Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 30, 2021, 03:06:00 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 37
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 15
Total: 15

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus  (Dibaca 10710 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.665
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • http://mahyosof.blogspot.com/2015/03/islam-adalah-agama-kasih-sayang-bagi.html
Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« pada: November 20, 2011, 09:45:02 PM »
  Saya dah tahu sikit-sikit tetang Tuhan/Dewa dalam agama Hindu , yitu Dewa yang terbesar dalam Agama Hindu ada 3 :
1.Brahma . maha pencipta
2. Vishnu : maha pentadbir
3. Shiwa : panmushan .

*******
Dan Tuhan dalam Agama Islam ada satu Tuhan ,Yaitu Allah . tetapi ada 10 malaikat
1. Jibril , tugasnya pengatar wahyu kepada para Nabi
2.Mikail , tugasnya dalam soal-soal kejahteraan umat , umpamanya menurunkan hujan menghantar angin , tentang Tanah , dan soal-soal kesuburan lainnya .
3.Israfil , tugasnya dalam soal-soal akhirat , umpamanya meniup terumpit tenda qiamat  , meniup terumpit tenda bangun di padang mahsyar dan lainnya .
4. Izrail , tugasnya mencabut nyawa setiap makhluk
5-6. munkar dan nakir , yaitu tugasnya untuk menyual orang yang telah mati .
7-8.  raqib dan atib , tugasnya menuliskan amalan perkerjaan manusia hari-hari
9. malik , tugasnya menjaga Neraka Jahannam
10. ridhuan , tugasnya menjaga Syurga .

Dan Tuhan dalam agama Islam ada Musuh Yaitu Syaitan dan orang Kafir .

******
Yang saya ingin tanyakan :
Apakah Tuhan Yesus yang di katakan Bapak itu ada 3 sebagaimana dalam agama Hindu ? ,

atau ada sebagaimana adanya di dalam agama Islam yang tersebut di atas itu ?.

Terimakasih ....

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.665
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • http://mahyosof.blogspot.com/2015/03/islam-adalah-agama-kasih-sayang-bagi.html
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #1 pada: November 20, 2011, 11:39:33 PM »
maaf saya lupa .
3 Dewa yang terbesar dalam agama Hindu ada rupa yang dapat di gambarkan :
1.Brahma : maha pencipta

2.Vishnu :yang menantadbir

3.Siwa : pamusnah


dan juga dalam agama Hindu ada juga musuhnya raksas


tetapi beda dengan agama Islam , Tuhan Allah dan para malaikatnya tidak boleh di gambarkan .
dan musuhnya Iblis tidak boleh juga di gambarkan itu semua .

maaf dalam agama hindu saya tidak tahu sepenuhnya hanya saya tahu ceramah dalam yuotube je . kalau ada yang salah tulong betul kan ..
terima kasih ...

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 740
  • IQ: 32
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #2 pada: November 21, 2011, 12:21:33 AM »
@Sayang
Maaf, OOT dikit..Kata Anda, dalam Agama Islam, musuh Tuhan adalah Syaitan dan orang kafir..Bagaimana mungkin Tuhan memusuhi ciptaanNya sendiri? Saya pikir, ini permusuhan yang samasekali tidak seimbang, dan tidak adil..
DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.665
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • http://mahyosof.blogspot.com/2015/03/islam-adalah-agama-kasih-sayang-bagi.html
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #3 pada: November 21, 2011, 01:17:27 AM »
Saya tidak tahu , saya hanya dengar-bengar pencerama agama Islam saja , ada yang kata bagitu .
maka dengan sebab itu lah saya keliru dalam ajaran agama Islam ini...  :-\ :-\ :-\

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.665
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • http://mahyosof.blogspot.com/2015/03/islam-adalah-agama-kasih-sayang-bagi.html
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #4 pada: November 21, 2011, 01:23:07 AM »
kini saya baru tahu tentang ketuahanan yang sebenarnya dalam ajaran agama Hindu klid di SINI

dan saya belum tahu lagi tentang ketuhanan yang sebenarnya dalam ajaran agama kristian .

bukan apa saya buat ini semua , karena saya ingin cari agama yang lebih sesuai dengan hati saya ...

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #5 pada: November 21, 2011, 02:39:41 AM »
dalam Hindu Tuhan dikenal dengan nama Brahman
Brahman bersifat acintya (tak terpikirkan) bukan laki bukan perempuan bukan pula banci, demikian yang dijelaskan Shri Krishna dalam Bhagavad Gita
dalam Hindu dikenal pula "Trinitas" yaitu Brahman (TUHAN) Antaratman (Roh/Tuhan) dan Atman (Diri/Jiwa Pribadi) yg jika dicari hakekatnya adalah satu kesatuan
untuk para dewa, merupakan manifestasi kekuatan Brahman, kekuatan penciptaan disimbolkan dengan Dewa Brahma, kekuatan pemeliharaan/keberlangsungan disimbolkan dengan Dewa Wisnu, kekuatan pelebur/pemusnah disimbolkan dengan Dewa Siwa

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.665
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • http://mahyosof.blogspot.com/2015/03/islam-adalah-agama-kasih-sayang-bagi.html
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #6 pada: November 21, 2011, 04:43:50 AM »
terima kasih .....penjelasannya ...

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.665
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • http://mahyosof.blogspot.com/2015/03/islam-adalah-agama-kasih-sayang-bagi.html
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #7 pada: November 22, 2011, 02:26:17 AM »
dalam Hindu Tuhan dikenal dengan nama Brahman
Brahman bersifat acintya (tak terpikirkan) bukan laki bukan perempuan bukan pula banci, demikian yang dijelaskan Shri Krishna dalam Bhagavad Gita
dalam Hindu dikenal pula "Trinitas" yaitu Brahman (TUHAN) Antaratman (Roh/Tuhan) dan Atman (Diri/Jiwa Pribadi) yg jika dicari hakekatnya adalah satu kesatuan
untuk para dewa, merupakan manifestasi kekuatan Brahman, kekuatan penciptaan disimbolkan dengan Dewa Brahma, kekuatan pemeliharaan/keberlangsungan disimbolkan dengan Dewa Wisnu, kekuatan pelebur/pemusnah disimbolkan dengan Dewa Siwa
saya setuju kali
jadi patung brahman , vishnu dan siwa itu , bukanlah dewa atau tuhan yang sebenarnya , hanya simbol je ?

dan bagimana pula tentang Dewa Asura ?
« Edit Terakhir: November 22, 2011, 02:33:03 AM oleh sayang »

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #8 pada: November 22, 2011, 05:47:16 AM »
saya setuju kali
jadi patung brahman , vishnu dan siwa itu , bukanlah dewa atau tuhan yang sebenarnya , hanya simbol je ?

dan bagimana pula tentang Dewa Asura ?

betul, sebagai simbolisasi sama halnya dengan sarana2 upacara yg lain
untuk dewa asura, sy belum mampu menjelaskannya, tetapi AFAIK asura itu sama dengan golongan jin, menurut beberapa orang terdapat asura yg mempunyai kesaktian bahkan melebihi para dewa walaupun mereka hidup di alam yg lebih rendah dr manusia, asura ini bisa mempunyai pengikut manusia bahkan dewa CMIIW

Offline bencong

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 20
  • IQ: -1
  • Gender: Pria
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #9 pada: November 22, 2011, 02:27:27 PM »
@Sayang
Maaf, OOT dikit..Kata Anda, dalam Agama Islam, musuh Tuhan adalah Syaitan dan orang kafir..Bagaimana mungkin Tuhan memusuhi ciptaanNya sendiri? Saya pikir, ini permusuhan yang samasekali tidak seimbang, dan tidak adil..
mungkin lebih tepatnya, memerangi syetan dan orang kafir adalah tugas manusia. Tuhan ma mau kita perangi syetan kek, mau sante2 saja ga ngapa2in syetan kek, Tuhan tetep aja yang paling hebat dan tak terkalahkan, jadi sebenernya kita yang perlu. Perangnya juga bukan dengan mengangkat senjata brur, kalo sama setan ya cukup meniunggalkan ajakannya, kalo ke sesama manusia ya cukup dengan mengajak kepada kebaikan..
saya pikir demikian..
kenapa harus berlari, kan gunung ga kemana-mana....

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.665
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • http://mahyosof.blogspot.com/2015/03/islam-adalah-agama-kasih-sayang-bagi.html
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #10 pada: November 23, 2011, 12:02:39 AM »
@MonDay : sekali lagi saya terima kasih atas keterangannya .dulu saya paham semua agama selain Islam adalah Kafir , sesat; Karena :

Orang hindu percaya Tuhan/Dewa 3 , dan sembah sujud kepada berhala-berhala ;

Orang Kristen percaya Tuhan 3 juga , dan sembah sujud kepada patung yesus anaka alla ;

Sedang orang Islam percaya Tuhan 1 dan tidak sembah sujud kepada berhala , tapi mareka sembah sujud kepada Kabah di mekah rumah Allah .

Nampaknya berbeda pada hal sama ;Karena tujuanya sama-sama mencari keredaan Tuhan belaka tidak lebih daripada itu .

Dulu saya terpengaruh dengan politik dari agama Islam yang saya anuti , yang saya tak di sedari .

Tapi bila saya bertemu dengan Anda , dan saya simpan perkataan anda dan kawan-kawan lain dari Kristen di forum ini dan saya simpan dalam blog saya untuk saya kaji dan cuba memahaminya karena bahasanya berbeda , dan kini  pahamlah tentang agama dan tentang Tuhan . jadi saya tidak jadi bingong dan tidak keliru lagi ….dan hati saya pun dah aman .

karana Kini saya dah paham maksud, bahwa Tuhan 3 sama dengan Tuhan 1.

karena anda berkata tentang kepercayaan anda dalam agama Hindu :
***dalam Hindu Tuhan dikenal dengan nama Brahman
Brahman bersifat acintya (tak terpikirkan) bukan laki bukan perempuan bukan pula banci, demikian yang dijelaskan Shri Krishna dalam Bhagavad Gita

dalam Hindu dikenal pula "Trinitas" yaitu Brahman (TUHAN) Antaratman (Roh/Tuhan) dan Atman (Diri/Jiwa Pribadi) yg jika dicari hakekatnya adalah satu kesatuan
untuk para dewa, merupakan manifestasi kekuatan Brahman,

1.kekuatan penciptaan disimbolkan dengan Dewa Brahma,
2.kekuatan pemeliharaan/keberlangsungan disimbolkan dengan Dewa Wisnu,
3.kekuatan pelebur/pemusnah disimbolkan dengan Dewa Siwa***

yang saya thua Dalam Islam pun bagitu ,
1.Tuhan pencipta , bedanya Tuhan pencipta itu tidak ada simbolkan dengan rupanya Yaitu Allah
2.Tuhan pemelihara bedanya Tuhan pemelihara itu tidak ada simbolkan dengan rupanya Yaitu Rabbi
3.Tuhan pamusnah . bedanya Tuhan pamusnah itu tidak ada simbolkan dengan rupanya yaitu Malikil maut .

ini nampaknya satu je .kan sama ?

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.665
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • http://mahyosof.blogspot.com/2015/03/islam-adalah-agama-kasih-sayang-bagi.html
Re: Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #11 pada: November 23, 2011, 12:13:47 AM »
Tentang agama Buddha , saya ada kenal seorang wanitu di forum ini  , tapi beliau ga mau bicara tentang Tuhan dalam agama yang di anutinya . tapi saya ketemu situs yang bicara tentang agama Buddha itu , itu pun temu di topic anda ‘agama hindu’

Baru saya tahu tentan Tuhan dalam agama buddha:
http://id.wikipedia.org/wiki/Tuhan_dalam_agama_Buddha
***Dalam ajaran agama Buddha, Sang Buddha bukanlah Tuhan dalam agama Buddha yang bersifat non-teis (yakni, pada umumnya tidak mengajarkan keberadaan Tuhan sang pencipta, atau bergantung kepada Tuhan sang pencipta demi dalam usaha mencapai pencerahan; Sang Buddha adalah pembimbing atau guru yang menunjukkan jalan menuju nirwana).

Pandangan umum tentang Tuhan menjelaskan suatu keberadaan yang tidak hanya memimpin tetapi juga menciptakan alam semesta. Pemikiran dan konsep tentang inilah yang sering diperdebatkan oleh banyak Buddhis dalam perpecahan agama Buddha. Dalam agama Buddha, asal muasal dan penciptaan alam semesta bukan berasal dari Tuhan, melainkan karena hukum sebab dan akibat yang telah disamarkan oleh waktu.

Bagaimanapun, beberapa Sutra Mahayanatertentu (seperti Sutra Nirwana dan Sutra Teratai) dan terutama tantra-tantra tertentu sepertiKunjed Gyalpo Tantra memberikan menunjukkan bahwa sikap memandang Buddha yang maha hadir, mempunyai intisari yang membebaskan dan abadi kenyataan dari segala benda, sampai sejauh ini, boleh dibilang sudah mendekati pandangan Tuhan sebagai segalanya.***

Dengan ini saya pahamlah bahwa “asal muasal dan penciptaan alam semasta bukan berasal dari Tuhan , malainkan karena hokum sebab dan akibat” yang telah di samarkan oleh waktu . perkataan “hokum sebab dan akibat “ yang saya paham thamacat/hokum semulajadi . karena setahunya kita sejak kita lahir kealama ini , alam ini sudah ada , hanya tidak tahu sipa penciptannya .

Moral dalam Buddha
http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Buddha
***Sebagai mana agama Islam dan Kristen ajaran Buddha juga menjunjung tinggi nilai-nilai kemoralan. Nilai-nilai kemoralan yang diharuskan untuk umat awam umat Buddha biasanya dikenal dengan Pancasila. Kelima nilai-nilai kemoralan untuk umat awam adalah:
   Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
   Adinnadana Veramani Sikkhapadam Samadiyami
   Kamesu Micchacara Veramani Sikhapadam
   Musavada Veramani Sikkhapadam Samadiyami
   Surameraya Majjapamadatthana Veramani Sikkhapadam Samadiyami
Yang artinya:
   Aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup.
   Aku bertekad akan melatih diri menghindari pencurian/mengambil barang yang tidak diberikan.
   Aku bertekad akan melatih diri menghindari melakukan perbuatan asusila
   Aku bertekad akan melatih diri menghidari melakukan perkataan dusta
   Aku bertekad akan melatih diri menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran***

Sama dengan agama Islam dan dangan agama lainnya .
dan saya rpikir baik juga dalam ajaran agama Buddha, karena mareka tidak guna nama  Tuhan .

dan saya teringat satu ayat quran yang berbunyinya bagini :
43:9 وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ لَيَقُولُنَّ خَلَقَهُنَّ الْعَزِيزُ الْعَلِيمُ
43:9. Jika kamu menanyakan mereka, "Siapakah yang mencipta langit dan bumi?" mereka akan berkata, "Yang Perkasa, Yang Mengetahui, mencipta mereka."

Jwabapan ini lebih senang sekali bagi saya , karena kalau kita sebut nama Allah atau Tuhan , tntunya ada yang mengatakan kafir dan sesat , karena , kalau pahaman kita berbeda dengan maraka ,

cuntuhnya di Malaysia , di sana orang bukan islam , di haram sebut nama allah .

kita jadi susahkan , pahal Tuhan orang Islam sama dengan Tuhan bukan Islam , Cuma sebutan namanya berbeda dan cara-cara beriabadat pun berbeda , itu saja .

cuntuh yang lain , farabi berkaka :
http://www.forumsains.com/agama-dan-filosofi/alasan-orang-orang-atheis/msg128708/#msg128708
Seperti yang saya katakan Tuhan itu cuma ada 1, Tuhan anda adalah Tuhan saya juga, yang diributkan itu konsepnya. Siapapun dia, dia ya dia, tidak lain tidak bukan, melakukan apa yang biasa dia lakukan. Tuhan Yahudi, Kristen, Islam, Budha apapun bahkan ateis, sebetulnya sama, cuma konsepnya yang bikin ribut dan seolah tuhan ada banyak. Padahal Tuhan itu cuma 1, tuhan anda ya tuhan yang menciptakan saya.

Tentu ada yang berkata :
@Farabi: Tuhan hanya 1, yang diributkan hanya konsepnya? Siapa yang buat konsep (konsep ketuhanan?) ? Bukankah Tuhan sendiri yang buat konsep? Kenapa konsepnya berbeda-beda?
« Edit Terakhir: November 23, 2011, 12:22:12 AM oleh sayang »

Offline e_rhema

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
Re:Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #12 pada: Desember 02, 2011, 08:03:04 AM »
Halo semua, cuma mau share nih..
Tuhan Yesus, itu Tuhan yang menjadi manusia, Dia 100 % Tuhan dan manusia.
Saat ke dunia, orang Yahudi (Petinggi Agama) menolak Nya, karena mereka iri kepadaNya, namun sebenarnya mereka tahu Dia adalah Mesias (Penyelamat) mereka sebenarnya ingin Tuhan Yesus turn menjadi pemimpin kerajaan politik (membebaskan mereka dari Roma) bukan sebagai pemimpin rohani. Dia datang untuk menebus dosa manusia (Kakak semua pasti tahu cerita Adam dan Hawa) karena manusia dengan usaha apapun tdk bisa menyelamatkan mereka (kalau dibandingin kayak ngelewati jurang dan berusaha membuat jembatan tanpa dibantu oleh Insinyur). Itu tugasNya di bumi. *Sudut pandang iman Kristen*

Kalau Trinitas, TUHAN yang disembah orang Kristen itu cuma 1 tapi 3 pribadi (memang agak bingung ktk memahaminya)
BAPA            : Pencipta
PUTRA          : Yesus sendiri
Roh Kudus   : Roh sukacita.

Kalau dijelasin teori sih nggak terlalu men 'dong" kan, karena sedang men teori kan Tuhan ( Nggak mungkin)   
Gampangannya kaya siklus Air yg dipanasin terus didinginkan, bahan dasarnya sama tapi bentuknya beda. Butuh pengalaman spiritual untuk memahaminya lebih dalem. GBU guys

Kalau ada yang tersinggung, saya mohon maaf sebesar besarnya, tetep Bhinekka Tunggal Ika ya... :D :D :D

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #13 pada: Desember 02, 2011, 09:05:39 AM »
Sejak kapan munculnya konsep trinitas itu? apakah dari awal ajaran Yesus?

Orang-orang sebelum Yesus berdosa semua (karena belum diselamatkan)?
once we have eternity, everything else can wait

Offline e_rhema

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
Re:Saya ingin tanya tentang Tuhan Yesus
« Jawab #14 pada: Desember 03, 2011, 05:11:41 AM »
Secara tidak langsung, iya..
Misal
".. Aku dan Bapa adalah Satu" Yoh 10:28-30
Saat Yesus dibaptis dan langit terbelah dan keluar Roh seperti merpati dan suara dari langit, KepadaNyalah Aku Berkenan.
Disitu 3 pribadi ada dalam 1 situasi, Bapa, Putra, Roh Kudus...
Kalau di ALkitab Dia sering berbicara ttg Bapa dan Roh Kudus..

Nggak semua, kalau org2 sebelum Yesus, berarti ttg perjanjian lama.. Yesus = Tuhan, Ia berbicara lewat perantaraan org2 yang diberiNya kepercayaan, spt Musa, Yeremia, Yesaya, dll..... Dulu pakai hukum Taurat (Musa) *yg sekarang masih dianut sama org2 Yahudi* Org yang menaatinya akan diselamatkan, namun Ia datang untuk menggenapi nubuat yang udh ditulis, karena Hukum Taurat udh nggak dipakai untk tujuan yg benar sama ahli ahli agama waktu lalu. Ia datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa yg menyesatkan.


 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
5250 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2008, 02:31:03 PM
oleh kristianto
0 Jawaban
2092 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2009, 07:09:33 AM
oleh Nabih
118 Jawaban
33472 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 17, 2011, 01:32:18 AM
oleh Pi-One
13 Jawaban
4699 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2010, 08:38:26 AM
oleh rizqi_fs
20 Jawaban
9476 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2010, 10:14:36 PM
oleh Takagi Fujimaru