Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 03, 2024, 05:04:54 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 40
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 26
Total: 26

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

sejarah keturunan adam (KRISTEN ONLY !!!)

Dimulai oleh alvin pratama, Mei 24, 2009, 03:18:23 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

drexman

tread ini khusus buat orang kristen ato terbuka untuk umum sih..katanya kristen only ??? ;D

gonzo

Kutip dari: drexman pada Juni 02, 2009, 01:31:49 PM
tread ini khusus buat orang kristen ato terbuka untuk umum sih..katanya kristen only ??? ;D

Kalo mo ikutan, nyamber aja Bro, ngga ada pinalty juga  ;D ;D ;D

cronny

Bukan nya judaism, kristen dan islam menceritakan hal yg sama di awal nya?
Kalau agama lain spt budha atau hindu ada yg menceritakan awal mula nya manusia ngak?
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

h4ry

Kutip dari: cronny pada Juni 02, 2009, 04:06:54 PM
Bukan nya judaism, kristen dan islam menceritakan hal yg sama di awal nya?
Kalau agama lain spt budha atau hindu ada yg menceritakan awal mula nya manusia ngak?

maksudnya ga ngerti ^^a  ;D ;D
_Don't Be Affraid_

cronny

Kutip dari: h4ry pada Juni 02, 2009, 05:00:28 PM
maksudnya ga ngerti ^^a  ;D ;D
Budha dan hindu menjelaskan awal nya kehidupan manusia apa ngak yah?
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

drexman

Kutip dari: cronny pada Juni 02, 2009, 05:11:06 PM
Budha dan hindu menjelaskan awal nya kehidupan manusia apa ngak yah?
buddha ada crita awal manusia...tapi ga tau kalo hindu...

cronny

Kutip dari: drexman pada Juni 02, 2009, 10:33:45 PM
buddha ada crita awal manusia...tapi ga tau kalo hindu...
Boleh dong bagi2... Gua cuma tau yg 1 versi aja, versinya adam dan hawa.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

biobio

Kutip dari: drexman pada Juni 02, 2009, 10:33:45 PM
buddha ada crita awal manusia...tapi ga tau kalo hindu...
bukannya buddha ga membahas asal usul manusia? atau mungkin itu penghayatan buddha yang telah bercampur dengan mitos dan cerita rakyat setempat?
Kutip dari: cronny pada Juni 02, 2009, 10:36:58 PM
Boleh dong bagi2... Gua cuma tau yg 1 versi aja, versinya adam dan hawa.
udah pernah saya post kok macam2 cerita penciptaan.... ada di room agama filosofi juga...
"The pen is mightier than the sword"

drexman

Kutip dari: biobio pada Juni 03, 2009, 06:26:50 AM
bukannya buddha ga membahas asal usul manusia? atau mungkin itu penghayatan buddha yang telah bercampur dengan mitos dan cerita rakyat setempat?udah pernah saya post kok macam2 cerita penciptaan.... ada di room agama filosofi juga...
buddha punya asal usul manusia..tapi ga sama spt dongengnya agama samawi...
tp kayanya pi one pernah kasih deh critanya...

Pi-One

Hm, kurasa yang drex maksud bukan asal usul manusia. Sutta dimaksud tidak pernah menyatakan bahwa itu membahas mengenai asal-usul manusia di bumi. Sutta dimaksud nampaknya sutta yang membahas kemerosotan akibat kamma, dan mengenai bagaimana manusia membedakan diri dalam kasta, padahal pada dasarnya tidak ada yang lebih tinggi dari yang lain.

Sutta yang drex maksud dimulai dengan kalimat: "suatu ketika, cepat atau lambat..." benar?

h4ry

mungkin yang dimaksud ank2 Allah adalah sekumpulan orang yang taat akan Tuhan dan takut akan-Nya,sedangkan anak manusia berarti yang blum mengenal Allah
_Don't Be Affraid_

drexman

Kutip dari: Pi-One pada Juni 03, 2009, 12:22:15 PM
Hm, kurasa yang drex maksud bukan asal usul manusia. Sutta dimaksud tidak pernah menyatakan bahwa itu membahas mengenai asal-usul manusia di bumi. Sutta dimaksud nampaknya sutta yang membahas kemerosotan akibat kamma, dan mengenai bagaimana manusia membedakan diri dalam kasta, padahal pada dasarnya tidak ada yang lebih tinggi dari yang lain.

Sutta yang drex maksud dimulai dengan kalimat: "suatu ketika, cepat atau lambat..." benar?
yang ini nih pi one..:aku kutip jg dari [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Kejadian Bumi dan Manusia

Terjadinya bumi dan manusia merupakan konsep yang unik pula dalam agama Buddha, khususnya tentang manusia pertama yang muncul di bumi kita ini bukanlah hanya seorang atau dua orang, tetapi banyak. Kejadian bumi dan manusia pertama di bumi ini diuraikan oleh Sang Buddha dalam Digha Nikaya, Agganna Sutta dan Brahmajala Sutta. Tetapi di bawah ini hanya uraian dari Agganna Sutta yang akan diterangkan.

Vasettha, terdapat suatu saat, cepat atau lambat, setelah suatu masa yang lama sekali, ketika dunia ini hancur. Dan ketika hal ini terjadi, umumnya mahluk-mahluk terlahir kembali di Abhassara (alam cahaya); di sana mereka hidup dari ciptaan batin (mano maya), diliputi kegiuran, memiliki tubuh yang bercahaya, melayang-layang di angkasa, hidup dalam kemegahan. Mereka hidup demikian dalam masa yang lama sekali.
Pada waktu itu (bumi kita ini) semuanya terdiri dari air, gelap gulita. Tidak ada matahari atau bulan yang nampak, tidak ada bintang-bintang maupun konstelasi-konstelasi yang kelihatan; siang maupun malam belum ada, ..... laki-laki maupun wanita belum ada. Mahluk-mahluk hanya dikenal sebagai mahluk-mahluk saja.
Vasettha, cepat atau lambat setelah suatu masa yang lama sekali bagi mahluk-mahluk tersebut, tanah dengan sarinya muncul keluar dari dalam air. Sama seperti bentuk-bentuk buih (busa) di permukaan nasi susu masak yang mendingin, demikianlah munculnya tanah itu. Tanah itu memiliki warna, bau dan rasa. Sama seperti dadi susu atau mentega murni, demikianlah warna tanah itu; sama seperti madu tawon murni, demikianlah manis tanah itu. Kemudian Vasettha, di antara mahluk-mahluk yang memiliki sifat serakah (lolajatiko) berkata : 'O apakah ini? Dan mencicipi sari tanah itu dengan jarinya. Dengan mencicipinya, maka ia diliputi oleh sari itu, dan nafsu keinginan masuk dalam dirinya. Mahluk-mahluk lainnya mengikuti contoh perbuatannya, mencicipi sari tanah itu dengan jari-jari ..... mahluk-mahluk itu mulai makan sari tanah, memecahkan gumpalan-gumpalan sari tanah tersebut dengan tangan mereka.
Dan dengan melakukan hal ini, cahaya tubuh mahluk-mahluk itu lenyap. Dengan lenyapnya cahaya tubuh mereka, maka matahari, bulan, bintang-bintang dan konstelasi-konstelasi nampak ..... siang dan malam ..... terjadi.
Demikianlah, Vasettha, sejauh itu bumi terbentuk kembali.

Vasettha, selanjutnya mahluk-mahluk itu menikmati sari tanah, memakannya, hidup dengannya, dan berlangsung demikian dalam masa yang lama sekali. Berdasarkan atas takaran yang mereka makan itu, maka tubuh mereka menjadi padat, dan terwujudlah berbagai macam bentuk tubuh. Sebagian mahluk memiliki bentuk tubuh yang indah dan sebagian mahluk memiliki tubuh yang buruk. Dan karena keadaan ini, mereka yang memiliki bentuk tubuh yang indah memandang rendah mereka yang memiliki bentuk tubuh yang buruk ..... maka sari tanah itupun lenyap ..... ketika sari tanah lenyap ..... muncullah tumbuhan dari tanah (bhumipappatiko). Cara tumbuhnya seperti cendawan ..... Mereka menikmati, mendapatkan makanan, hidup dengan tumbuhan yang muncul dari tanah tersebut, dan hal ini berlangsung demikian dalam masa yang lama sekali ..... (seperti di atas). Sementara mereka bangga akan keindahan diri mereka, mereka menjadi sombong dan congkak, maka tumbuhan yang muncul dari tanah itu pun lenyap. Selanjutnya tumbuhan menjalar (badalata) muncul ..... warnanya seperti dadi susu atau mentega murni, manisnya seperti madu tawon murni ..... Mereka menikmati, mendapatkan makanan dan hidup dengan tumbuhan menjalar itu ..... maka tubuh mereka menjadi lebih padat; dan perbedaan bentuk tubuh mereka nampak lebih jelas; sebagian nampak indah dan sebagian nampak buruk. Dan karena keadaan ini, maka mereka yang memiliki bentuk tubuh indah memandang rendah mereka yang memiliki bentuk tubuh buruk ..... Sementara mereka bangga akan keindahan tubuh mereka sehingga menjadi sombong dan congkak, maka tumbuhan menjalar itu pun lenyap.

Kemudian, Vasettha, ketika tumbuhan menjalar lenyap ..... muncullah tumbuhan padi (sali) yang masak di alam terbuka, tanpa dedak dan sekam, harum, dengan bulir-bulir yang bersih. Pada sore hari mereka mengumpulkan dan membawanya untuk makan malam, pada keesokkan paginya padi itu telah tumbuh dan masak kembali. Bila pada pagi hari mereka mengumpulkan dan membawanya untuk makan siang, maka pada sore hari padi tersebut telah tumbuh dan masak kembali, demikian terus menerus padi itu muncul.

Vasettha, selanjutnya mahluk-mahluk itu menikmati padi (masak) dari alam terbuka, mendapatkan makanan dan hidup dengan tumbuhan padi tersebut, dan hal ini berlangsung demikian dalam masa yang lama sekali. Berdasarkan atas takaran yang mereka nikmati dan makan itu, maka tubuh mereka tumbuh lebih padat, dan perbedaan bentuk mereka nampak lebih jelas. Bagi wanita nampak jelas kewanitaannya (itthilinga) dan bagi laki-laki nampak jelas kelaki-lakiannya (purisalinga). Kemudian wanita sangat memperhatikan tentang keadaan laki-laki, dan laki-laki pun sangat memperhatikan keadaan wanita. Karena mereka saling memperhatikan keadaan diri satu sama lain terlalu banyak, maka timbullah nafsu indriya yang membakar tubuh mereka. Dan sebagai akibat adanya nafsu indriya tersebut, mereka melakukan hubungan kelamin.

Vasettha, ketika mahluk-mahluk lain melihat mereka melakukan hubungan kelamin .........


Catatan:

*
Sutta Pitaka, Digha Nikaya. Departemen Agama RI Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu dan Buddha. Proyek Pengadaan Kitab Suci Buddha, 1983, hal. 19 - 22. Kata-kata yang bergaris bawah adalah dari saya.
*
Abhassara adalah sebuah alam dari 31 alam kehidupan menurut agama Buddha.
Untuk ini lihat TABEL Alam-alam kehidupan di bagian akhir dari penulisan ini.
*
Kehidupan di alam Abhassara dapat dicapai oleh mereka yang melaksanakan meditasi ketenangan batin (samatha) hingga mencapai tingkat samadhi yang disebut Jhãna II. Bila orang yang telah mencapai tingkat Jhãna II ini meninggal dunia pada waktu ia berada dalam keadaan samadhi pada tingkat Jhãna II, maka ia otomatis akan terlahir kembali sebagai dewa brahma di alam Abhassara.

cronny

Kutip dari: h4ry pada Juni 03, 2009, 02:15:56 PM
mungkin yang dimaksud ank2 Allah adalah sekumpulan orang yang taat akan Tuhan dan takut akan-Nya,sedangkan anak manusia berarti yang blum mengenal Allah
Kalau gitu, sebelum adam dan hawa mungkin ada manusia2 lain dong? Manusia yg belum mengenal tuhan maksud nya.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Pi-One

Kutip dari: drexman pada Juni 03, 2009, 03:37:32 PM
Vasettha, terdapat suatu saat, cepat atau lambat, setelah suatu masa yang lama sekali, ketika dunia ini hancur. Dan ketika hal ini terjadi, umumnya mahluk-mahluk terlahir kembali di Abhassara (alam cahaya); di sana mereka hidup dari ciptaan batin (mano maya), diliputi kegiuran, memiliki tubuh yang bercahaya, melayang-layang di angkasa, hidup dalam kemegahan. Mereka hidup demikian dalam masa yang lama sekali.
Sutta di atas tidak membahas bahwa yang dimaksud adalah bumi bukan? Lihat saja kalimat awal, 'ketika dunia ini hancur'... Ini menceritakan masa dimana dunia (bukan hanya bumi) hancur, dan siklus berulang. Kurasa ini tidak merujuk pada 'manusia pertama di bumi', meski beberapa situs Buddhis menyebutnya demikian. Dan pemahamanku belum mendalam, aku gak bisa mengatakan sejauh mana kalimat yang digunakan merupakan perumpamaan. Tapi yang jelas sutta tersebut emmang tidak membahas mengenai 'manusia pertama di bumi', atau 'penciptaan manusia di bumi'.

Dan cukup deh, gak bagus juga OoT terus di thread orang :)

drexman

Kutip dari: Pi-One pada Juni 04, 2009, 11:33:27 AM
Sutta di atas tidak membahas bahwa yang dimaksud adalah bumi bukan? Lihat saja kalimat awal, 'ketika dunia ini hancur'... Ini menceritakan masa dimana dunia (bukan hanya bumi) hancur, dan siklus berulang. Kurasa ini tidak merujuk pada 'manusia pertama di bumi', meski beberapa situs Buddhis menyebutnya demikian. Dan pemahamanku belum mendalam, aku gak bisa mengatakan sejauh mana kalimat yang digunakan merupakan perumpamaan. Tapi yang jelas sutta tersebut emmang tidak membahas mengenai 'manusia pertama di bumi', atau 'penciptaan manusia di bumi'.

Dan cukup deh, gak bagus juga OoT terus di thread orang :)
kemaren ditanya sih..tapi lanjut aja deh topik ini.."sejarah keturunan adam (KRISTEN ONLY !!!)"