Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Januari 31, 2023, 04:42:30 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,944
  • Latest: Shawnxdy
Stats
  • Total Tulisan: 139,652
  • Total Topik: 10,407
  • Online today: 38
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apa bener Apollo mendarat di bulan?

Dimulai oleh pinokio, November 19, 2006, 11:48:59 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

astronomsableng

Meskipun lapisan termosfer Bumi panasnya bisa 2700 Kelvin, namun itu sebenernya adalah energi yang terkandung dalam tiap sampel elektron. Namun karena kerapatannya rendah maka energi panas tidak terhantarkan dari atom2 ke atom. Akibatnya kalau lewat situ tidak akan berasa panas, malahan tetap saja dingin.

<a href="[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]">Mengenai termosfer.</a>

Yang paling berbahaya dalam perjalanan berawak ke Bulan, IMHO adalah saat melewati sabuk radiasi van allen. Ini adalah kumpulan2 partikel energi tinggi yang terjebak oleh medan magnetik Bumi. Radiasinya cukup tinggi dan bila manusia terekspos oleh radiasi ini dalam waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan kanker. Dalam perjalanan ke Bulan, hal ini diatasi dengan mengambil lintasan perjalanan yang paling singkat melewati sabuk radiasi tersebut. Angin Matahari juga membawa partikel2 energi tinggi (dilontarkan oleh aktivitas Matahari maupun dari sisa2 supernova) namun kuantitasnya lebih kecil daripada yang terkandung dalam sabuk radiasi van allen.

<a href="[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]">Mengenai Sabuk Radiasi van Allen.</a>
<a href="[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]">Mengenai Sabuk Radiasi van Allen dan perjalanan ke Bulan.</a>
<a href="[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]">Mengenai masa depan perjalanan antariksa (ada dibahas sedikit mengenai partikel energi tinggi dan cara2 mengatasinya).</a>

Terbaik


alfauz

Kutip dari: pinokio pada November 19, 2006, 11:48:59 AM
Gimana pendapatnya? Kan ada beberapa pendapat yang bilang kalo pendaratan Apollo di bulan hanya propaganda Amerika aja. Apa bener misi NASA berhasil?

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
P  a  l  s  u    u  u  u  u  uh uh :o

syx

dulu pas masi blom sekolah gw kira yg pertama mendarat di bulan itu tintin dkk...

ravarafael

kadang kita susah untuk membuktikan sebuah fakta atau propaganda.................
jika memang apollo beserta awaknya pernah mendarat dibulan..........ada sebuah pertanyaan yaitu:
1.bukankah dibulan ruang hampa udara tapi kenapa bendera yang ditunjuki oleh seorang awak bisa bekibar(aneh, apa ada tiupan angin diruang hampa)coba dilihat aja untuk membuktikannya
2.bayangan para awak(sumbernya dari mana ya..............!?)
3.selanjutnya terserah anda
;D

peregrin

Kutip dari: ravarafael pada Juli 06, 2008, 11:23:39 AM
kadang kita susah untuk membuktikan sebuah fakta atau propaganda.................
jika memang apollo beserta awaknya pernah mendarat dibulan..........ada sebuah pertanyaan yaitu:
1.bukankah dibulan ruang hampa udara tapi kenapa bendera yang ditunjuki oleh seorang awak bisa bekibar(aneh, apa ada tiupan angin diruang hampa)coba dilihat aja untuk membuktikannya
2.bayangan para awak(sumbernya dari mana ya..............!?)
;D

jawaban pertanyaan2 ini dulu pernah dijelasin si astronomsableng ke gw, tapi lupa oops  :-[ :-[ :-[
nanya langsung ke dianya aja deh ya (tuh yg post2 di atas), silahkan di-pm sendiri hehhehe  ;D
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

izumi

aDuh...........
maap lemot........
jadi yang benar yang mana?????
mendarat ga sih...................
tapi klo nda salah doraemon, pernah deh ke bulan.........
bareng nobita dan kawan2!!!
klo mank kakek neil amstrong ga ke bulan,, kalah dong ma doraemon

syx

pas ke bulan kira-kira ada barang yg ditinggal di situ? bendera mungkin? ato kendaraan-kendaraan berat? kalo perlu intip aja pake teleskop canggih macam hubble. kalo ga ada yg nyolong ya berarti mustinya masi ada di situ dan bisa dilihat.

astronomsableng

Meskipun bulan memang dekat, tapi Teleskop Hubble maupun Keck tidak punya resolusi yang cukup untuk dapat melihat benda berukuran meter-an apalagi centimeter-an. Dua titik terang yang terpisah sejauh 10 meter di permukaan bulan akan dilihat sebagai satu titik saja.

Paling banter, resolusi Hubble adalah 120-an meter, masih terlalu besar untuk dapat melihat struktur2 yang ditinggalkan manusia di Bulan, misalnya tiang bendera (1 meter) dan lunar lander (10 meteran?).

Penjelasan lebih detail mengenai resolusi teleskop Hubble ada di sini: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

syx

mustinya kalo manusia bisa kirim wahana ke mars ato planet yg lebih jauh lagi berarti ke bulan pun bukan masalah...

astronomsableng

Kalau wahananya membawa manusia, jelas masalah dong. Membangun sistem wahana yang bisa menanggung hidup 1-3 orang di antariksa, jauh lebih sulit daripada membangun wahana tak berawak.

Menerbangkan orang ke bulan, pada tahun 70an, butuh biaya 1 Milyar dolar per kepala. Satu peluncuran ada 3 awak, berarti 3 Milyar dolar. Kamu tahu berapa biaya mengirimkan phoenix ke Mars? "Hanya" 400 juta dollar. Dengan 3 Milyar dolar kita bisa mengirimkan <a href="[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]">wahana tak berawak ke Saturnus</a>.

Setelah pendaratan manusia di Bulan, sudah banyak wahana2 tak berawak lainnya dikirimkan ke Bulan untuk meneliti berbagai aspek geologi mengenai bulan.

Pada halaman satu sudah saya tulis alasan2 mengapa tidak ada lagi pendaratan berawak di Bulan. Alasannya adalah karena biayanya mahal sekali. Lagipula ada perdebatan: Untuk apa mengirimkan manusia ke bulan ketika sebuah mesin bisa melakukan hal yang sama dengan sama baiknya?

syx

tengkiu banget penjelasannya... nah sekarang dari wahana tak berawak yg dikirim ke bulan itu ada ga yg nemu sisa-sisa pendaratan manusia pertama di sana? ato udah diembat maling?

astronomsableng

Meskipun garis tengahnya Bulan "cuman" 1/6 kali Bumi, tetap saja permukaan Bulan itu luas, jauh lebih luas daripada Tanah Abang. Meskipun sudah ada beberapa wahana tak berawak didaratkan di Bulan, mereka semua didaratkan di tempat2 yang berbeda dari situs pendaratan Apollo. Kalaupun mengorbit Bulan, mereka juga belum tentu mengamati daerah situs pendaratan Apollo (lagipula untuk apa?).

syx

untuk apa? ya bukti buat kita-kita lah, terutama buat yg ragu kalo beneran ada manusia pernah menginjak bulan...

astronomsableng

#29
Kalo ragu, banyak baca buku saja: buku fisika, buku fotografi, buku sejarah. Banyak hal bisa diselesaikan dengan membaca2 topik2 yang relevan dengan masalah yang diajukan, analisis, dan hitung2an.

Kalaupun nanti dibuktikan bahwa sisa-sisa pendaratan Apollo ternyata betul-betul ada di Bulan, paling-paling nanti muncul lagi teori konspirasi lain untuk menjelaskannya. "Sisa-sisa pendaratan Apollo diletakkan oleh alien yang berkonspirasi dengan Amerika Serikat untuk menguasai dunia!" Hehehehehe... Intinya, setiap hal pasti bisa disangkal.

Saya sebenarnya masih bingung kenapa sampai sekarang kita masih meributkan Pendaratan Apollo yang terjadi 40 tahun lalu. Kalaupun memang pendaratan itu palsu, emangnya kenapa? Toh pengetahuan kita tentang antariksa sudah begitu maju sekarang-sekarang ini. Apakah dengan demikian Pemerintah Amerika Serikat adalah penipu? Ya memangnya kenapa kalau begitu?