Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Januari 31, 2023, 06:13:48 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,944
  • Latest: Shawnxdy
Stats
  • Total Tulisan: 139,652
  • Total Topik: 10,407
  • Online today: 38
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Anybody Out There?

Dimulai oleh advisor, November 15, 2006, 08:25:22 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

advisor

Hmm... pasti banyak yang nanya ini nehh. Sampe banyak juga film2 ttg ini. Ada ga sih kehidupan di luar bumi? Sayang amat alam semesta segede ini, cuman planet kecil yang ada kehidupan  ::)

Dah banyak keknya penelitian tentang ini. Tapi blom berhasil buat buktiin ada apa ga kehidupan di luar bumi. Nah, dari NASA ada penelitian terakhir kalo Titan (satelit saturnus) ternyata memiliki atmosfer yang mirip banget sama atmosfer bumi jaman2 dulu. Lengkapnya di sini : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.].

So, gimana menurut kalian..... anybody out there?


pinokio

Gw pikir seh, pasti ada kehidupan di luar bumi. Seperti advisor bilang, masa segede ini cuman di bumi ada kehidupan.

Pertanyaan selanjutnya, ada makhluk intelektual lain ga di luar sana? Nah ini yang gw juga ga tau.

DeJoko

Saya malah berpikir kenapa kita tidak mencari kehidupan di kedalaman laut yang terdalam sekali ya? ???
Di Bumi saja masih banyak sekali makhluk yang belum ditemukan/ didata.

Ehh, maaf diluar topik. :-X

:-*
DeJoko

masterdaniel

kita hanya setitik kecil di jagad raya yang maha luas ini....

reborn


reborn

Mungkin kita gak sendirian  ::)

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Astronomers have captured enough light from two planets far beyond our own solar system to reveal details of their chemical make-up, marking a new phase in the search for extraterrestrial life.

By analysing the faint glow of one of these alien worlds they have found tentative evidence that suggests the presence of chemicals which play a role in one theory of how life began on Earth.

The chemicals, polycyclic aromatic hydrocarbons, may have helped the formation of RNA, the ancestral genetic material of DNA, the building-blocks of life on our own planet.

Although this planet seems to lack water and is at a searing 800 C - which is thought to be much too hot for life - three teams announce today they have successfully carried out the feat on this and one other alien world, marking a breakthrough in the development of techniques capable of scouring the cosmos for signs of life.

The research builds on earlier work with the Hubble Space Telescope which detected sodium, hydrogen and carbon from starlight passing through the atmosphere of the planet with polycyclic aromatic hydrocarbons and shows that it is possible to measure the chemical make-up of "extrasolar" planets - those outside our solar system - and to hunt for the chemical markers of life in the far-flung reaches of space.

L

KaLo kita Seorang MusLim pasti pErcaya Di Luar sana ada kehidupan,,,

soalnya di Qur'an jg ada,,,

vis ah,,, no Offense yaw...

Vinchemz

Aku yakin ada, karena kekuatan Tuhan itu tiada batasnya..

lem

tadinya gw mau ngomentarin.. tapi begitu ngeliat signaturenya vinchemz yg narsis abis.. jadi senyum simpul dikit dagh...

seharusnya ada kehidupan lain di luar bumi... karena nggak mungkinlah diciptakan bintang2 dan planet2 lain hanya sekedar untuk menghiasi langit penduduk bumi di malam hari...
bentuk dan wujudnya seperti apa... mungkin ilmu kita yang belum nyampai ke sana..
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

mozzpunkz

bisa jadi ada, mudah2an suatu saat kelak bisa dibuktikan...dan pasti akan terbukti kelak....itu salah satu rahasia Yang Maha Kuasa..yang harus kita buktikan karena kita diberi akal dan fikiran untuk belajar dan membuktikan rahasiaNYA dan dengan sendirinya bila rahasiaNYA terungkap maka kita semakin yakin bahwa Tuhan Maha Kuasa.
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

ksatriabajuhitam

Kutip dari: advisor pada November 15, 2006, 08:25:22 AM
...
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.].

So, gimana menurut kalian..... anybody out there?

yang masih saya heran, kenapa kebanyakan orang berfikir bahwa kehidupan di luar sana harus mirip kehidupan di bumi, misalnya harus ada komposisi oksigen yang mencukupi, suhu dalam kisaran sekian, ada asam amino, d.l.l.

bukankah memnungkinkan juga ada makhluk hidup yang bisa hidup dalam kondisi yang ekstrim (kalau ga salah pernah denger ada semacam bakteri atau apa gitu, yang bisa bertahan di lahar panas, cmiiw)
jadi bisa jadi peradabannya sangat tidak mirip dengan kita; cara berkomunikasinya mugkin berbeda, makanannya berbeda, bahkan mungkin susunan molekul tubuhnya berbeda...
(hehe pas smp pernah sama temen iseng bikin komik ttg kisah makhluk luar angkasa, kita membayangkannya makhluk itu ialah cairan)

kalaupun mereka tidak ada, ya mungkin memang alam semesta untuk manusia; bikin tambang logam di planet kaya logam, industri gas metana di jupiter, etc. (wah, gimana distribusinya ya?  ;D)

so, mari kita taklukan seluruh alam semesta... ha,.. ha.. ha...




atau mungkin begini saja, topik ini dibatasi untuk membahas adakah kehidupan lain di "luar sana" yang mirip kehidupan di Bumi.
mungkin akan lebih fokus.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

uzik-sama

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada September 21, 2008, 10:11:53 AM
yang masih saya heran, kenapa kebanyakan orang berfikir bahwa kehidupan di luar sana harus mirip kehidupan di bumi, misalnya harus ada komposisi oksigen yang mencukupi, suhu dalam kisaran sekian, ada asam amino, d.l.l.

bukankah memnungkinkan juga ada makhluk hidup yang bisa hidup dalam kondisi yang ekstrim (kalau ga salah pernah denger ada semacam bakteri atau apa gitu, yang bisa bertahan di lahar panas, cmiiw)
jadi bisa jadi peradabannya sangat tidak mirip dengan kita; cara berkomunikasinya mugkin berbeda, makanannya berbeda, bahkan mungkin susunan molekul tubuhnya berbeda...
(hehe pas smp pernah sama temen iseng bikin komik ttg kisah makhluk luar angkasa, kita membayangkannya makhluk itu ialah cairan)
setuju banget
emang apa istimenya oksigen? kalo ngga salah oksigen dulunya adalah racun, terus makhluk hidup bumi berevolusi untuk bernapas menggunaka oksigen.
CMIIW

akatsuki

Kutip dari: uzik-sama pada September 22, 2008, 09:41:30 PM
setuju banget
emang apa istimenya oksigen? kalo ngga salah oksigen dulunya adalah racun, terus makhluk hidup bumi berevolusi untuk bernapas menggunaka oksigen.
CMIIW

kalo gitu trus defaultnya kita manusia bernafas pake apa? berarti kita punya planet kampung halaman dong ya? (jadi pengen mudik ke planet ku).
kita yang merevolusi atau oksigennya yang berubah menjadi sesuatu yang bisa kita hirup?

- kalau kita yang berevolusi, butuh waktu berapa lama sehingga kita bisa menyesuaikan dengan oksigen? jangan-jangan belum sempat berevolusi kitanya sudah koit duluan  ;D ;D

- kalau gasnya yang berubah, kenapa hanya terjadi satu kali perubahan dalam 3,8 milyar tahun? kenapa dia berubah? agar manusia bisa hidup?



[move]think globally act locally[/move]

fisikawanindonesia

untuk apa kita memikirkan anybody out there...
sedangkan hidup kita sendiri masih belum tentu baik
iya gak???

great_sage

pencarian terhadap mahluk hidup lain tentunya membawa pertanyaan lain misal bagaimana mereka hidup bagaimana keadaan planet mereka dan apa yang bisa diambil dari sana untuk kepentingan manusia, seperti tempat tinggal baru kalau bumi tidak dapat lagi menghidupi manusia .jadi gak ada hubungannya dengan baik atau buruknya kita