Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 29, 2020, 08:48:19 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139606
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 48
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Faktor eksternal penyebab proses aging adalah akibat diet yang tidak sehat, hidup, kebiasaan buruk, polusi dan stres. Proses penuaan ini dapat diperlambat dengan produk yang populer disebut sebagai anti aging.

Menurut dr. Edwin Djuanda, SpKK, yang telah mempelajari anti aging di Amerika Serikat tujuh tahun silam, anti aging adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari, mencegah, mengobati secara dini, dan mengobati proses penuaan. Oleh karena itu proses penuaan itu bisa dianggap sebagai penyakit.

Antioksidan Superoxide dismutase (SOD) adalah antioksidan primer, merupakan enzim yang sebenarnya sudah ada di dalam tubuh yang berfungsi sebagai pelindung hancurnya sel-sel dalam tubuh serta mencegah proses peradangan karena radikal bebas.

Penelitian membuktikan bahwa SOD memperlihatkan efek regeneratif pada jaringan karena terjadi kerusakan akibat faktor usia, penyakit, dan luka (Lefaix, 1993). Hasil laporan penelitian pada Journal of Nature Genetic dan berita harian USA Today menunjukkan bahwa SOD memberikan keuntungan maksimal sebagai anti aging. 
 

Share on Facebook!Share on Twitter!Reddit

Articles dalam « Biologi »

Tanggapan: * 9

  1) Re: SOD sebagai Anti Aging
Comment by Nenyok pada Oktober 21, 2008, 10:09:49 AM

Salam
Hmm apa enzim ini bisa didapatkan dari makanan? klo iya makanan apa atau bagaimana?
  2) Re: SOD sebagai Anti Aging
Comment by Maulina pada Oktober 21, 2008, 11:48:40 AM

ada jurnal tentang masalh ini ndak?
  3) Re: SOD sebagai Anti Aging
Comment by cempari pada Oktober 21, 2008, 11:40:33 PM

Anti aging sekarang hanya sebatas teori saja. Proses anti aging pada setiap orang itu berbeda-beda, jadi untuk membuktikan bahwa zat tertentu berhasil sebagai anti aging adalah mengukur apakah usia rentang manusia dapat 2 kali lipat lebih lama, atau manusia tersebut tidak mengalami ketuaan.

Tidak ada yang tau apakah anti aging berhasil dengan baik, karena rata2 yang menggunakan anti aging, tua juga dan meninggal juga.
  4) Re: SOD sebagai Anti Aging
Comment by estiyantara pada Oktober 22, 2008, 02:28:27 AM

SOD ini berupa enzim, bisa didapat dipasaran apa nggak, kalau bisa didapat, belinya dimana, atau bagaimana cara menggunakannya dan lain2-nya tolong donk yg lebih lengkap dan lebih lebar materinya...jadi penasaran banget nich. Nuwun.
  5) Re: SOD sebagai Anti Aging
Comment by na9a5h1 pada Oktober 27, 2008, 09:48:31 AM

anti aging...

Faktor eksternal penyebab proses aging adalah akibat diet yang tidak sehat, "hidup", kebiasaan buruk, polusi dan stres.

Waduh berarti kalo ga pengen kena "aging" ya jangan hidup aje... hehehe....
Pisss!!! ^_^
  6) Re: SOD sebagai Anti Aging
Comment by pangihutan panjaitan pada Oktober 30, 2008, 11:59:10 AM

 kira kira apa yang dimaksud dengan terminologi "diet yang tidak sehat",karena rata rata orang mau melakukan diet untuk tujuan menjadi sehat! he ....he.... 
7) Re: SOD sebagai Anti Aging
Comment by kifly_bioma pada November 02, 2008, 12:39:41 AM

SOD or superoksida dismutase adalah golongan enzim yang mana dikaruniai oleh tuhan pada Makhluk hidup yang eukariotik selain mencegah kerusakan akibat radikal bebas (On). enzim superoksida dismutase berperan dalam dalam memanfaantkan golongan flavo yang merupakan koenzim yang berperan dalam respirasi aerob. oleh karena itu SOD dan Katalase slain berperan dalam anti aging juga berperan dalam anti bacteri alami khususnya bakteri yang beriifat anaerob obligat yang mana tidak memiliki enzim SOD dan Katalase.....
Sekian dari saya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama.....Kifly
  8) Re: SOD sebagai Anti Aging
Comment by deffy pada Februari 12, 2009, 07:59:40 AM

Bisa tolong jelasin lebih detail gak?
  9) Re: SOD sebagai Anti Aging
Comment by Hendy wijaya, MD pada November 22, 2009, 04:54:39 AM

Penyebab proses penuaan ada banyak sekali, multifaktorial (multiple mechanism), poligenik, proses stokastik, spesies spesific, intra species variation dan menunjukkan fenomena plastisitas. Anda tidak bisa membahas peroses penuaan dari satu segi, dan berkesimpulan bahwa satu zat saja bisa menunda penuaan walaupun hal itu terbukti di tikus. Tapi apakah itu terbukti juga di manusia, mengingat habitat manusia dan tikus beda, demikian juga resiko dalam lingkungan yang berbeda pula. Salah satu faktor, baik genetik atau lingkungan hanya memiliki kontribusi yang kecil. Memang sekarang banyak penelitian di Indonesia yang tema2nya seputar antioksidan dan itu2 saja, sebab penelitian di bidang ini relatif murah, gampang dan bisa langsung di jual hasilnya ke pabrik obat.
Secara evolusioner, apakah umur panjang tanpa disertai panjangnya masa reproduksi membawa keuntungan adaptasi suatu spesies dalam lingkungannya?tanpa adanya peningkatan fekunditas spesies melalui pemanjangan masa reproduksi, umur panjang bersifat netral dalam kesintasannya di lingkungan.
Saya pun sekarang sedang mendalami ilmu anti aging medicine di study centre for anti aging medicine di universitas udayana. Saya lebih banyak mempelajari genetika dan bilogi molekuler yang menjelaskan proses2 penuaan selular. Penuaan seluler sudah terjadi jauh sebelum gejala2 penuaan itu muncul. Dan ingat, AAM bukan Kosmetologi dan bukan kedokteran estetik seperti yang salah dipersepsikan oelh banyak orang melalui berbagai macam iklan produk kosmetik.
Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.