Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 02, 2024, 03:57:40 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 67
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 43
Total: 43

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

alam semesta mengembang

Dimulai oleh iwal, Juli 16, 2011, 09:13:08 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Ayzul

yang anda katakan tentang pengembangan alam semesta memang sebenarnya dapat saja terjadi,,
namun jika semua materi ikut berkembang maka sangat sulit untuk pembuktiannya karena tidak ada acuan banding pengembangan semesta tsbut.,,
dan akan timbul pertanyaan lagi jika memang terjadi pengembangan alam semesta harusnya akan berpengaruh thdp waktu dan bagaimana juga tentang pengaruh thdp metabolisme tubuh kita???
karena tubuh kita sendiri juga tersusun dari materi2 yg kompleks.,,
dan apakah DNA jg ikut berkembang??
:)
Bukankah Sesuatu yang belum ada bukanlah berarti tidak ada,
sainslah yang mampu membuatnya.

Muhammad Taufiqi

Kutip dari: Ayzul pada Juli 20, 2011, 06:15:34 PM
yang anda katakan tentang pengembangan alam semesta memang sebenarnya dapat saja terjadi,,
namun jika semua materi ikut berkembang maka sangat sulit untuk pembuktiannya karena tidak ada acuan banding pengembangan semesta tsbut.,,
dan akan timbul pertanyaan lagi jika memang terjadi pengembangan alam semesta harusnya akan berpengaruh thdp waktu dan bagaimana juga tentang pengaruh thdp metabolisme tubuh kita???
karena tubuh kita sendiri juga tersusun dari materi2 yg kompleks.,,
dan apakah DNA jg ikut berkembang??
:)

Ya itu benar, pengembangannya sulit untuk diamati. Tidak akan ada pengaruhnya ke semua yang Anda katakan tersebut. Karena meskipun mengembang, ukuran kesemuanya tetap. Apa anda sudah baca dan pahami post-post saya sebelumnya?
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

Pi-One

Kutip dari: Muhammad Taufiqi pada Juli 20, 2011, 05:16:12 PM
Saya mengerti apa yang Anda maksud, dan saya tetap, Anda masih belum dapat apa yang saya bayangkan. Makanya Anda bersikeras bahwa itu tidak logis sama sekali. Materi mengembang, atom tetap, jarak antar atom tetap, dan kepadatan tetap.
Jika menurut yang anda katakan di atas, artinya kita bisa mengetahui bahwa materi sedang mengembang, dengan cara perubahan kepadatan. Tapi yang saya katakan,kita tidak bisa mengetahui pengembangan materi tersebut.

Semua yang Anda katakan adalah benar, tapi yang Anda katakan tersebut masih berbeda dengan apa yang saya bayangkan tentang pengembangan materi. Pembayangannya memang sangat sulit, tapi pasti bisa. Kalau Anda masih bersikeras bahwa pengembangan materi akan merubah jari-jari atom, atau jarak antar atom, atau kepadatan, berarti Anda masih belum tepat pembayangannya.
Apa anda yakin telah mempelajari teori yang terbaru ;D.
Selama anda tidak bisa memberi penjelasan yang tidak menabrak segala teori dan hukum mekanika kuantum, teori atom, dsb, maka tak ada alasan untuk menerima argumen anda.

Muhammad Taufiqi

Kutip dari: Pi-One pada Juli 20, 2011, 07:33:52 PM
Selama anda tidak bisa memberi penjelasan yang tidak menabrak segala teori dan hukum mekanika kuantum, teori atom, dsb, maka tak ada alasan untuk menerima argumen anda.

Sebelumnya, apakah anda mengerti maksudnya mengembang tapi ukurannya tidak berubah?
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

Ayzul

Kutip dari: Muhammad Taufiqi pada Juli 20, 2011, 06:23:14 PM
Ya itu benar, pengembangannya sulit untuk diamati. Tidak akan ada pengaruhnya ke semua yang Anda katakan tersebut. Karena meskipun mengembang, ukuran kesemuanya tetap. Apa anda sudah baca dan pahami post-post saya sebelumnya?

uda saya baca.,, dan kurang lebih saya mengerti apa yang anda imajinasi kan.,,
:D
makanya saya bisa bilang kalau mengamati hal ini sangat sulit karena tidak ada acuan banding dari hal ini.,,

tp kalau memang semua materi berkembang dan semua mengikuti hal tsbut,,
apa fungsi ataupun manfaat dari berkembangnya seluruh materi ini??
karena seluruh hukum fisika pasti ada manfaatnya buat kehidupan bukan.,, :)
Bukankah Sesuatu yang belum ada bukanlah berarti tidak ada,
sainslah yang mampu membuatnya.

Muhammad Taufiqi

Kutip dari: Ayzul pada Juli 20, 2011, 08:13:16 PM
uda saya baca.,, dan kurang lebih saya mengerti apa yang anda imajinasi kan.,,
:D
makanya saya bisa bilang kalau mengamati hal ini sangat sulit karena tidak ada acuan banding dari hal ini.,,

tp kalau memang semua materi berkembang dan semua mengikuti hal tsbut,,
apa fungsi ataupun manfaat dari berkembangnya seluruh materi ini??
karena seluruh hukum fisika pasti ada manfaatnya buat kehidupan bukan.,, :)

Hahaha... Anda orang pertama yang mengerti... Hebat hebat ^_^... Iya memang, saya juga sependapat. Tapi kan setidaknya kita tidak terpaku bahwa meteri tidak mengembang bukan.
Kebetulan saya baru bilang pemikiran saya ini di forum ini. Setalah ini mau saya diskusikan dengan dosen saya. Apakah sudah ada yang memikirkannya terlebih dahulu atau tidak, jika iya apakah hasilnya. Tentunya dengan pengetahuan beliau yang lebih luas akan lebih terbuka semuanya. Hipotesis ini tidak salah, tetapi belum tentu benar juga kan. Namanya saja ini hipotesis.
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

Ayzul

Kutip dari: Muhammad Taufiqi pada Juli 20, 2011, 08:47:56 PM
Hahaha... Anda orang pertama yang mengerti... Hebat hebat ^_^... Iya memang, saya juga sependapat. Tapi kan setidaknya kita tidak terpaku bahwa meteri tidak mengembang bukan.
Kebetulan saya baru bilang pemikiran saya ini di forum ini. Setalah ini mau saya diskusikan dengan dosen saya. Apakah sudah ada yang memikirkannya terlebih dahulu atau tidak, jika iya apakah hasilnya. Tentunya dengan pengetahuan beliau yang lebih luas akan lebih terbuka semuanya. Hipotesis ini tidak salah, tetapi belum tentu benar juga kan. Namanya saja ini hipotesis.


jika memang hal ini cukup menarik bagi anda, mungkin lebih baik di telaah lebih lanjut lagi.,, karena jika memang pengembangan materi di semesta ini memang benar2 terbukti maka mungkin saja akan banyak sekali manfaatnya.,,
mungkin saja kita nantinya bisa mencari relasi antara berubahnya ukuran tubuh manusia jaman sekarang dan jaman dahulu yang relatif lebih besar2.,,

hanya sebagai referen saja .,,
http://www.forumsains.com/fisika/ruang-alam-semesta/msg106240/#msg106240
telah ada yg membahas hal ini, namun pembahasan tentang ini masih belum bisa berlanjut..
Bukankah Sesuatu yang belum ada bukanlah berarti tidak ada,
sainslah yang mampu membuatnya.

Muhammad Taufiqi

Kutip dari: Ayzul pada Juli 20, 2011, 09:34:38 PM
jika memang hal ini cukup menarik bagi anda, mungkin lebih baik di telaah lebih lanjut lagi.,, karena jika memang pengembangan materi di semesta ini memang benar2 terbukti maka mungkin saja akan banyak sekali manfaatnya.,,
mungkin saja kita nantinya bisa mencari relasi antara berubahnya ukuran tubuh manusia jaman sekarang dan jaman dahulu yang relatif lebih besar2.,,

hanya sebagai referen saja .,,
http://www.forumsains.com/fisika/ruang-alam-semesta/msg106240/#msg106240
telah ada yg membahas hal ini, namun pembahasan tentang ini masih belum bisa berlanjut..

Ya, terima kasih atas referensinya. Tapi topik tersebut rasanya berbeda. Mereka membicarakan ruang kan.
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

semut-ireng

Kutip dari: Muhammad Taufiqi pada Juli 20, 2011, 05:16:12 PM

Y memang sebenarnya tidak bisa seperti itu ;D. Ini hanya penghampiran yang sebenarnya masih salah tapi cukup mendekati.
Saya tetap mengatakan, Jarak bintang berubah, tetapi posisi-posisi antar bintangnya tidak berubah.
Kita tidak hanya membutuhkan logika dan perhitungan untuk memahami fisika teori seperti ini, tapi kita juga membutuhkan imajinasi.


Bisa menentukan posisi-posisi bintang tidak berubah itu pake sistem koordinat apa ?   Bagus juga kalo di fisika teori sudah ditemukan sistem,  cara dan metodenya ........... ;D


Pi-One

Kutip dari: Muhammad Taufiqi pada Juli 20, 2011, 07:46:00 PM
Sebelumnya, apakah anda mengerti maksudnya mengembang tapi ukurannya tidak berubah?
Anda mau bilang meski mengembang, tapi jika ditilik berdasar standar acuan ukuran gak berubah?
Sekali lagi, itu nabrak teori dan hukum alam, dan anda tak memberi penjelasan ilmiah.

Muhammad Taufiqi

Kutip dari: Pi-One pada Juli 21, 2011, 10:37:59 AM
Anda mau bilang meski mengembang, tapi jika ditilik berdasar standar acuan ukuran gak berubah?
Sekali lagi, itu nabrak teori dan hukum alam, dan anda tak memberi penjelasan ilmiah.

Nggak ada yang nabrak teori apapun kok jika Anda bisa membanyangkan. Jawab dulu pertanyaan saya, meskipun mengembang, ukurannya tidak berubah. Paham apa tidak? Bisa membayangkan apa tidak?
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

Muhammad Taufiqi

Kutip dari: semut-ireng pada Juli 21, 2011, 06:33:43 AM
Bisa menentukan posisi-posisi bintang tidak berubah itu pake sistem koordinat apa ?   Bagus juga kalo di fisika teori sudah ditemukan sistem,  cara dan metodenya ........... ;D



Sebentar, apa menurut Anda, alam semesta statis? Itu pendapat Anda atau Anda dapat dari mana bisa menyatakan hal tersebut?
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

tastement

masalah alam semesta mengembang dijelaskan hubble's law, alam semesta mengembang  (kayak balon ditiup), jarak antar galaksi semakin jauh tapi galaksi dan materi lainnya (bumi, komputer, selingkuhan) kagak ikut mengembang. yang gue blom tau si hubble ini percaya tuhan apa kagak ya
penghuni neraka: CRS -> Charles Darwin, Richard Dawkins, Stephen Hawking.

penghuni surga: MPS -> Marilyn Monroe, Pamela Anderson, Stephen King.

Pi-One

Kutip dari: Muhammad Taufiqi pada Juli 21, 2011, 01:35:13 PM
Nggak ada yang nabrak teori apapun kok jika Anda bisa membanyangkan. Jawab dulu pertanyaan saya, meskipun mengembang, ukurannya tidak berubah. Paham apa tidak? Bisa membayangkan apa tidak?

Kalau ukuran gak berubah, bukan mengembang namanya.
Dan jika anda gak bisa ngasih penjelasan, gimana bisa klaim gak tabrakan dengan hukum alam?

Muhammad Taufiqi

Kutip dari: Pi-One pada Juli 21, 2011, 04:40:08 PM
Kalau ukuran gak berubah, bukan mengembang namanya.
Dan jika anda gak bisa ngasih penjelasan, gimana bisa klaim gak tabrakan dengan hukum alam?

Tu kan, berarti Anda belum mengerti apa yang saya bayangkan, tapi Anda sudah main menyalahkan saja. Pahami dulu. Post-post saya di atas adalah penjelasan terbaik yang bisa saya berikan dengan kata-kata. Apa bisa dimengerti? Bisa kok, Saudara Ayzul buktinya, cepat mengerti apa yang saya bayangkan. Berarti bisa kan. Sekarang giliran Anda Boss Pi-One, Hipotesis saya ini tidak ada yang menabrak hukum alam.
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]