Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 07, 2021, 09:23:16 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 54
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Engineer's Week: Rangkaian Acara 29 /10 s.d 8/11 2008  (Dibaca 3601 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline skuler

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Engineer's Week: Rangkaian Acara 29 /10 s.d 8/11 2008
« pada: Oktober 10, 2008, 09:11:52 PM »
dapet dari forum sebelah...moga bmanfaat.. (majari.com)

-Infokom Himatek-

Engineer’s week terdiri dari The Sixth International Symposium on Southeast Asian Water Environment (SAWE), Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo (STKSR), Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional ke-10 (LRPTN X), dan Chemical Engineering Expo (ChE Expo). Sebagai penutup dari rangkaian acara juga akan diadakan Alumni Gathering (AG) yang merupakan pertemuan bagi para alumni ITB yang bergerak di bidang industri.

1. The Sixth International Symposium on Southeast Asian Water Environment (SAWE)

Simposium ini diadakan untuk memfasilitasi forum diskusi dan pertukaran informasi antara praktisi dan peneliti dalam bidang Teknologi dan Manajemen Lingkungan yang berdomisili di kawasan Asia serta untuk memudahkan interaksi antara para peneliti se-Asia Pasifik, Jepang, dan negara-negara lainnya. Besar harapan kami, melalui simposium ini, dapat terbentuk jaringan yang kuat antara praktisi lokal dan para kolega kita dari negara lain sehingga semua elemen yang terkait dapat belajar satu sama lain dan mendapat pengetahuan untuk menjaga lingkungan di wilayahnya masing-masing.

Para ahli dan praktisi diundang untuk berpartisipasi dalam simposium dengan berkontribusi mengirimkan karya ilmiahnya pada simposium dan mengkomunikasikan kegiatan ini kepada pihak-pihak yang sekiranya kompeten dan berminat dalam bidang ini.

The Sixth International Symposium on Southeast Asian Water Environment akan diselenggarakan pada:

Hari         Rabu – Jumat
Tanggal    29 – 31 Oktober 2008
Tempat    Hotel Jayakarta, Jl. Ir. H. Juanda 381 – Bandung

Dengan keynote speaker:

1. Ir. Rachmat Witoelar (Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia)
2. Prof. S. Ohgaki (University of Tokyo, Japan)
3. Prof. Chongrak Polpraset (Asian Institute of Technology, Thailand)

2. Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo 2008 (STKSR 2008)

Kami menamai seminar tahunan ini dengan Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo untuk mengenang jasa Prof. Soehadi Reksowardojo dalam pendidikan tinggi teknik kimia di Indonesia. Seminar ini merupakan kegiatan tahunan Program Studi Teknik Kimia ITB dengan tema yang disesuaikan dengan masalah aktual pada masing-masing waktu.

Meski sudah menjadi kebutuhan yang mendesak, namun pertemuan ilmiah yang mengangkat tema sekitar Safety, Health dan Environment (SHE) relatif masih terbatas di Indonesia. Karena itu, melalui kegiatan pertemuan ilmiah Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo (STKSR) 2008, kami mengundang khalayak teknik kimia dan disiplin lain yang terkait, untuk bertukar pikiran dan pengalaman dalam forum seminar yang mengusung tema “Peran Insinyur Kimia dalam Pencegahan Kecelakaan Industri dan Pencemaran Lingkungan” ini. Seminar ini diharapkan mampu menjadi suatu wahana berkomunikasi dan saling tukar informasi untuk membangun solusi dan menggagas inovasi berbasis ilmu dan teknologi, serta membuka peluang kerjasama yang saling menguntungkan.
STKSR 2008 akan diselenggarakan pada :

Hari         Senin dan Selasa
Tanggal    3 - 4 November 2008
Tempat    Aula Barat and Campus Center Building, Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha No. 10 Bandung

Dengan keynote speaker:

1. Prof. K. Fujie (Yokohama National University, Japan)
   “Enviromental Risk Assasement”
2. Prof. J.C. Liu (National Taiwan University of Technology)
   ” Waste Water Treatment in Industries”
3. Prof. Dr. ing Ulrich Hautmanns (Magdeburg University, Jerman)
   “Reliability Analysis”
4. Ir. Lutfi Fachda M.Sc (Pertamina)
   ” Manajemen Resiko pada Industri Migas : Studi Kasus di Pertamina”
5. Ir. Utun Sutrisna (Ketua AMC//CMA, Cilegon)
   ” EHS Process Integration into Emergency Management System”

3. Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) X

Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) merupakan sebuah kompetisi Rancang Pabrik untuk mahasiswa Teknik Kimia seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB dengan dukungan dari Badan Koordinasi Kerjasama Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia (BKKMTKI).

Dari tahun 1996, HIMATEK ITB telah sembilan kali mengadakan LRPTN dengan sukses. Tiap penyelenggaraannya, LRPTN mengangkat tema-tema yang berkaitan dengan isu-isu aktual dalam dunia industri sehingga LRPTN diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan industri nasional. LRPTN merupakan satu-satunya lomba rancang pabrik di Indonesia yang memperoleh dukungan dan diikuti oleh berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. LRPTN X yang bertajuk RIsources (Engineering Our Own) mengusung tema “Pemenuhan Kebutuhan Bangsa Melalui Optimalisasi Potensi Sumber Daya Alam Nasional”. Lingkup permasalahan yang diangkat terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

1. Kategori A: Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nasional Untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan dan Bahan Kimia Antara
2. Kategori B: Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nasional Untuk Memenuhi Kebutuhan Bahan Bakar Industri dan Transportasi
3. Kategori C: Problem Solving

Deskripsi Kegiatan:
Dalam rangka Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional X 2008, dilaksanakan serangkaian acara, yaitu :

1. Road Show Universitas
Road show diadakan mulai tanggal Mei – Juli 2008 bertempat di tujuh lokasi, yaitu: PT. Rekayasa Industri (Jakarta), Institut Teknologi Bandung (Bandung), Universitas Sumatra Utara (Medan), Universitas Sriwijaya (Palembang), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Sepuluh November (Surabaya).
2. Gala Dinner
Gala Dinner merupakan pembukaan dari rangkaian acara LRPTN X. Acara ini berupa acara makan malam dan ramah tamah dalam rangka penyambutan para finalis LRPTN yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Gala Dinner akan diadakan pada malam sebelum presentasi para finalis dan dihadiri oleh para finalis, mahasiswa teknik kimia, program studi Teknik Kimia ITB, organisasi kemahasiswaan dan para undangan.
3. Presentasi Finalis
Presentasi finalis merupakan acara utama dalam rangkaian acara LRPTN X ini. Acara akan dilakukan selama dua hari untuk presentasi 9 kelompok finalis dari tiga kategori yang dilombakan.

Para peserta akan mempresentasikan hasil karya mereka selama 45 menit untuk kemudian diberikan penilaian oleh tim juri. Presentasi ini akan diselingi oleh keynote speech dengan tema yang sesuai dengan LRPTN. Selain itu, presentasi finalis ini dibuka untuk umum dan dapat disaksikan oleh siapa saja. Target utama penonton presentasi ini adalah dari kalangan teknik kimia, baik dari pihak akademisi, pembuat kebijakan, maupun industri.

Keynote Speaker untuk acara presentasi ini adalah

1. Ir. Djatnika S. Puradarna (Direktur PT. Medco Methanol Bunyu)
2. Ir. Hartono Atmadja (Managing Director PT. Garuda Food)

4. Chemical Engineering Expo

Chemical Engineering Expo adalah suatu expo yang menampilkan karya-karya, produk, inovasi, dan perkembangan teknologi dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Perusahaan sponsor Engineers’ Week. ChE Expo dilaksanakan pada tanggal 6-7 November 2008. ChE-Expo merupakan tempat pertemuan yang tepat untuk:

1. Sarana komparasi dan diskusi antara pelaku-pelaku usaha industri kimia.
2. Sarana bagi para investor dari kalangan perorangan/instansi terutama perbankan untuk mencari calon konsumen potensial untuk produk kredit perusahaannya serta sarana mencari investor yang potensial bagi para UKM dan perusahaan yang menjadi peserta ChE Expo.
3. Sarana bagi para akademisi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap perkembangan industri kimia di Indonesia.
4. Sarana untuk mengiklankan kepada masyarakat umum dan perusahaan lain yang menjadi mitra mengenai produk-produk suatu perusahaan/UKM.

Selain terdiri atas expo, ChE Expo juga menyuguhkan content acara lain sebagai berikut:

1. Presentasi Company Profile
Acara ini merupakan bagian dari CHE-Expo. Beberapa industri peserta pameran (sesuai ketentuan sponsorship) berkesempatan untuk mempresentasikan perusahaannya. Presentasi company profile akan menjadi sarana yang tepat untuk komunikasi antara pihak industri dan kalangan umum.
2. Pengumpulan lukisan cap tangan
Acara ini merupakan wahana untuk memecahkan rekor MURI dengan mengumpulkan cap tangan manusia membentuk suatu lukisan dengan partisipan mencapai 10.000 orang yang berasal dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Pengumpulan cap tangan dilakukan sebelum hari-H LRPTN dan merupakan wujud kampanye untuk mengumpulkan dukungan masyarakat terhadap pemanfaatan sumber daya lokal yang menjadi tema LRPTN X kali ini.
3. Panggung Hiburan
Acara ini merupakan penutupan dari keseluruhan rangkaian acara LRPTN X dan Engineers’ Week. Penyerahan hadiah utama kepada pemenang LRPTN akan diserahkan pada acara ini. Panggung hiburan akan diisi dengan acara-acara kesenian dan ditutup oleh penampilan bintang tamu.

5. Alumni Gathering
« Edit Terakhir: Oktober 10, 2008, 09:21:03 PM oleh skuler »
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
4247 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2009, 05:51:58 PM
oleh erik hardianto
1 Jawaban
3615 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 15, 2011, 07:06:21 PM
oleh skuler
0 Jawaban
2710 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 03, 2012, 08:57:19 AM
oleh skuler
0 Jawaban
3536 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 07, 2012, 02:15:20 AM
oleh Melnick
4 Jawaban
5562 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2012, 12:08:04 AM
oleh Melnick