Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 28, 2020, 01:36:57 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139606
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 43
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Banyak yang tidak masuk akal seputar cerita tentang dentuman atau ledakan sonik. Columbia Encyclopedia edisi ke-5 (1993) mengatakan, “Sebuah benda seperti pesawat terbang, misalnya, menghasilkan bunyi. Ketika bunyi benda itu mencapai atau melebihi kecepatan bunyi, benda tersebut berhasil menyusul kebisingannya sendiri.”

Di pihak lain, banyak orang percaya ada sesuatu hal yang disebut “perintang bunyi” atau sound barrier, juga bahwa ketika pesawat terbang melewatinya ia mengeluarkan dentuman keras, seolah-olah ia menabrak dinding kaca yang tidak kelihatan. Itu juga salah. Semua orang pasti tergiring ke pemikiran seperti itu akibat penggunaan istilah “perintang” atau barrier. Istilah ini tidak pernah dimaksudkan untuk menyiratkan perintang fisik di angkasa sana, tetapi hanya bahwa kecepatan bunyi menghadirkan rintangan terhadap pengembangan pesawat terbang lebh cepat. Yang dimaksud sound barrier adalah perintang dalam konteks perancangan aeronotika, bukan perintang fisik. Bagaimanapun, ketika pesawat “memintas” sound barrier, jelas ada sejumlah tegangan fisik yang dialami pesawat akibat gelombang kejut (shockwave).

Perintang sesungguhnya terhadap penerbangan supersonik ditimbulkan oleh kecepatan bunyi sendiri. (Dan tentu saja supersonik artinya lebih cepat daripada kecepatan bunyi; sedangkan ultrasonic merujuk ke bunyi dengan frekuensi lebih tinggi daripada yang dapat didengar manusia.) Sesungguhnyalah banyak hal unik terjadi ketika benda mendekati kecepatan bunyi di udara.

Pesawat terbang menembus udara dengan kecepatan beberapa ratus km/jam. Kecepatan cukup rendah ini memungkinkan molekul-molekul udara tetap santai ketika harus menyibak memberi jalan; situasinya kurang lebih seperti ketika seseorang berjalan pelan-pelan menyibak kerumunan orang. Akan tetapi ketika kecepatan pesawat menjadi sebanding dengan kecepatan molekul-molekul, molekul-molekul tersebut tidak sempat menghindar; mereka bertumpuk di tepi-tepi depan pesawat dan terdorong bersamanya. Penumpukan udara bertekanan secara cepat ini menghasilkan “kejutan udara” atau gelombang kejut, yang berwujud dentuman keras. Gelombang bunyi tersebut memancar ke segala arah dan dapat terdengar sebaga sebuah ledakan oleh orang-orang dibawah sana.

Apa kaitan semua tadi dengan kecepatan bunyi? Baiklah, bunyi tidak lain adalah serangkaian pemampatan dan pemuaian udara. Jika molekul-molekul udara berkeliaran dengan kecepatan tertentu, maka ada batas terhadap seberapa cepat udara dapat dimampatkan dan dimuaikan, karena molekul-molekul tidak dapat dimampatkan dan dimuaikan lebih cepat daripada gerak masing-masing terhadap yang lain. Itu sebabnya kecepatan molekul-molekul udara memberi batas terhadap seberapa cepat bunyi boleh melaluinya.

Bunyi akan merambat lebih cepat di udara hangat ketimabng di udara sejuk dan bunyi juga melaju lebih cepat di udara padat bertekanan tinggi. Itu sebabnya pesawat supersonik beroperasi paling baik di ketinggian sangat tinggi yang dingin, karena mereka tidak perlu melaju terlalu kencang untuk melampaui kecepatan bunyi. Pada ketinggian 9 km di atas permukaan laut, udara cukup dingin dan tipis sehingga kecepatan bunyi hanya 1100 km/jam.
Share on Facebook!Share on Twitter!Reddit

Articles dalam « Fisika »

Tanggapan: * 5

1) Re: Apa yang menyebabkan dentuman sonik?
Comment by budiana pada Oktober 21, 2008, 01:48:49 AM

perlu di pertimbangkan gerakan molekul udara yang berada di sekitar pesewat tersebut, di bandingkan dengan gerak pesawat itu sendiri
  2) Re: Apa yang menyebabkan dentuman sonik?
Comment by UFO pada Februari 15, 2009, 07:19:33 AM

maaf sebelumnya mungkin ini sedikit telat untuk berkomentar, maklum soalnya baru gabung.....he....

apa yang menyebabkan dentuman sonik?atau biasa dikatakan sonic bom
Sonic boom adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik.
Sonic boom biasanya berupa suara yang membahana mirip guntur yang disebabkan oleh suatu benda yang bergerak lebih cepat dari pada kecepatan suara. Benda yang bergerak sama dengan kecepatan suara disebut berkecepatan Mach 1 (kecepatan suara berkisar sekira 1.200 km/jam di atas permukaan laut). Ketika pesawat terbang bergerak melebihi kecepatan suara gelombang tekanan yang dihasilkan pesawat terbang akan membentuk gelombang kejut (shock wave) yang berisi energi bunyi yang sangat besar. Ketika gelombang kejut melewati seorang pendengar, energi ini akan terdengar sebagai ledakan  sonic yang keras. Sebenarnya, ledakan sonic terdiri dari dua atau lebih ledakan kerena gelombang kejut yang besar  dapat terbentuk di depan dan belakang pesawat.di samping pada sayap, dan sebagainya sepanjang lintasan terbangnya..

Gelombang kejut adalah daerah di udara dimana terjadi perubahan (tekanan udara, temperatur, densitas) secara dadakan. Gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca. Karena itu pesawat supersonik biasanya tidak terbang supersonik di atas daerah berpenduduk.

Jika pesawat bergerak melebihi kecepatan bunyi maka gelombang yang dibentuk oleh pesawat( sumber bunyi) bergerak mendahului gelombang bunyi. Sehingga seolah-olah gelombang bunyi terseret oleh pesawat. Akibat terseretnya gelombang bunyi ini di beberapa titik gelombang-gelombang saling bertindihan seperti membentuk suatu kerucut. Kerucut bunyi ini dinamakan gelombang kejut (shock waves). Kerucut ini seperti suatu kulit tipis terdiri dari udara yang bertekanan tinggi yang diseret oleh pesawat.








  3) Re: Apa yang menyebabkan dentuman sonik?
Comment by weghaarmanda pada Februari 21, 2009, 07:58:28 AM

wow

terima kasih ilustrasinya. .

menarik sekali
  4) Re: Apa yang menyebabkan dentuman sonik?
Comment by loser1942 pada Mei 29, 2009, 05:34:25 AM

akhirnya saya baru mengerti
  5) Re: Apa yang menyebabkan dentuman sonik?
Comment by loser1942 pada Mei 29, 2009, 05:43:37 AM

ehhh
yg bener ini sih korewa atau UFO?
Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.