan Dhamma yagn ditulis Bhikkhu, itu bisa membantu pemahaman atas sutta atau tema tertentu.

Karno Giyantono

1. oke deh, kira-kira berapa persen kamu udah pernah baca???

2. paham gak?
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Pi-One

Kutip dari: Karno Giyantono pada Juni 20, 2009, 06:40:24 PM
1. oke deh, kira-kira berapa persen kamu udah pernah baca???

2. paham gak?
Udah dibilang, aku gak pernah hitung jumlah yang pernah dibaca, apalagi hitung persentasinya. Dan soal paham, ada yang paham, ada yang gak. Apalagi materi abbhidhamma...

Karno Giyantono

yah kira2 ajah atuh gak usah di hitung...

ya udah deh... perbnyak cari ilmu dan belajar yah biar paham
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Kholil


Pi-One

Kutip dari: Karno Giyantono pada Juni 21, 2009, 03:26:20 PM
yah kira2 ajah atuh gak usah di hitung...

ya udah deh... perbnyak cari ilmu dan belajar yah biar paham
Tanpa anda suruh pun aku berusaha memperdalam pengetahuan, termasuk agama. Dan aku sekali lagi, gak niat mengukur berapa persen aku tahu. Tidak ada manfaatnya. Aku lebih suka berusaha sebisanya mempraktekkan ajaran.

Karno Giyantono

bagus-bagus deh... pi one, asal jgn jadi atheis aja.............
orang-orang atheis itu bagaikan domba yang tidak mempunyai penggembala...

dan misal kalo disuruh ma pemuka agama yg ga bener, harus bijak...

"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Pi-One

Kutip dari: Karno Giyantono pada Juni 22, 2009, 12:32:37 AM
bagus-bagus deh... pi one, asal jgn jadi atheis aja.............
orang-orang atheis itu bagaikan domba yang tidak mempunyai penggembala...
Aku tidak menilai atheis lebih tinggi atau lebih rendah dari theis. Tetap saja semua kembali pada pilihan mereka. bagiku seseorang bukan dinilai dari agama, tapi dari perilaku.

Kholil

Tapi kok kayaknya pi-One ikutnya yang agama-agama terus

Pi-One

Kutip dari: Kholil pada Juni 22, 2009, 12:13:45 PM
Tapi kok kayaknya pi-One ikutnya yang agama-agama terus
Mungkin karena temanya menarik? :)