Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2020, 01:23:41 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139604
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 52
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 40
Total: 40

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Banyak penelitian yang dilakukan oleh Dinas kesehatan dari berbagai kota di Indonesia terhadap kualitas air minum dari Depot air minum isi ulang. Hasilnya adalah banyaknya ditemukan bakteri E colie dalam air minum tsb.

Benarkah demikian adanya ?

Saya jawab : Benar, walaupun tidak semua depot air minum isi ulang mengandung bakteri. Penyebab adanya bakteri E colie adalah :

1. Penggunaan Ultraviolet yang tidak sesuai antara kapasitas dan kecepatan air yang melewati penyinaran Ultraviolet tsb. Akibat air terlalu cepat, maka bakterinya tidak mati. Idealnya, untuk Depot air minum isi ulang kapasitas Ultraviolet minimal adalah Type 5 GPM atau daya lampu 30 Watt dan kecepatan air yang melewati UV tsb adalah 19 liter ( 1 Galon ) per 1 menit 15 detik. (Jangan lebih cepat dari itu).
2. Kurangnya kebersihan depot dan lingkungan sekitar
3. Karena keterbatasan modal,banyak yang membeli paket Depot yang berharga murah dengan peralatan dibawah Standar Minimum peralatan. Antara lain minimal menggunakan tabung berisi media pasir silika, karbon aktif , Ultraviolet minimal Type 5 GPM dan penyaringan Micro filter / filter sedimen berukuran mulai 10 mikron s/d 01 micron.
4. Kurangnya kesadaran pemilik Depot untuk memeriksakan Depotnya 3 bulan sekali ke Dinas kesehatan setempat.

Dinas Kesehatan setempat sebaiknya proaktif memeriksa Depot air minum di Wilayah kerjanya masing masing ( Sorry, bukan mendikte lho...) agar kualitas Depot air minum tetap terjaga dan secara tidak langsung justru memperbaiki citra depot air minum isi ulang tsb yang sudah terlanjur negatif.

Semoga menjadi ilmu pengetahuan yang berharga bagi yang sudah memiliki Depot dan bagi yang akan memulai usaha ini, agar jangan membeli peralatan dibawah standar minimum seperti yang saya sebutkan di atas.
Share on Facebook!Share on Twitter!Reddit

Articles dalam « Kesehatan »

Tanggapan: * 24

  1) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by peregrin pada September 18, 2008, 03:18:05 PM

Kontaminasi E. coli ini biasanya merupakan tanda kontaminasi feses manusia pada sumber air minum tsb.

Penyinaran UV merupakan cara desinfeksi yang aman dibandingkan dengan klorinasi yg menghasilkan residu klorin yang toksik. Sinar UV akan merusak DNA dari bakteri tsb. Tapi, strain tertentu dari bakteri E. coli bisa mengalami photoreactivation. Artinya, DNA yg semula rusak dapat mengalami mekanisme perbaikan ketika disinari visible light, sehingga bakteri menjadi aktif kembali. Cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan dosis UV minimal 2-3 kali dosis biasa.

Sepertinya di Indonesia perlu diteliti nih, strain2 E. coli apa yg biasa mencemari sumber air minum dan berapa dosis sinar UV yang diperlukan agar desinfeksi benar2 efektif.
  2) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by milmi pada September 19, 2008, 01:25:51 PM

Mas yusuf, membetulkan sedikit. Nama bakterinya tolong disesuaikan dengan yang benar: bukan E. colie, tapi E. coli.
Penelitian tentang kontaminasi bakteri pada air mineral isi ulang sudah pernah dilakukan oleh salah satu rekan saya, dan memang positif ada, walaupun saya lupa apa saja spesiesnya. Penyebabnya terlalu banyak untuk dituliskan, namun dapat disingkat bahwa penanganan air mineral tsb kurang aseptis. Namun harap juga diingat, tubuh memiliki sistem pertahanan yang dapat menghalau bakteri-bakteri patogen yang masuk, sehingga jangan begitu khawatir mengkonsumsi air tersebut. Lagi pula, tubuh kan butuh latihan juga agar sistem pertahanannya dapat berkembang, jadi jangan hidup terlalu steril.
3) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by kifly_bioma pada September 21, 2008, 06:20:42 AM

ada tidaknya kontaminasi oleh bakteri pada air minum sebenarnya tergantung tempat pengambilan air yang dilakukan depot air minum tersebut misalnya depot air minum yang sumber airnya dari air pam dan air sumur yang galiannya dekat dengan septi tank jumlah kuantitas bakterinya akan jauh sangat berbeda, jadi saran saya sebelum membeli air minum terlebih dahulu mengecek sumber air-nya. adapun parameternya adalah Escherichia coli, Clostridium, Salmonella, Shigella, dan jenis bakteri coliform (ink. 37) dan colitinja (ink. 44).
  4) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by man2tu pada Oktober 16, 2008, 08:58:58 AM

menurut saya, masalah sebenarnya terletak pada sumber air yang akan diolah menjadi air minum. setelah saya mengamati beberapa depot air minum di tempat tinggal saya, memang ada depot yang bahkan mengambil air untuk diolah dari got. sehingga pengolahan yang dilakukan seadanya tidak membunuh semua bakteri yang ada, bahkan menyisakan bakter-bakteri berbahaya.
  5) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by pathway pada Oktober 20, 2008, 04:05:44 PM

Teknologi yang digunakan di Arab dan Israel. dlam mengambil air laut sebagai sumber air minum ternyata juga bisa menghasilkan air minum dengan kualitas yang superb. Apalagi Singapore juga mampu membuat sebuah teknologi pada instansi pengelola air minumnya dengan baik walaupun input airnya adalah golongan Greywater (atau air dengan sifat limbah ringan). Nah ternyata ketiga negara tersebut sejak lama telah menggunakan teknologi reverse osmosis. yang melewatkan air dalam sebuah proses filtrasi hingga secara fisik mampu menyaring hingga ukuran molekul H2O murni. hebatnya proses lanjutan yang dinamakan Reverse osmosis tersebut mampu menjaga elektrolit yang dibutuhkan tetap intake, dan mampu menghilangkan unsur logam berat serta secara langsung juga menyaring bakteri coliform (Entamoeba Coli serta varian patogen nya). Semoga PDAm kita cepat menggunakan instalasi tersebut. Menyusul bahwa ternyata ada indikasi kualitas air minum dalam kemasan pun semakin merosot. Demikian terimakasih. Jadi menurut Saya memang info angka bakteri coliform memang tinggi di Indonesia. semoga cepat dibenahi.
  6) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by Qms pada Oktober 21, 2008, 04:46:35 AM

Hari ini saya posting surat pembaca di internet tentang langkanya Air Mineral galon di pasaran.
Semula mau beralih ke air minum isi ulang. Ternyata udah ada artikel ini (walaupun masih belom ada kesimpulanya :( )

Yang jadi bahasan selanjutnya, gimana kita sebagai konsumen dapat mengetahui kalo produk air isi ulang tsb aman untuk dikonsumsi??

Thanks for All
  7) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by pathway pada Oktober 25, 2008, 04:18:54 PM

Untuk mengetahu air aman atau tidak untuk di konsumsi jelas aharus melalui pengujian loboratorium. itu pak susahnya. jadi mungkin lebih aman pula jika belia instalasi homescale untuk air minum pak.. lalu kita ujikan jika baik kita pake aja produk sendiri.
  8) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by warni pada Oktober 31, 2008, 06:05:51 AM

sekarang saya tinggal di Bandung untuk meneruskan study. saya tinggal di kost2an yang minumnya pake air minum isi ulang, sudah satu tahun lebih saya mengkonsumsinya. suatu waktu saya pernah buang air besar yang disertai keluar darah segar seperti buang air kecil (maaf bukan berarti jorok). hal itu pernah terjadi berulang kali, tetapi hilang sendiri. jadi saya berpikir, apakah itu penyebab air minum isi ulang yang tidak steril??.. saya belum tahu, karena sebelum mengkonsumsi air minum tersebut saya dalam kondisi baik2 saja. mungkin kita perlu mencari gangguan apa yang diakibatkan oleh bakteri2 tersebut. apakah salah satunya yang saya ceritakan tersebut?!
  9) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by ajhoaphoe pada November 13, 2008, 01:46:54 PM

air minum isi ulang mengandung E. Coli?
mungkin colomya dah jenuh. makanya silikia dan karbon aktifnya gak bisa lagi menyerap E. Coli.
10) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by BONITI pada Desember 12, 2008, 09:59:18 AM

Untuk membantu masyarakat kita agar mengetahui sehat tidaknya air yang dikonsumsi. Ciptakan aja alat yang dapat menguji secara instan seperti test pack kehamilan.
  11) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by bella pada Januari 15, 2009, 02:34:53 AM

Menurut saya fakta galon isi ulang air mineral tidak d bersihkan d daerah2 d sekitar kta dan mengandung E.coli agar mengetahui bersih atau tidaknya air galon itu, pemerintah haruz membawa air(semua merek) itu ke lab.
  12) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by aksama pada Januari 30, 2009, 07:41:49 AM

air minum isi ulang tersebut tidak higienis, meskipun sudah di ozonasi tetapi kadang masih terdapat akteri-bakteri di air tersebut. selain itu, kadang airnya berbau, seperti yang kita tahu syarat air yang sehat adalah jernih, tidak terdapat organisme yang berbahaya, tidak berbau, dll. kadang pemerintah kurang tanggap terhadap hal tersebut, terutama kesehatan masyarakat. sebenarnya tiap-tiap kios penjual air isi ulang memiliki surat kesehatan dari Dinas kesehatan daerah tersebut. jadi lebih baik kita hati-hati, karena kita tahu kesehatan itu mahal,,so saran saya pemerintah melakukan sosialisasi lebih tentang pola hidup sehat!
13) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by rinaldo pada Maret 17, 2009, 03:04:15 AM

mengingat fakta yang ditemui sebagai masyarakat pengguna air minum isi ulang, kami mendapat data bahwa banyak depot yang hanya memiliki tabung penyaringan (filter) saja yang diperlihatkan kepada konsumen tetapi ozonisasi dan penyinaran ultraviolet masih tidak transparan. malahan ada depot yang tidak melakukan sterilisasi tabung isi ulang.
Kami sangat mengharapkan adanya kebijakan dari pemerintah untuk melakukan penertiban terhadap depot air minum yang nakal dan dimana kami dapat informasi lembaga yang dapat membantu pemecahan dan memberikan solusi baik itu untuk konsumen maupun sebagai masyarakat peduli hidup sehat
  14) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by bioo789 pada Maret 19, 2009, 07:57:40 PM

sekali wkt saya pernah membeli air minum isi ulang dan kebiasaan sy suka memisahkan 1 botol ukrn 1000 ml untuk cadangan jangan sampai kehabisan air wkt tengah malam ... dan setelah 1 minggu alangkah kagetnya saya melihat adanya bintik-bintik yg bergerak di dalam botol yg ternyata adalah kutu air !.     mungkin saja ada yg bisa menciptakan suatu alat yg permanen yg bisa mendeteksi kebersihan air dan harus di miliki setiap depot, itung-itung seperti izin halal aja n tanpa memiliki alat itu depot itu tidak dapat menjual air minumnya kepada konsumen ! karena biarpun daya tahan tubuh kita baik tetapi kalau tiap hari minum air tidak steril setiap hari .. bisa kebayang gak seperti apa ?
  15) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by aq bagaskara pada April 15, 2009, 01:47:26 PM

ya..pada hal depotnya sdh ada sertifikasi dari depkes, ada operasi pasar,tdk? gawat nih ... nanti anak2X indonesia tdk sehat
16) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by anestesia pada April 18, 2009, 04:08:49 AM

mungkin bener, kali, ya. dulu waktu papaku makai air minum isi ulang, papaku yang gampang alergi langsung flu berat. gak tau juga sih ada hubungannya apa enggak. tapi sejak saat itu aku gak bolehin papa gunain "itu" lagi. takut... eh, memangnya gak ada pengawasan BPOM ya? kan gak bisa langsung buka toko gitu aja...
  17) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by care pada April 26, 2009, 05:54:58 AM

kalo menurut saya sih lebih baik yg langsung dr sumbernya, yg punya hak paten n sudah terpercaya, kalo yg isi ulang gitu kan, org awam yg kerja, tanpa peralatan yg benar2 steril gt, jd yah jgn cm krn murah, tp yg sehat, bersih itu lebih baik ;-)
18) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by alf pada Mei 04, 2009, 07:49:18 AM

jika memang ada depot isi ulang yang airnya mengandung e coli, maka bagaimana caranya membedakan air yang benar-benar bersih
dengan yang mengandung e coli???
  19) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by indoforever pada Mei 06, 2009, 09:47:23 AM

Untuk memeriksa kadar air minum isi ulang apakah mengandung e coli atau tidak, kebetulan kami punya alatnya namanya ELECTROLISA yang berguna untuk memeriksa kadar steril kandungan air minum, baik itu air minum dalam kemasan yang punya merk maupun air minum isi ulang. Dan bandingkan dengan air produk yang kami miliki.
20) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by m_yusuf1708 pada Juni 21, 2009, 05:59:10 AM

Alhamdulillah, tulisan saya di Forum ini mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat luas, khususnya pengunjung Forum Sains ini. Ini adalah wujud kepedulian masyarakat akan pentingnya air minum yang sehat dan berkualitas. Harapan saya, semoga semakin banyak pemilik depot air minum isi ulang yang semakin sadar akan pentingnya standar peralatan minimum dan perawatan rutin yang harus dilakukan demi menjaga kualitas air minum hasil produksinya.

Upaya untuk mensosialisasikan tehnik perawatan peralatan depot air minum sangat banyak saya tulis dalam website saya dan alhamdulillah cukup membantu para pemilik depot.

Harapan saya, semoga pihak Dinas Kesehatan juga semakin meningkatkan pembinaan dan pengawasan demi terciptanya usaha air minum yang sehat dan berkualitas dengan harga terjangkau.

Untuk mas yang diatas, maaf meralat, elektrolisa bukanlah alat untuk mengetahui kandungan e coli dalam air, melainkan hanya alat untuk memisahkan kandungan besi, alumunium dan mineral lainnya dari dalam air sehingga terapung ke permukaan.
  21) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by diditR2K pada Juni 28, 2009, 11:37:50 PM

menurut sy lebih baik kita membeli air minum dari merk yg dipercaya, karena air minum isi ulang kita tidak tahu kualitas dari peralatan yg dipakai oleh depot isi ulang, memang keliatannya air difilter dan  dilewatkan sinar UV, tapi apakah filter yg dipakai masih layak pakai atau kekuatan lampu UV masih memenuhi syarat, kita tidak tahu itu..Memang air minum bermerk sedikit lebih mahal, tapi itu semua buat kesehatan, jadi mengapa tidak... Untuk mengetahui cara memilih air minum kemasan baca aja di http://seputarobat.blogspot.com
  22) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by johansen pada November 28, 2009, 06:45:45 AM

seram juga yah...
  23) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by mrmanggo pada April 09, 2010, 12:42:08 AM

Untuk membaca seputar air seperti air minum bebas bakteri, mengatasi air kuning secara permanen dll bisa kungjungi blog nya di http://www.hydro.co.id
24) Re: Air minum isi ulang mengandung Bakteri. Fakta atau Fitnah ?
Comment by viant pada Desember 07, 2010, 01:37:37 PM

untuk lebih amannya, lebih baik mengkonsumsi air minum isi ulang yang sudah diproses sesuai standar pengolahan.
mungkin akan memiliki harga yang lebih mahal tapi kesehatan kita jauh lebih panting..
Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.