Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

November 26, 2022, 10:05:03 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,847
  • Latest: Fordemah
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Olimpiade Sains Nasional Untuk Perguruan Tinggi 2008

Dimulai oleh korewa, September 20, 2008, 11:39:55 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

korewa

PT. PERTAMINA BEKERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS INDONESIA AKAN
MENYELENGGARAKAN OLIMPIADE SAINS PERGURUAN TINGGI seluruh INDONESIA
(OSN-PTI 2008)

Dengan Tema "Mempersiapkan Generasi Indonesia Berprestasi"

OSNPTI-2008 adalah sebuah ajang kompetisi sains tingkat nasional
yang dikhususkan bagi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di
seluruh wilayah Indonesia. Kompetisi ini diharapkan dapat menghasilkan
kandidat yang potensial untuk selanjutnya dibina dan diajukan dalam
ajang olimpiade tingkat internasional. Kompetisi ini memperebutkan
total hadiah beasiswa sebesar 135 juta rupiah. Putaran kompetisi
dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tingkat daerah dan tingkat pusat.


Hadiah dan Penghargaan

1. Piagam Penghargaan
2. Beasiswa (total sebesar 135 juta rupiah)

Pendaftaran dan seleksi
1. Pendaftaran : 1
September – 31 Oktober 2008
2. Seleksi Peserta Tingkat Daerah : 3 Nopember 2008
3. Seleksi Peserta Tingkat Pusat & Final : 5-9 Desember 2008

Persyaratan Peserta

1. Mahasiswa PTN dan PTS seluruh Indonesia yang masih aktif
kuliah dibuktikan dengan kartu mahasiswa dan surat pengantar dari
Ketua Jurusan/Dekan/Rektor.
2. Setiap Perguruan Tinggi dapat mengirimkan peserta maksimal 3
mahasiswa per bidang lomba.
3. Kompetisi ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang pernah
mengikuti lomba olimpiade tingkat mahasiswa internasional.

Fasilitas

1. Seleksi Peserta untuk tingkat daerah akan dilaksanakan di
setiap Propinsi.
2. Bagi peserta yang memenangkan seleksi tingkat daerah akan
mendapat fasilitas akomodasi dan transportasi untuk mengikuti seleksi
tingkat pusat di Jakarta.

Workshop dan Seminar
Panitia menyelenggarakan seminar dan workshop bagi
peserta dan pendamping.

Informasi dan Pendaftaran
Gedung A FMIPA UI lt.2, Kampus UI Depok 16421
Telp. 7866837, 7863436, 7863437 Fax. 7866837, 7270012
Email:osn_pti@sci.ui.ac.id
Website:[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Contact Person : Erning (021) 95642468, 081317288313

--
Sekretariat
Olimpiade Sains Nasional
FMIPA Universitas Indonesia
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

violin

Thankz buat pengumumannya yawh,...

Btw,.bidang lomba yang dilombakan apa aja to??

Ini sama dengan olimpiade sains se jawa bali bukan??

ato yang se jawa bali itu seleksi daerah untuk Jawa dan Bali yawh,.??

Ato ini beda?

korewa

Belum ada kabar bidang apa saja yg dilombakan, apa bidangnya sama seperti OSN SMP dan SMA yg dimana bidang2 yg dilombakan seperti mat, fis, kimia, dan bio dsb dsb...

sepertinya ini sudah lingkup nasional, tidak hanya se jawa bali.

:kribo:

berminat?

violin

Sangat berminat,...

Hari ini aku udah dapet formulir pendaftarannya kok,..

Tapi nggak tau bisa ikut nggak,..

Soalnya waktunya hampir bersamaan ma yang se jawa bali.

korewa

Kutip dari: violin pada September 24, 2008, 03:41:56 PM
Sangat berminat,...

Hari ini aku udah dapet formulir pendaftarannya kok,..

Tapi nggak tau bisa ikut nggak,..

Soalnya waktunya hampir bersamaan ma yang se jawa bali.

maksud anda yg se jawa bali itu apa?
apa ada lomba lagi diluar OSN PT yg lingkup nya se jawa bali?
kalo ada bagi2 info disini dunk
anda kul dmn?jurusan apa?semester brp?

violin

Olimpiade Matematika, Fisika & Kimia Mahasiswa se Jawa – Bali akan diadakan oleh Dinas

Pendidikan Provinsi DIY pada tanggal 25 – 26 Oktober 2008.

Informasi lengkap dapat menghubungi Panitia Lomba,  Bidang Pendidikan Lt.2 Dinas Pendidikan Provinsi DIY, Jl. Cendana No. 9 Yogyakarta.

Telp. (0274) 513 491 Fax. (0274) 513132. E-mail: banguntapan@yahoo.com

Maaf tidak ada websitenya. kak korewa pengen ikutan??

Aku anak matematika semester 3. Kak korewa sendiri??

korewa

sebenernya saya pingin ikutan, tapi kalau dipikir2 lagi, saya juga masih ada tanggungan, hehe..
dan saya berpikir OSN PT ini akan didominasi oleh anak2 MIPA, karena tentunya dan HARUSNYA, mereka punya background yg kuat.
saya kan masuk teknik sipil hehe, ngurus2 in olimpiade dsb akan menyita waktu kuliah.
kuliah dimana?saya jg semester 3.
oleh sebab itu jgn panggil kak, saya belum tua2 amet.
hehehe....... :kribo:
kamu aktif juga di forsa?

violin

#7
Iya,..maaf ya korewa.  ;D

Seneng aja maen di forum sains,..

Itung itung hiburan kalo paz lagi capek kuliah,..

Korewa kuliah dimana,..?

Teknik sipil ya?? Sebenernya ada kesempatan buat ikutan lho,..

Khan belum tentu juga semua yang ikut anak MIPA to??

Lagian ada juga pengalaman dari non MIPA bisa ngalahin yang MIPA.

Tp Bener kata korewa,.meyita waktu,tenaga n pikiran,...

Aku pribadi,..ikutan buat pengalaman aja kok,...

Fokusku tetep mempertahankan IP sebagai syarat beasiswa,..

Hehehehe ;D ;D ;D ;D

korewa

saya di UNTAR, tau kan?hjehehe
yah emank seperti kata anda, belum tentu MIPA pasti jago, ada juga anak2 non MIPA yg lebih bisa di luar dugaan...hehehe

korewa

Garis Besar silabus OSN-PTI 2008



Bidang Matematika :

1. Kombinatorial

2. Teori bilangan

3. Kalkulus

4. Matematika Diskrit

5. Riset operasional

6. Persamaan diferensial biasa



Bidang Fisika :

1. Mekanika klasik

2. Mekanika kuantum

3. Elektrodinamika

4. Termodinamika

5. Fisika modern



Bidang Kimia :

1. Kimia anorganik

2. Kimia fisik

3. Kimia organic

4. Biokimia

5. Kimia analisis

6. Komplek

7. Teori kimia

8. Metode instrumen penetapan struktur

violin

Olimpiade Sains yang Jawa Bali udah selesai,..

Tapi aku kalah ik,.. :'( :'(

pemenang yang matematika :

Juara 1 : UNAIR; 2: ITB; 3. UGM

izna

kalah atau menang itu udah biasa,..
yang penting kita udah berusaha semaksimal mungkin,..  :)

jangan sedih ya Violin, ^_^
pasti semua itu ada hikmahnya,..
mudah-mudahan di olimpiade sains berikutnya kmu pemenangnya :)

VioLin ~
tetap SmaNgattt...!!
^_^
DeNgan CiNta HiDup jaDi InDah, DeNgan iLmu HiDup jaDi MuDah, DeNgan iMan HiDup jaDi TerArah

violin

Iya,..makacih Izna,..

Lagian emang aku kemaren ikut cuma buat cari pengalaman,..

Aku khan baru 1 tahun kuliah jadi tahun depan bisa ikut lagi,...

Hehehehe

korewa

yang dari UNAIR itu temen saya...:D
nama nya Harun..:D

violin

Kalo aku nggak salah inget kayaknya dia agak,...
;) ;)

Temen deket ya,..??
Wah,..pasti korewa juga sepinter kayak Harun donk,...

Gimana hasil OSN PTI nya,..??
Udah pengumuman belum sich,...??