Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 01, 2022, 02:11:35 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 57
Total: 57

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Seberapa Besar Pengaruh Agama Orang Tua?

Dimulai oleh biobio, April 24, 2009, 01:36:01 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

biobio

Hanya ingin tahu, sebesar apakah pengaruh orangtua dalam memberikan pengajaran agama atau keyakinan (bisa atheis,agnostik) pada kita pada periode kritis pembelajaran kita (waktu masih kecil)__imprinting kah ? Saya yakin ada diantara kita yang berpindah ke lain keyakinan...mohon berbagi dan bercerita pengalamannya yaa...
"The pen is mightier than the sword"

skuler

saya yg pertama poling dan anda sebenarnya telah mengetahui saya yang sesungguhnya. smoga keyakinanku yang paling benar dmana pembuktian ilmiah menjadi metoda kebenarannya. amin.
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

Lunaris

Aku tidak paham bener pertanyaanya, tetapi diseluruh unia ini umumnya anak ikut agama orang tuanya.

Bukan imprinting tetapi "religious indoctrination"

Kamu bisa menjumpai anak tidak ikut agama orangtuanya di komunitas sekuler, tetapi di komunitas religius kasusnya langka.

skuler

komunitas gw? komunitas gw mah forsa... di komunitas forsa mah bragam... tapi anak2nya banyak yg keren2 kok...

(junk mode ON)
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

superstring39

Semua orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, setidaknya yang terbaik menurut mereka. jika ada seseorang yang menganut sebuah agama pasti mereka akan mengajarkan agama tersebut kepada keturunannya karena itulah yang mereka yakini dan yang terbaik menurut mereka, saya rasa ini hal yang wajar. namun saat anak tersebut telah dewasa dan bisa berfikir secara dewasa maka dia akan (seharusnya) mencari atau mempelajari kebenaran atas agama yang dianutnya. apakah ada kontradiksi, apakah ada ketidakkonsistenan dlsb.

saya terus terang menganut agama yang sama dengan orang tua saya. sejak kecil saya menerima semua yang diajarkan, kemudian sampai saat ini saya masih terus belajar. saya dulu sering mengikuti perdebatan antar agama, kajian antar agama, bahkan kajian atheis. dan sampai saat ini justru menambah keyakinan saya terhadap agama yang saya anut sekarang sebagai jalan hidup secara keseluruhan.

skuler

tapi tidak secara ilmiah... hal ini tjadi di sini: http://www.forumsains.com/agama-dan-filosofi/isra-miraj-nabi-muhammad-saw/msg26893/#msg26893

huh... saya kcewa dengan anda bung string... anda tetap tidak bisa menerapkan kata2 yg notabene anda buat sendiri di forum ini... istilahnya 'kurang konsisten'...itula kata2 yg tepat dari saya thadap pribadi anda...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

superstring39

kan saya sudah sering mengatakan bahwa kebenaran itu bukan hanya kebenaran secara ilmiah saja. saya memang orang yang menekuni dibidang sains namun bukan orang yang mendewa-dewakan sains sebagai segala-galanya. banyak hal yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah namun kenyataannya memang ada. justru yang tidak konsisten adalah orang-orang yang menganggap sains sebagai dewa mereka dimana kebenaran berasal darinya sedangkan di dalam sains sendiri banyak ketidak konsistenan yang biasanya disebut sebagai anomali dlsb.

Pi-One

Meski secara KTP sama, rasanya orang tuaku lebih ke arah tradisi. Dan aku menganut aliran yang berbeda dengan ibuku.

skuler

klo gitu apa jawaban anda pada poling diatas? kok yg neken tombol 'ya' tetep masi 1 orang?
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

utusan langit

saya pribadi embrional tentang agama saya memang berasal Dari orang tua saya!
tapi mengenai pertumbuhan dan perkembangan saya masih belajar untuk "meyakini dan beragama" dengan benar (setidaknya menurut saya pribadi)

skuler

"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

Pi-One

Kutip dari: skuler pada April 24, 2009, 01:57:54 PM
klo gitu apa jawaban anda pada poling diatas? kok yg neken tombol 'ya' tetep masi 1 orang?
Soalnya kasusnya abnomali. Agama yang dianut ibuku adalah agama yang bukan agama yang aku anut, tapi khusus di Indonesia bisa pinjam nama agamanya sehingga bisa eksis...

biobio

Hmm, sampai saat ini masih seimbang...ayo, mana yang lain? Skuler udah ngaku pertama kali, aku kedua.. lainnya ga tau... ^^
"The pen is mightier than the sword"

skuler

woi.. yg lain ikutan poling gi.... penting banget nii... buat tugas kulia nya si bio2.....
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

marshall

iya deh ikutan..

selama ini yang saya tahu sih, pada awalnya semua orang mengikuti agama orang tuanya. baru setelah mereka bisa berfikir mandiri, mereka mulai mencari kebenaran sendiri dan menentukan pilihannya sendiri.

kecuali mereka yang memang tidak ingin tahu...yang penting ga ada kolom kosong di KTP nya..;D
".............