Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 29, 2021, 01:26:23 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 33
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

1. Untuk sekedar informasi buat temen-temen yang tinggal di dekat laut, hehe. Air pasang tertinggi terjadi pada gerhana matahari, karena ada dua objek besar yang punya pengaruh gravitasi terkuat (matahari dan bulan) yang menariknya ke atas (ke satu sisi belahan bumi saja). Jadi ketinggian air laut akan bertambah beberapa dm bahkan meter, dan gerhana matahari ini diperkirakan akan terjadi pada tahun 2009.

2. Mengapa minyak di atas air terlihat berwarna warni sedangkan kalau hanya minyak itu tidak bercampur air  tidak terlihat seperti itu?

Jawabnya karena jika minyak di atas air minyak itu akan terapung membentuk lapisan tipis yang akan mempolarisasikan ( sebagian terpantul sebagian menembus masuk) cahaya, cahaya terpolarisasi (yang menembus minyak) dipantulkan oleh air, sehingga yang terpantul oleh minyak dan terpantul oleh air akan bergabung kembali, dan penggabungan ini akan menghasilkan pola interferensi seperti pelangi.

3. Mengapa ular berjoget sewaktu seorang pawangnya meniup seruling, apakah dia terlena mendengar musik si pawang?

Jawabnya tentu tidak, karena ular tidak bisa mendengar seperti kita, mereka hanya mampu merasakan getaran disekitar mereka bukan mendengar sejelas yang kita dengar, fungsi alat indra ular sangat berbeda dari manusia, mereka punya mata, tapi bukan alat utama untuk melihat, mereka sangat mengandalkan hidung untuk membantu penglihatannya. Penglihatan ular lebih seperti sensor panas. jadi kalau tubuh kita sama dinginnya dengan lingkungan / udara disekitar kita, ular hampir tidak bisa mengetahui kita. Tapi tetap saja mereka tahu, karena meraka punya lidah yang fungsinya pengganti hidung pada manusia. yaitu untuk mendeteksi zat kimia disekitarnya, itulah mengapa ular sangat membenci garam, karena garam membuat permukaan lidah mereka mengalami gangguan.
Jadi apa yang membuat ular berjoget? silahkan tanya sendiri, hehehehehehehehe.....

Share on Facebook!Share on Twitter!Reddit

Articles dalam « Tahukah Anda? »

Tanggapan: * 28

  1) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by kuncungs pada Desember 20, 2008, 12:41:26 AM

Informasi yg bagus...
  2) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by Batozzai pada Januari 10, 2009, 03:45:10 PM

jah.. jah.. ijah...

Jadi apa yang membuat ular berjoget? silahkan tanya sendiri, hehehehehehehehe.....

mw tanya pada sp? sm ular, kn g bs dger ktanya, wduh...
  3) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by CoolCash! pada Januari 14, 2009, 10:34:05 AM

Kenapa Ular berjoget, Jawabnya Karena Ular Mengandalkan hidung, en saking sensitifnya tu hidung pawang yang belum mandi 3 hari jadi baunya ceh eileee... rada - rada asin den kecut. Kalaupun ular bisa ngomong (lagunya Doel Sumbang " Kalo Ular Bisa Ngomong ") pasti bilang weleeh... weleeh sambil geleng geleng kepala. So itulah kenapa ular joget.
  4) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by Sony Zulkarnaen pada Januari 29, 2009, 11:10:48 AM

Informasi yg bagus tp km sendiri ng tau kan.......heheeeheehehehehehehehehehe
  5) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by Pantur pada Februari 07, 2009, 03:40:12 AM

Kalo ular itu berjoget maka itu kemauan dari pawangnya karena pawangnya sudah lebih dekat dengan ular itu, karena sering kita dekat dengan orang maka kita akan lebih tau sifat orang itu... hehehehehhehe
  6) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by komang pada Februari 27, 2009, 03:12:32 AM

Kenapa Ular Bisa Joget????
Karna Ular Sering Liat Manusia Joget2 goyang2 Kalo Ada Orang Niup Seruling Bambu. Makanya Ular ngikut Tiap Ada Yang Tiup Seruling Dia joget2 Hehehe
  7) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by goodkid pada Maret 31, 2009, 03:45:10 PM

ular ber joget -sepertinya kita semua tau bahwa pawang ular yang seperti itu asalnya dari india
nah tau dong  india joget merupakan budaya mereka he he (liat aja fillem india)
  8) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by wandy pada April 14, 2009, 03:14:13 AM

knp ular berjoget???ya karena ular cobra suka dangdutan,,cb kl ular lain kan ga joget...ya seperti artis2 ibukota (artis dangdut) yg menggoyang dengan goyangan erotis waktu kampanye partai kemaren.

andai ular bisa ngomong tentu dy ta akan bohong,,eh salah tu mah lagu nya doel sumbang....

andai ular bisa ngomong dy bakal ngomong gini "TARIK MANG"

hwkwkwkwk...
  9) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by walesa pada Juni 14, 2009, 11:11:58 PM

apa bedanya tinggi pasang dengan pengaruh konfigurasi bulan dan matahari? jika gerhana matahari mrupakan pasang yang paling tinggi, lalu beda kuatnya dengan purnama apa? padahal yang sangat mempengaruhi pasang surut adalah gravitas bulan. jadi bukankah pasang tertinggi itu lebih ditentukan dari seberapa dekatnya bumi dengan bulan. bukan dari konfigurasi bulan dan matahari yang berada dalam garis lurus?!
  10) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by rookieluck pada Juli 11, 2009, 04:24:49 AM

ular berjoget ngikut gerakan si pawangnya yang joget x.... gk...gk...
  11) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by Rhizkhiey pada Juli 15, 2009, 03:53:55 AM

keseringan nonton film india lo................
klo gak percaya buktiin aja ma lo sendirian lo tiup suling depan ular, bakal joget gak ular tersebut? klo menurut gw kagak bakal......
makanya jgan sering nonton film india lo....... huaaahahahahahahha
  12) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by royfs pada Juli 28, 2009, 04:18:43 AM

pas gerhana matahari surfing keren dunk kayaknya, ular berjoget...? di film india banyak kayaknya, ngikuti pawangnya yang berjoget kham...?
  13) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by andreanvee pada Agustus 14, 2009, 03:26:48 PM

ha ha, gimana nih, koq jawabannya gak ada yang ilmiah..
gua tunggu yang rada2 ilmiah dikit nih..
  14) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by neno pada September 29, 2009, 02:11:57 AM

Aku kemarin tanya m ularnya, katanya dia dipaksa sm pawangnya, kalau gak dia bakalan direndam dalam air garam trus diasinin deh...
Kasian yah...
  15) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by pandax pada Oktober 18, 2009, 08:43:38 AM

ular itu berjoget soalnya dia mengikuti gerakan suling yg dibunyikan.
ular itu tidak bisa melihat kita kalo kita tidak bergerak, jadi kalau dia melihat sesuatu yg bergerak dia akan mengikutinya.
itu sih yang gw tau dari discovery channel ya
  16) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by piksa dewi pada November 13, 2009, 06:17:11 AM

ya tanyakan sama pawang ular itu aja,,
hehe..
  17) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by Ray_Mon pada Januari 13, 2010, 12:19:10 PM

sy tau, ular kan budek, jd dia liat aja tuh pawang goyang-goyangin serulingnya ya dia alah ikut joged :))
  18) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by rizky4bio pada Januari 30, 2010, 09:13:28 AM

itu ular bingung gmn masuk kedalam lubang sulingnya
la sulingnya goyang trusss
  19) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by widhie pada Februari 12, 2010, 08:01:06 AM

ular daratista gan, wkwkwkwkwk
  20) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by andreanvee pada Februari 13, 2010, 11:01:44 AM

ah, jawaban konyol semua... hahaha.. mungkin itu hanya insting ular aja klo didepan ada orang yang bergerak2 sembari niup suling. intinya sang ular sedang waspada.
  21) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by regtnt pada Mei 15, 2010, 05:07:36 AM

keren banget ular kobra di india, karena dia ngerasa dia artisnya yang lagi dibawain musik dangdut makanya di berjoged.
hahahahahahaha
  22) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by nuresx pada Mei 27, 2010, 01:58:33 AM

owh,,,,,,,,,,,owh,,,,,,,,,,,,,owh begondang toooh aku kira ular berjoget karna keasyikan dengerin musik eh ternyata nggak toooh mksh yah tas infonye,....
23) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by dich4y pada Juni 01, 2010, 09:18:57 AM

ilmiahnya kya gne 'kebeneran tuh pawang uler dpt uler lulusan sekolah tari...ilmiah gundul mu...hehehe,,,,
  24) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by ifri(vivi)afriani pada Juni 09, 2010, 05:05:02 AM

wkwkwkwkwkwk
  25) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by Balya pada Desember 18, 2010, 10:33:37 AM

hahaha
  26) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by Ivan Waruwu pada Desember 24, 2010, 09:40:53 AM

untung z ular ngk bs dengar...lw bs, bukan cuma joget mgkn, tp lari2 krn d suruh lari sama pwangny......:)
  27) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by Adhe Lanank pada Januari 19, 2011, 12:16:46 PM

asooy...
ularnya terobsesi tuch kaya'nya jadi penari balet...
  28) Re: Sekedar Bagi-Bagi Informasi
Comment by yanu pada April 02, 2013, 05:09:31 AM

ular tu budeg, tapi bisa ngerasain getaran, lah suara suling kan juga getaran, gimana trus?
Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.