Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2020, 01:12:13 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139604
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 52
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 44
Total: 44

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Hidrogen peroksida dengan rumus kimia H2O2 ditemukan oleh Louis Jacques Thenard di tahun 1818. Senyawa ini merupakan bahan kimia anorganik yang memiliki sifat oksidator kuat. Bahan baku pembuatan hidrogen peroksida adalah gas hidrogen (H2) dan gas oksigen (O2). Teknologi yang banyak digunakan di dalam industri hidrogen peroksida adalah auto oksidasi Anthraquinone.

H2O2 tidak berwarna, berbau khas agak keasaman, dan larut dengan baik dalam air. Dalam kondisi normal (kondisi ambient), hidrogen peroksida sangat stabil dengan laju dekomposisi kira-kira kurang dari 1% per tahun.

Mayoritas pengunaan hidrogen peroksida adalah dengan memanfaatkan dan merekayasa reaksi dekomposisinya, yang intinya menghasilkan oksigen. Pada tahap produksi hidrogen peroksida, bahan stabilizer kimia biasanya ditambahkan dengan maksud untuk menghambat laju dekomposisinya. Termasuk dekomposisi yang terjadi selama produk hidrogen peroksida dalam penyimpanan. Selain menghasilkan oksigen, reaksi dekomposisi hidrogen peroksida juga menghasilkan air (H2O) dan panas. Reaksi dekomposisi eksotermis yang terjadi adalah sebagai berikut:

H2O2 -> H2O + 1/2O2 + 23.45 kcal/mol

Faktor-faktor yang mempengaruhi reaksi dekomposisi hidrogen peroksida adalah:

1. Bahan organik tertentu, seperti alkohol dan bensin
2. Katalis, seperti Pd, Fe, Cu, Ni, Cr, Pb, Mn
3. Temperatur, laju reaksi dekomposisi hidrogen peroksida naik sebesar 2.2 x setiap kenaikan 10oC (dalam range temperatur 20-100oC)
4. Permukaan container yang tidak rata (active surface)
5. Padatan yang tersuspensi, seperti partikel debu atau pengotor lainnya
6. Makin tinggi pH (makin basa) laju dekomposisi semakin tinggi
7. Radiasi, terutama radiasi dari sinar dengan panjang gelombang yang pendek

Hidrogen peroksida bisa digunakan sebagai zat pengelantang atau bleaching agent pada industri pulp, kertas, dan tekstil. Senyawa ini juga biasa dipakai pada proses pengolahan limbah cair, industri kimia, pembuatan deterjen, makanan dan minuman, medis, serta industri elektronika (pembuatan PCB).

Salah satu keunggulan hidrogen peroksida dibandingkan dengan oksidator yang lain adalah sifatnya yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu yang berbahaya. Kekuatan oksidatornya pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh dalam industri pulp dan kertas, penggunaan hidrogen peroksida biasanya dikombinasikan dengan NaOH atau soda api. Semakin basa, maka laju dekomposisi hidrogen peroksida pun semakin tinggi. Kebutuhan industri akan hidrogen peroksida terus meningkat dari tahun ke tahun. Walaupun saat ini di Indonesia sudah terdapat beberapa pabrik penghasil hidrogen peroksida seperti PT Peroksida Indonesia Pratama, PT Degussa Peroxide Indonesia, dan PT Samator Inti Peroksida, tetapi kebutuhan di dalam negeri masih tetap harus diimpor.

referensi:

http://www.h2o2.com/intro/overview.html

Share on Facebook!Share on Twitter!Reddit

Articles dalam « Kimia »

Tanggapan: * 26

  1) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by peregrin pada Juni 15, 2007, 04:18:14 PM

boleh nanya ya... kok bisa hidrogen peroksida digunakan sbg bleaching agent itu reaksi oksidasinya gimana yah?
2) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by  pada Oktober 03, 2007, 05:33:51 AM

eh aku pake hidrogen peroksida juga lho ketika preparasi diatom (mikroalga). Memang  tujuannya untuk mengoksidasi sedimen ketika dimasak dengan potasium dikromat untuk mendapatkan diatom yang bagus. pas preparasi tuh meledak-ledak
3) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by  pada November 06, 2007, 12:52:26 PM

dalam dunia farmasi hidrogenperoksida dulu digunakan luas dalam sediaan obat luar yaitu sebagai pembersih telinga dengan konsentrasi 3 %,atau sebagai reagent untuk analisa baik kuanti maupun kualitatif.
4) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by  pada Januari 25, 2008, 06:12:04 PM

sebagai info tambahan hidrogen peroksida adalah semacam zat karsinogenik, yang berbahya bagi kehidupan. hidrogen peroksida dapat dinetralisir oleh enzim dalam tubuh, dalam kadar tertentu. nama enzimnya enzim katalase, terdapat pada hati.
5) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by  pada Maret 15, 2008, 01:02:40 AM

sorie gw boleh nanya ngak?????? pada waktu penambahan stabilizer rx apa yang terjadi??? dan selain untuk mengahabt kaju rx apakah fungsi lainya?????
6) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by panorama pada April 23, 2008, 11:46:31 PM

mau tanya kalo H2O2 oksidator kuat jika logam Pb direaksikan dengan H2O2 bisa bereaksi ga?
7) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by nitha pada Juni 02, 2008, 05:18:15 AM

KALO peroksida itu sendiri apa?
8) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by Anitya Santri pada Juni 04, 2008, 12:30:44 PM

kLo bLeh, mNta aLmt e_maiL penuLisnya dong...

9) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by arifin pada Juni 15, 2008, 12:16:49 PM

Apakah hidrogen peroksida mampu menekan aktifitas ethilin pada buah, dan bagaimana reaksinya yang lengkap
10) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by Mega silvia pada Juni 16, 2008, 06:48:01 AM

tolong dunkk
kirimin alamat email penulis
sekalian artikelnya tenxxxx
[email protected]
11) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by ziin pada Juni 17, 2008, 01:45:17 AM

leh minta kirimin artikelnya,,
terimakasih
[email protected]
  12) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by mr. tango pada Juli 23, 2008, 08:02:23 AM

mau tanya, apakah ada yg mengetahui mengenai analisa hidrogen peroxide, 
  13) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by Ran pada Januari 20, 2009, 02:45:42 AM

i love chemistry...
makany aq ptusn masuk jur kimia,
mskipun aq blum prnh dpt nilai B palgi A,,
hehe....
tp aq hrp dgn ikt forum ini bs nambah pengtahuan aq...
jd tolong kirim ke email aq stiap bkin artikel bru...

[email protected]

makasih .....
  14) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by nandaz pada Februari 06, 2009, 12:05:16 PM

nice...
  15) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by Gari Gomes pada Maret 11, 2009, 08:21:54 AM

1.   apa itu soda api.
2.  bagaimana  proses pengolahan limbah cair dangan Hidrogen peroksida.
  16) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by naning pada April 04, 2009, 05:41:29 AM

Kalo peroksida digunakan dalam makanan bagaimana efeknya? dan apakah diperbolehkan digunakan dalam industri makanan ?
  17) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by mastekop pada Juni 18, 2009, 11:43:23 AM

h2o2 3% bagus juga untuk cuci luka. yang pernah saya alami luka cepat kering lho. ada komentar tentang ini. silakankarena sayapun orang awam dalam hal ini.
  18) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by bandi pada Juni 23, 2009, 02:26:05 AM

aku mau tanya nich !
h2o2 ama air keras sama apa kaga ya ?
untuk temen2, please dijawab ya.
makasih
  19) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by Mat Dillom pada November 24, 2009, 05:57:08 PM

Jadi ingat saat SMU dulu, ane bikin bule rambut dengan H202. Ternyata H2O2 bisa mematikan pigmen rambut dan kalau kena kulit membuat gatal-gatal dan iritasi.
  20) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by fathia pada Februari 26, 2010, 01:37:39 AM

saya mau nanya, bagaimana mekanisme H2O2 bisa digunakan sebagai bahan sterilan untuk reprocessing dialyzer (untuk proses hemodialisis)?
  21) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by jn500091 pada Juli 28, 2010, 12:46:37 AM

mengapa harus menghambat reaksi dekomposisinya padhal semakin cepat dekomposisinya, semakin cepat pula produk yang akan didapatkan,dan apakah dengan menghambat laju dekomposisis dari reaksi ini maka akan kita dapt mengetahui kuantitas produk yang dihasilkan?...
dan kalaupun reaksi harus diperlmabat mengapa tidak diadakan suatu aksi dengan menambah jumlah hidrogen peroksida yang ada.
  22) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by dianputra pada Desember 02, 2010, 09:03:33 PM

hmmm....
  23) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by altair pada Januari 02, 2011, 08:19:14 AM

ngeri emang ya, jadi ingrt cerita guru saya katanya temennya pernah kebanjur hidrogen peroksida (lupa saya berapa persen) katanya kulitnya jadi kering, gatel
  24) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by xpol pada Februari 18, 2012, 03:41:52 AM

kimia akan menjadi berbahaya jika kita tidakmengetahui apa fungsinya dan sifat kimianya. Hidrogen Peroksida akan menjadi berbahaya jika tidak digunakan sebagaimana fungsinya. Contoh pemakaian yang salah adalah menggunakan H2o2 sebagai pemutih untuk ikan asin... waduh repot gan...
  25) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by A pada April 07, 2013, 01:29:53 PM

Mungkin perlu ditambahkan spesifikasi sifat kimia dan fisika H2O2, dan MSDS nya jg kalo ditambahkan akan lebih membuka mata kita :)
26) Re: Mengenal Hidrogen Peroksida (H2O2)
Comment by imageritz pada Mei 08, 2019, 05:34:11 AM

bisa kok H202 untuk di manfaatkan pada pengolahan limbah...
hanya saja perlu di kaji untuk pemilihan material yg sejenis, jika mengacu pada cost yang di timbulkan.
karena material H202 ini lumayan mahal di bandingkan dengan material lain yg memiliki manfaat yang sama.
Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.