Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 22, 2021, 06:27:39 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 51
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Reinkarnasi  (Dibaca 38373 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline dynamic

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 30
  • IQ: 7
Re: Reinkarnasi
« Jawab #45 pada: Mei 01, 2010, 01:20:54 AM »
Hayo,  jawab tuh apa yang dikerjai disana setelah gak masuk lingkaran reinkarnasi. ;D

dalam Buddhisme setau saya tidak tepat menggunakan istilah reinkarnasi untuk kelahiran kembali. orang-orang Buddhis lebih suka menyebutnya Paticcasamupada.
alasannya, klo reinkarnasi itu seolah-olah menganggap jiwa itu kekal karena terus berada dalam lingkaran yang tak ada habisnya, sedangkan dalam Buddhisme kekekalan jiwa tidak ditemukan.

Hayo,  jawab tuh apa yang dikerjai disana setelah gak masuk lingkaran reinkarnasi. ;D
klo menurut buku yang saya baca, kita blum bisa menjelaskan apa yang terjadi setelah  lepas dari kelahiran berulang yaitu nibbana yang merupakan tanpa kondisi karena pikiran kita sendiri masih melekat pada suatu kondisi.

agak filosofis.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Reinkarnasi
« Jawab #46 pada: Mei 01, 2010, 01:42:10 AM »
Ngapain tanya soal reinkarnasi sama aku? Kalau bahas reinkarnasi, ya sama rekan yang Hindu dong :D

Kalau ngga mau jelaskan ya udah,  tanya ama priyagung di Vihara Mendut sana pasti lebih jelas,  dapat bonus pula MMD.  :)

Offline anggik2002

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 109
  • IQ: 4
Re: Reinkarnasi
« Jawab #47 pada: Mei 01, 2010, 05:17:30 AM »
Hayo,  jawab tuh apa yang dikerjai disana setelah gak masuk lingkaran reinkarnasi. ;D
Ngapain tanya soal reinkarnasi sama aku? Kalau bahas reinkarnasi, ya sama rekan yang Hindu dong :D
ya udah apa yg dikerjain setelah gak masuk lingkaran kelahiran?trus sekarang sang budha yang maha sempurna tempat atau posisinya ada dmana?soale sang budha jg udah g masuk lingkaran kelahiran kembali kan? :)
« Edit Terakhir: Mei 01, 2010, 05:19:34 AM oleh anggik2002 »

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reinkarnasi
« Jawab #48 pada: Mei 01, 2010, 05:36:06 AM »
Kalau ngga mau jelaskan ya udah,  tanya ama priyagung di Vihara Mendut sana pasti lebih jelas,  dapat bonus pula MMD.  :)
Bukan gak mau jelaskan, ST, tapi reinkarnasi itu konsep Hindu. Tanyanya sama orang Hindu dong :D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reinkarnasi
« Jawab #49 pada: Mei 01, 2010, 05:37:26 AM »
ya udah apa yg dikerjain setelah gak masuk lingkaran kelahiran?trus sekarang sang budha yang maha sempurna tempat atau posisinya ada dmana?soale sang budha jg udah g masuk lingkaran kelahiran kembali kan? :)
Apa yang dikerjakan? Gak tahu. Masak aku jawab bernyanyi dan bergembira sepanjang hari? 'Apa yang dikerjakan' hanya sesuai untuk ditanyakan padamakhluk yang ada di dalam lingkaran tumimbal lahir. :D

Dan menanyakan tempat atau posisi? Memang bisa mengatakan tempat, jika Nibbana bukan tempat atau ruang?
« Edit Terakhir: Mei 01, 2010, 05:40:28 AM oleh Pi-One »

Offline anggik2002

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 109
  • IQ: 4
Re: Reinkarnasi
« Jawab #50 pada: Mei 01, 2010, 07:25:59 AM »
ya udah apa yg dikerjain setelah gak masuk lingkaran kelahiran?trus sekarang sang budha yang maha sempurna tempat atau posisinya ada dmana?soale sang budha jg udah g masuk lingkaran kelahiran kembali kan? :)
Apa yang dikerjakan? Gak tahu. Masak aku jawab bernyanyi dan bergembira sepanjang hari? 'Apa yang dikerjakan' hanya sesuai untuk ditanyakan padamakhluk yang ada di dalam lingkaran tumimbal lahir. :D

Dan menanyakan tempat atau posisi? Memang bisa mengatakan tempat, jika Nibbana bukan tempat atau ruang?
o..dikitabnya g d jelasin ya?maaf deh tak kira dijelasin bahwa budha yg tidak masuk lingkaran hidup lg ngerjain sesuatu,he......

Offline anggik2002

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 109
  • IQ: 4
Re: Reinkarnasi
« Jawab #51 pada: Mei 01, 2010, 07:37:54 AM »
@pi_one: pertimbangan apa sih yang membuat orang msh masuk lingkaran kehidupan kembali atau sudah berhenti?apakah perbuatan baik buruknya ketika didunia?
Trus yang dikitab agama budha itu tentang nirvana dijelasin gak?minta penjelasannya deh klo bisa?soale msh belum paham ne tentang nirvana, lingkaran kehidupan dll, taunya y cuman dr film kera sakti,he........... ;D :)

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reinkarnasi
« Jawab #52 pada: Mei 01, 2010, 10:00:56 AM »
dalam Buddhisme setau saya tidak tepat menggunakan istilah reinkarnasi untuk kelahiran kembali. orang-orang Buddhis lebih suka menyebutnya Paticcasamupada.
alasannya, klo reinkarnasi itu seolah-olah menganggap jiwa itu kekal karena terus berada dalam lingkaran yang tak ada habisnya, sedangkan dalam Buddhisme kekekalan jiwa tidak ditemukan.
Pattica sammupada itu bagian dari hukum kesunyataan, hukum sebab musabab yang saling bergantungan. yang anda maksud mestinya punnabhava (kelahiran kembali)

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reinkarnasi
« Jawab #53 pada: Mei 01, 2010, 10:04:19 AM »
@pi_one: pertimbangan apa sih yang membuat orang msh masuk lingkaran kehidupan kembali atau sudah berhenti?apakah perbuatan baik buruknya ketika didunia?
Penyebab kelahiran kembali adalah keterikatan atau nafsu keinginan. Dan saat nafsu keinginan ini dipadamkan, maka akar penyebab kelahiran kembali sudah lenyap, dan dengan sendirinya mereka takkan dilahirkan lagi. Moral bukan penyebab berhentiknya kelahiran, moral hanyalah dasar.

Trus yang dikitab agama budha itu tentang nirvana dijelasin gak?minta penjelasannya deh klo bisa?soale msh belum paham ne tentang nirvana, lingkaran kehidupan dll, taunya y cuman dr film kera sakti,he........... ;D :)
Tidak ada kata-kata atau konsep yang bisa digunakan untuk menjelaskan Nibbana, karena Nibbana adalah tanpa kondisi.

Offline LaPerichole

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: Reinkarnasi
« Jawab #54 pada: Mei 01, 2010, 11:35:14 AM »
sebelum kita kasih pendapat disini...sebaiknya kita berfikir lagi,apakah kehidupan selain di bumi juga terdapat partikel" yang sama seperti yang ada di bumi?seperti contohnya di bumi bagi kita waktu itu bisa di hitung 1x 24 jam sampai matahari muncul lagi dinamakan 1 hari dan berikutnya,dan dibumi terbatas sampai 3 dimensi ruang...tapi apakah di t4 Tuhan berada juga menggunakan aturan seperti itu??kalau memang sama hukumnya dengan di bumi tentu Tuhan punya pekerjaan lain sebelum dunia ini di buat?

saya kok curiga bahwa tempat dimana Tuhan berkuasa itu berbeda partikel sama di bumi..bisa jadi kehidupan disana sama sekali jauh berbeda (bahkan ga ada hubunganya) sama di bumi...

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Reinkarnasi
« Jawab #55 pada: Mei 01, 2010, 01:45:45 PM »
Hayo,  jawab tuh tentang Sang Buddha Yang Maha Sempurna,  kalau ngga bisa mengatakan tempat,  tapi ada atau tidak ada ? :D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reinkarnasi
« Jawab #56 pada: Mei 02, 2010, 01:41:15 AM »
Hayo,  jawab tuh tentang Sang Buddha Yang Maha Sempurna,  kalau ngga bisa mengatakan tempat,  tapi ada atau tidak ada ? :D
Anda kasih tahu aku dulu, bagaimana menjelaskan kondisi dari sesuatu yang 'tak berkondisi'? Jika anda bisa jelaskan, mungkin bisa membantuku menjelaskan dengan kata-kata :)

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Reinkarnasi
« Jawab #57 pada: Mei 02, 2010, 05:23:41 AM »
Nah lu,  si omnya balik bertanya.  Kesulitan jawab ngkali  ? ;D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reinkarnasi
« Jawab #58 pada: Mei 02, 2010, 05:39:02 AM »
Nah lu,  si omnya balik bertanya.  Kesulitan jawab ngkali  ? ;D
Nibbana itu tidak tercipta, tidak berkondisi. Lantas, bagaimana anda suruh menjelaskan kondisi dari sesuatu yang gak berkondisi? Itu sama saja anda minta aku menyebut nilai nominal pasti dari bilangan terbesar :)

Offline kuin

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 121
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: Reinkarnasi
« Jawab #59 pada: Mei 02, 2010, 06:11:28 AM »
gak percaya...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
2382 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 15, 2020, 10:16:00 PM
oleh The Houw Liong