Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 03, 2021, 05:52:18 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 167
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tiga Nabi Manusia  (Dibaca 50896 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #15 pada: Desember 04, 2009, 11:49:46 PM »
nabi Adam lah yg mendasari semua konsep mengenai keTuhanan.

menurut saya, agama pada dasarnya dari nabi Adam, lalu di upgrade ke banyak nabi di tiap daerah dan zaman oleh Tuhan yang maha esa agar sesuai dengan kemampuan dan tingkat pemahaman intelegent dan kecerdasan manusia pada zaman nya masing-masing, seperti nabi Musa, lalu nabi Isa, lalu terakhir nabi Muhammad. selain di turunkan berbeda sesuai zaman dan daerahnya, upgrade yah pun dibuat oleh Tuhan, untuk memperbaiki isi dari kitab atau ajaranNya yg telah disimpangkan.
Lalu kenapa semua nabi yang anda sebut hanya nabi dari kaum Israel dan seorang dari arab? mana nabi dari kaum indian, China, jepang, Aborigin, Afgrika, atau ras lain? Tuhan gak ngirim nabi ke mereka?

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #16 pada: Desember 05, 2009, 02:55:15 AM »
ya ampun....

ngirim lg... coba aja baca kitab sucimu atau kitab suci dari nabi Musa, Isa dan Muhammad, dijelaskan bahwa selain mereka ada banyak ratusan atau mungkin ribuan nabi yang namanya tidak terkenal, dan diturunkan sesuai kondisi zaman dan lokasinya....

YA TERSERAAAAHHHH JADI AJA ATHEIS. KALO AKU SH BUAT JAGA-JAGA SIAPA SAPA TAU AJA NANTI AKU MATI YA MINIMAL ADA PEGANGAN LAH.... MINIMAL AMBIL SATU AGAMA LAH, KALO YG LEBIH BAGUS LAGI SH CARI AJA NDIRI MANA AGAMA YG SESUAI.
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #17 pada: Desember 05, 2009, 11:34:57 PM »
ya ampun....

ngirim lg... coba aja baca kitab sucimu atau kitab suci dari nabi Musa, Isa dan Muhammad, dijelaskan bahwa selain mereka ada banyak ratusan atau mungkin ribuan nabi yang namanya tidak terkenal, dan diturunkan sesuai kondisi zaman dan lokasinya....

YA TERSERAAAAHHHH JADI AJA ATHEIS. KALO AKU SH BUAT JAGA-JAGA SIAPA SAPA TAU AJA NANTI AKU MATI YA MINIMAL ADA PEGANGAN LAH.... MINIMAL AMBIL SATU AGAMA LAH, KALO YG LEBIH BAGUS LAGI SH CARI AJA NDIRI MANA AGAMA YG SESUAI.
Kitab suciku? Kitab suciku gak bicara soal nabi, aku bukan penganut agma samawi. Dan kenapa anda gak sebut nama nabi yang dikirim ke daerah selain arab atau israel dan gak terkenal tadi?

Dan anda beragama sekedar untuk cari aman?

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #18 pada: Desember 06, 2009, 02:25:03 AM »
nabi Adam lah yg mendasari semua konsep mengenai keTuhanan.

menurut saya, agama pada dasarnya dari nabi Adam, lalu di upgrade ke banyak nabi di tiap daerah dan zaman oleh Tuhan yang maha esa agar sesuai dengan kemampuan dan tingkat pemahaman intelegent dan kecerdasan manusia pada zaman nya masing-masing, seperti nabi Musa, lalu nabi Isa, lalu terakhir nabi Muhammad. selain di turunkan berbeda sesuai zaman dan daerahnya, upgrade yah pun dibuat oleh Tuhan, untuk memperbaiki isi dari kitab atau ajaranNya yg telah disimpangkan.
Lalu kenapa semua nabi yang anda sebut hanya nabi dari kaum Israel dan seorang dari arab? mana nabi dari kaum indian, China, jepang, Aborigin, Afgrika, atau ras lain? Tuhan gak ngirim nabi ke mereka?

Setiap bangsa dan setiap umat ada nabinya. Sampai pada nabi terakhir, semua berakhir.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #19 pada: Desember 06, 2009, 02:28:27 AM »
Setiap bangsa dan setiap umat ada nabinya. Sampai pada nabi terakhir, semua berakhir.
Makanya, bisakah anda sebut nabi dari kaum lain tadi? kenapa yang ada di kitab samawi cuma nabi untuk kaum mereka?

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #20 pada: Desember 06, 2009, 02:30:50 AM »
Setiap bangsa dan setiap umat ada nabinya. Sampai pada nabi terakhir, semua berakhir.
Makanya, bisakah anda sebut nabi dari kaum lain tadi? kenapa yang ada di kitab samawi cuma nabi untuk kaum mereka?

Di Quran dikatakan "...bahwa setiap bangsa ada nabinya, ada nabi yang AKU ceritakan kepada mu (Muhammad) ada yang tidak...". Nabi jumlahnya ribuan, tapi yang namanya disebut dalam Quran 25.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #21 pada: Desember 06, 2009, 02:32:42 AM »
Di Quran dikatakan "...bahwa setiap bangsa ada nabinya, ada nabi yang AKU ceritakan kepada mu (Muhammad) ada yang tidak...". Nabi jumlahnya ribuan, tapi yang namanya disebut dalam Quran 25.
jadi gak satu nabipun dari luar agama samawi yang pernah disebut? lalu bagaimana tahu klaim ini beanr atau tidak?

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #22 pada: Desember 06, 2009, 02:33:53 AM »
Di Quran dikatakan "...bahwa setiap bangsa ada nabinya, ada nabi yang AKU ceritakan kepada mu (Muhammad) ada yang tidak...". Nabi jumlahnya ribuan, tapi yang namanya disebut dalam Quran 25.
jadi gak satu nabipun dari luar agama samawi yang pernah disebut? lalu bagaimana tahu klaim ini beanr atau tidak?

Sebagian ulama islam menduga, Socrates itu nabi. Bahkan ada yg menganggap Budha itu nabi (bukan tuhan).

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #23 pada: Desember 06, 2009, 02:36:36 AM »
Sebagian ulama islam menduga, Socrates itu nabi. Bahkan ada yg menganggap Budha itu nabi (bukan tuhan).
Yang mereka ajarkan jelas berbeda dengan ajaran agama samawi. Begitu pula ajaran di kepercayaan Indian, China, jepang, dsb. Dan Buddha bukan nabi, beliau tak mengatakan ada sosok yang memberi wahyu padanya. Dhamma bukan sesuatu yang diwahyukan, tapi ditemukan sendiri.

*Dan Buddha memang bukan Tuhan ataupun dewa. Juga bukan sosok yang disembah.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #24 pada: Desember 06, 2009, 02:38:13 AM »
Sebagian ulama islam menduga, Socrates itu nabi. Bahkan ada yg menganggap Budha itu nabi (bukan tuhan).
Yang mereka ajarkan jelas berbeda dengan ajaran agama samawi. Begitu pula ajaran di kepercayaan Indian, China, jepang, dsb. Dan Buddha bukan nabi, beliau tak mengatakan ada sosok yang memberi wahyu padanya. Dhamma bukan sesuatu yang diwahyukan, tapi ditemukan sendiri.

*Dan Buddha memang bukan Tuhan ataupun dewa. Juga bukan sosok yang disembah.

Ya tentu terlepas benar atau salah, itu cuma dugaan. Bagi saya, yang mengajarkan tentang adanya Tuhan, mengajarkan tertib sosial, (tentu sesuai keyakinan saya, yaitu sebelum Muhammad) adalah nabi.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #25 pada: Desember 06, 2009, 05:46:30 AM »
Ya tentu terlepas benar atau salah, itu cuma dugaan. Bagi saya, yang mengajarkan tentang adanya Tuhan, mengajarkan tertib sosial, (tentu sesuai keyakinan saya, yaitu sebelum Muhammad) adalah nabi.
Aku tak menemukan bagian ajaran dimana Sang Buddha mengakui adanya pribadi yang bisa disebut Tuhan...

Offline goblokpol

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 50
  • IQ: -5
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #26 pada: Desember 06, 2009, 12:43:45 PM »
@p-one  kalo begitu Tuhan dalam Budha siapa...?

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #27 pada: Desember 06, 2009, 04:25:17 PM »
Ya tentu terlepas benar atau salah, itu cuma dugaan. Bagi saya, yang mengajarkan tentang adanya Tuhan, mengajarkan tertib sosial, (tentu sesuai keyakinan saya, yaitu sebelum Muhammad) adalah nabi.
Aku tak menemukan bagian ajaran dimana Sang Buddha mengakui adanya pribadi yang bisa disebut Tuhan...

Saya sependapat. Hanya mungkin umatnya yang menganggap diri Sidharta Gautama (Buddha) adalah "tuhan". Buddhanya sendiri tidak pernah menyatakan itu. Oleh karenanya ada sebagian orang islam menganggap, mungkin Buddha juga nabi.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #28 pada: Desember 06, 2009, 11:24:57 PM »
Buddhisme tidak mengenal konsep Tuhan personal, jadi jika anda tanya 'siapa', kurasa tak ada jawabannya.

Dan Buddhisme bukan agama menyembah. Buddhisme bukan agama yang mengajarkan mencapai tujuan dengan memohon pada kekuatan luar. Bagi umat Budha, Buddha adalah sosok guru, teladan, sosok yang dihormati dan ingin disamai.

*Aku gak bisa membayangkan gimana reaksikaum muslim atau pemuka agamanya jika mendengar ada seseorang yang ingin menyamai Tuhan...

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Tiga Nabi Manusia
« Jawab #29 pada: Desember 07, 2009, 11:29:42 AM »
Pi-One
Jelasin konsepnya tuhan personal dong..
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
7021 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2011, 02:30:33 PM
oleh reborn
10 Jawaban
19238 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 23, 2010, 01:17:48 PM
oleh Astrawinata G
2 Jawaban
23909 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2010, 11:57:35 PM
oleh adisae
39 Jawaban
22894 Dilihat
Tulisan terakhir November 21, 2013, 01:49:20 AM
oleh sayang
0 Jawaban
3020 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2014, 01:50:47 AM
oleh Saefudin