Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 28, 2021, 07:57:59 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139657
  • Total Topik: 10399
  • Online Today: 286
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 57
Total: 57

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Science Tidak membutuhkan Tuhan.  (Dibaca 118219 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ?

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 739
  • IQ: 16
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #15 pada: September 05, 2011, 05:56:26 AM »
A membutuhkan B. Alasannya karena C ada di D, dan tanpa D, A akan lumpuh. Dasar tanpa D, A akan lumpuh adalah quote mining.

A = sains
B = tuhan
C = konsep tentang tuhan
D = agama

Kerangka berpikir yang aneh.

Offline Jim Heart

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 114
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #16 pada: September 05, 2011, 06:00:04 AM »
Tinggal mungkin, siapa yang membuatnya menjadi otomatis? ;D
ya, alam itu otomatis ... yang membuat itu otomatis ? ya, bisa juga Tuhan personal, tapi bisa juga alam itu sendiri ...

hmm ... begini, jika Tuhan misal kita anggap sebagai perancangnya itu, lalu darimana Tuhan ? saya yakin orang yang mengerti definisi Tuhan akan menjawab Tuhan itu berdiri sendiri ...
Dan disini saya mengatakan alam semesta itu yang berdiri sendiri ! layaknya pemikiran kalian yang menganggap Tuhan itu berdiri sendiri ... Kalo kita bisa menerima logika Tuhan berdiri sendiri, kenapa tak bisa menerima logika alam yang berdiri sendiri ...
atau dengan Tuhan itu adalah alam semesta itu sendiri, bukan personal ...
itu menurut para atheis ... :)

tapi tetap tak menutup kemungkinan kok kalo Tuhan personal itu memang ada ... Science setahuku belum menutup kemungkinan itu ... ^_^

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #17 pada: September 05, 2011, 07:52:29 AM »
A membutuhkan B. Alasannya karena C ada di D, dan tanpa D, A akan lumpuh. Dasar tanpa D, A akan lumpuh adalah quote mining.

A = sains
B = tuhan
C = konsep tentang tuhan
D = agama


Kerangka berpikir yang aneh.

Kalo logikanya begitu kayaknya bakal kesulitan mengerjakan matematika diskrit,  dengan diagram Venn,  lebih2 pake Karnough Map.  Jangan2 belum pernah dengar KM,  seperti kasus IRP yang lalu ....... ? :D :D
« Edit Terakhir: September 05, 2011, 08:01:59 AM oleh semut-ireng »

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #18 pada: September 05, 2011, 12:30:09 PM »
Yang diperlukan sains adalah agama, sebagai pengontrol moral atas penerapan sains. Bukan memerlukan Tuhan.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #19 pada: September 05, 2011, 01:16:22 PM »
:D

tergantung agamanya masing2 si...
kalo yang agamanya ga ada kaitannya sama sekali dengan sains ya pastinya bkln misahin sains sama agama..
gitu juga sebaliknya..
;D
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline ?

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 739
  • IQ: 16
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #20 pada: September 05, 2011, 01:55:44 PM »
Kerangka berpikir yang aneh.

Kalo logikanya begitu kayaknya bakal kesulitan mengerjakan matematika diskrit,  dengan diagram Venn,  lebih2 pake Karnough Map.  Jangan2 belum pernah dengar KM,  seperti kasus IRP yang lalu ....... ? :D :D

Terakhir kali berbicara tentang IRP, anda yang tidak mempunyai referensi, ingat?

Offline Pi-Man

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 267
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • Everybody Loves Lain
    • Manga Scans Information
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #21 pada: September 05, 2011, 02:25:31 PM »
:D

tergantung agamanya masing2 si...
kalo yang agamanya ga ada kaitannya sama sekali dengan sains ya pastinya bkln misahin sains sama agama..
gitu juga sebaliknya..
;D
Einstein diakui sebagai salah satu ilmuwan besar.
Dan Einstein tak percaya pada konsep Tuhan personal, yang menghukum atau memberi hadiah, yang mengintervensi hukum alam.
oro?

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #22 pada: September 05, 2011, 02:51:35 PM »
abdus salam juga ilmuwan gede...
lihat aja biographynya di nobelprize.org tahun 1979...
trus apa yang dia katain.
;D


ya emang tergantng agma masing2 kan (termasuk atheis)..

"iman menentukan pola pikir. kepercayaan kita yang menentukan sperti apa pemikiran kita"
^-^

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #23 pada: September 05, 2011, 09:24:20 PM »
Lagipula istilah Tuhan sudah tidak masuk diakal kan? Kenapa tidak kita memberikan jawaban yang tidak masuk diakal juga? "Tuhan menciptakan dirinya sendiri". Simpel? ;D
Sebetulnya kalo melihat makhluk makhluk hidup dibumi saya juga sering berfikir, apakah Tuhan belajar? Bukankah makhluk ini mulanya terdiri dari sesuatu yang sederhana? Tapi kemudian lama kelamaan menjadi rumit? Sampai akhrinya terciptalah manusia, makhluk yang mempunyai pemikiran dengan konsep abstrak. Bisa belajar dari ketiadaan dan dari cukilan cukilan informasi yang didapat secara acak, tapi kemudian menggabungkannya menjadi sebuah pemahaman yang utuh.
« Edit Terakhir: September 05, 2011, 09:26:40 PM oleh Farabi »
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #24 pada: September 05, 2011, 10:05:14 PM »
Terakhir kali berbicara tentang IRP, anda yang tidak mempunyai referensi, ingat?

Ada yang penasaran,  IRP gak bisa digoogling ............ ;D



"iman menentukan pola pikir. kepercayaan kita yang menentukan sperti apa pemikiran kita"
^-^

Tepat sekali.  Apa yang anda tulis di atas itu merupakan salah satu dasar penelisikan status keilmiahan suatu teori menggunakan IRP.


*  Tak bisa disangkal lagi,  sains membutuhkan Tuhan, sebagai buktinya mereka membangun mega proyek LHC di mana salah satu tujuan utamanya adalah untuk menemukan Partikel Tuhan / Partikel Boson Higgs :

http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2011/02/110228_cern.shtml 

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #25 pada: September 05, 2011, 11:29:30 PM »
Sebetulnya partikel tersebut dinamakan goddamn partikel, tapi kemudian diedit jadi god partikel dan jadi olok olokan. tp penamaan itu membuat banyak orang tertarik biarpun ilmuan tidak suka.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #26 pada: September 06, 2011, 12:41:13 AM »
Tuh, idiotnya keluar lagi.
Partikel Tuhan dikaitkan dengan Tuhan
Mitochondria Eve dikira Hawa
Y-chromosom Adam dikira Adam

Keidiotan emang gak ada batas ::)
Keidiotan macam ini yagn dimaksud si asbuner memerlukan Tuhan?

Offline Jim Heart

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 114
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #27 pada: September 06, 2011, 12:49:44 AM »
*  Tak bisa disangkal lagi,  sains membutuhkan Tuhan, sebagai buktinya mereka membangun mega proyek LHC di mana salah satu tujuan utamanya adalah untuk menemukan Partikel Tuhan / Partikel Boson Higgs :

http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2011/02/110228_cern.shtml 

haha ... istilah tuhan disitu memang lebih ke arah olok2an ...
god particle / higgs boson particle diteorikan oleh Peter Higgs untuk memecahkan misteri kenapa massa dan ukuran elementary particle itu bermacam2 ...
Peter Higgs ini seorang atheis, karena itu ilmuwan2 lain mengolok2 dengan mengatakan tuhan bagi Higgs adalah partikel ini sehingga muncullah istilah "God Particle" ...
 :D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #28 pada: September 06, 2011, 01:06:24 AM »
Pi-One: Tuhan tidak bermain Playstation
Semut-asbun: Tuh, Pi-One udah jadi theis...

:D :D :D

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Science Tidak membutuhkan Tuhan.
« Jawab #29 pada: September 06, 2011, 03:12:50 AM »
haha ... istilah tuhan disitu memang lebih ke arah olok2an ...
god particle / higgs boson particle diteorikan oleh Peter Higgs untuk memecahkan misteri kenapa massa dan ukuran elementary particle itu bermacam2 ...
Peter Higgs ini seorang atheis, karena itu ilmuwan2 lain mengolok2 dengan mengatakan tuhan bagi Higgs adalah partikel ini sehingga muncullah istilah "God Particle" ...
 :D

 :D :D :D :D


 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
87 Jawaban
46383 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2018, 05:28:14 AM
oleh The Houw Liong
13 Jawaban
20641 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2010, 07:24:03 AM
oleh Monox D. I-Fly
66 Jawaban
57362 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 26, 2015, 02:45:38 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
3141 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 21, 2010, 10:46:47 PM
oleh sayang
52 Jawaban
151718 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2016, 05:30:38 AM
oleh kazuma