Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 15, 2024, 02:47:31 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 62
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 44
Total: 44

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Jangan pertentangkan Geosentris dan Heliosentris, keduanya benar.

Dimulai oleh jasen, April 10, 2015, 09:52:02 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ytridyrevsielixetuls

#15
intinya adalah anda tidak bisa menjawab soal satelit geostasioner, pendulum Faucault, dan efek Coriolis dalam model geosentris (terlebih lagi dalam model Ptolemy). sedangkan model Neo-Tychonic juga sudah kelihatan salahnya. ether yang memutar pendulum faucault dan menciptakan efek coriolis di Bumi karena perputaran cangkang langit seharusnya juga akan melempar orang yang meloncat di atas gedung, atau kaleng di taruh di atap gedung. tapi geocentrist berdalih ether yang masuk ke Bumi bentuknya tidak berputar lagi melainkan terjun bebas/vertikal kebawah. menjadikan teori geosentris makin kacau karena efek coriolis masih bisa terjadi dan pendulum Faucault masih berputar.. belum terhitung soal satelit geostasioner, yang sebagian di antaranya dioperasikan di luar atmosfer bumi tapi tidak terseret ether. penyalaan thruster dilakukan untuk mempertahankan posisi satelit di orbit yang diinginkan. karena selama satelit di operasikan, terkadang muncul perturbation misal dari gravitasi Bulan. geocentrist mengarang cerita dengan mengatakan thruster dinyalakan non-stop untuk melawan arus ether. bahkan ada yang bilang satelit tertahan di zona levitasi di antara gravitasi bumi dan perputaran semesta. ada-ada saja....

[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

__________

paling-paling alasan yang dipakai adalah tidak jelasnya batasan antara eksosfer dengan angkasa luar, sehingga klaim "satelit tertahan di zona levitasi" dapat dibenarkan. ini belum termasuk kejelasan apakah pengaruh ether semakin kuat atau lemah kalau semakin dekat ke pusat massa semesta.

A. kalau semakin kuat, bumi akan remuk akibat ether yang terhempas ke bumi. bumi tidak akan kuat memantulkan tekanan ether. dan pesawat antariksa tidak akan bisa melawan tekanan dan arus ether.

B. kalau semakin lemah, bintang-bintang di distant galaxies harusnya mengelilingi pusat massa semesta jauh lebih cepat daripada matahari mengelilingi bumi.

nʇǝʌ∀

zona levitasi itu istilah heliocentrist. yaitu zona di ketinggian sekitar 160 km dari permukaan bumi hingga 3000 km. dibawah itu satelit akan kehilangan altitude-nya dan diatas itu satelit akan lepas dari pengaruh rotasi bumi. permasalahan dalam teori geosentris adalah tidak adanya penjelasan ilmiah mengapa partikel-partikel aerosol bisa mengubah pergerakan ether dari berputar menjadi terjun bebas ke bawah.

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

__________

#18
ya benar. permasalahannya adalah pernyataan geocentrist sendiri yang bilang aether yang berputar berubah jadi vertikal alias terjun bebas ketika masuk ke bumi. dan satelit tertahan di zona levitasi antara gravitasi bumi dan gaya sentripugal hasil perputaran semesta. dan oleh karena zona levitasi itu berada di ketinggian 160 s/d 3000 km, maka apa yang terjadi pada aether di lapisan setebal itu? kenapa satelit geostasioner disana tidak terhempas ke bawah karena terdorong oleh aether dari luar angkasa yang merangsek masuk ke bumi yang notabene harus melalui zona itu? mana mungkin zona itu menjadi zona levitasi mengingat dari atas langit ada tekanan aether ke dalam bumi. dan ini tidak ditemui dalam teori heliosentris.

dan seperti yg telah saya kritisi sebelumnya, kalau pengaruh putaran aether semakin lemah ketika makin mendekati pusat massa semesta (dengan demikian bumi mampu melawan/memantulkan tekanan ether dari langit, dan pesawat/wahana antariksa mampu terbang leluasa di sekitar bumi), seharusnya bintang2 pada distant galaxies mengelilingi bumi jauh lebih cepat daripada matahari. kali ini apa lagi alasannya? karena distant galaxies terlalu berat padahal sebelumnya bawa-bawa kerangka inersia??

atau mau beralasan perturbation dari benda-benda langit yang membuat mereka terkunci/tertahan oleh pusat galaksi padahal tidak ada benda langit yang diam terkunci dan tidak terseret ether selain bumi?


Jangan terlalu OOT
/Mod

MuhammadRyan

Pertanyaan Heliosentris utk para Geosentris:

> Bumi punya gaya sebesar apa utk membuat semua benda langit trmasuk matahari yg gede bgt utk terus berputar di orbit nya mengelilingi bumi?
> Klo emang bener geosentris, bukannya seharusnya orbit matahari bakal nabrak sama orbit planet lain spt Saturnus, Yupiter, dan Uranus yg punya jarak yg hampir sma dgn bumi?


Pertanyaan Geosentris utk Heliosentris:
> Pernah liat bumi ngitarin matahari? Gk pernah, ya udh...
> Sudah dibahas di kitab suci, jadi sudah pasti benarnya... Puas?
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

abdillahibnunasrullah

Kutip dari: MuhammadRyan pada Juni 07, 2015, 08:16:42 AM
Pertanyaan Heliosentris utk para Geosentris:

> Bumi punya gaya sebesar apa utk membuat semua benda langit trmasuk matahari yg gede bgt utk terus berputar di orbit nya mengelilingi bumi?
> Klo emang bener geosentris, bukannya seharusnya orbit matahari bakal nabrak sama orbit planet lain spt Saturnus, Yupiter, dan Uranus yg punya jarak yg hampir sma dgn bumi?


Pertanyaan Geosentris utk Heliosentris:
> Pernah liat bumi ngitarin matahari? Gk pernah, ya udh...
> Sudah dibahas di kitab suci, jadi sudah pasti benarnya... Puas?
hanya karena ada di kitab suci?
Senpai daisuki ♡♡♡
Ganbate senpai ♡♡♡

Monox D. I-Fly

Kutip dari: abdillahibnunasrullah pada Juni 07, 2015, 05:47:20 PM
hanya karena ada di kitab suci?

Bukannya biasanya mereka memang begitu? Saya dulu juga begitu kok, tapi sekarang bisa lebih skeptis dan netral...
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.