Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 29, 2020, 10:00:41 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139606
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 48
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Satu kalori adalah sebuah kuantitas energi. Sementara energi dapat berada dalam berbagai wujud yang dapat saling dipertukarkan, wujudnya yang paling akrab dengan kebanyakan orang adalah panas. Maka satu kalori umumnya dipandang sebagai sejumlah tertentu panas. Akan tetapi berapa banyakkah tepatnya panas termaksud?

Bertanyalah kepada seorang ahli kimia maka Anda akan memperoleh satu jawaban, tetapi tanyakan kepada seorang ahli gizi maka Anda akan memperoleh jawaban yang berbeda. Dan repotnya, jawaban mereka tidak saling mirip; satu kalori seribu kali lebih besar daripada satuan yang lain. Seolah-olah, ketka orang menyebut kilometer, orang lain menganggapnya sebagai meter; maka agar tidak keliru, Anda harus tahu siapa yang menyebut “kalori”.

Sampai sekarang belum ada tanda-tanda bahwa ahli kimia dan ahli gizi akan mencari kesepakatan; masing-masing merasa mapan di jalan sendiri-sendiri. Maka dunia terpaksa memiliki dua satuan kalori. Kalori orang kimia, yang sebaiknya kita sebut gram calorie, adalah banyak panas yang diperlukan untuk menaikkan temperature satu gram air (sekitar 20 tetes) sebanyak satu derajat Celsius. Akan tetapi itu energi yang kecil sekali, maka ahli gizi menggunakan food calorie, yaitu banyak panas yang diperlukan untuk menaikkan temperatur seribu gram air sebanyak satu derajat Celsius. Jadi, satu food calorie sama dengan seribu gram calorie.

Agar tidak membingungkan pembaca artikel ini, saya akan menggunakan kalori dengan “k” huruf kecil untuk gram calorie dan “K” huruf besar untuk food calorie. Jadi, jika Anda menemukan kedua-duanya di halaman yang sama, itu belum tentu salah cetak. Bagaimana pun,  Anda dapat mengatakan mana yang dimaksudkan lewat konteks bacaan yang bersangkutan.
Share on Facebook!Share on Twitter!Reddit

Articles dalam « Umum »

Tanggapan: * 2

  1) Re: Satu kalori tidak sama dengan satu Kalori
Comment by Jang Bagitu pada September 19, 2008, 05:58:46 PM

nice inpo
  2) Re: Satu kalori tidak sama dengan satu Kalori
Comment by yorivt pada Januari 21, 2011, 11:54:06 PM

baru tau..
1 K food calorie = 1000 k gram calorie
Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.