Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 03, 2022, 10:01:47 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 60
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 55
Total: 55

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

apakah waktu=kecepatan cahaya?

Dimulai oleh mas culun, Juli 31, 2010, 09:15:42 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

mas culun

apakah waktu=kecepatan cahaya? kalo kita dapat bergerak melampaui kec.cahaya berarti kita dapat menabung waktu buat hari esok? ??? :-\

The Houw Liong

Kutip dari: mas culun pada Juli 31, 2010, 09:15:42 PM
apakah waktu=kecepatan cahaya? kalo kita dapat bergerak melampaui kec.cahaya berarti kita dapat menabung waktu buat hari esok? ??? :-\
Pengamat tidak bisa melampaui kecepatan cahaya. Untuk mendekati kecepatan cahaya saja diperlukan energi yang sangat besar. Ketika pengamat II mendekati kecepatan cahaya terhadap kerangka pengamatan I, maka waktunya akan melambat terhadap pengamat I.
HouwLiong

mpeteng

simplenya kalo kita bisa lampaui kecepatan cahaya, kita bisa lihat masa lalu kita. CMIIW

Andalusia

Waduh.., menurt ku, kecepatan cahaya hanya limit terhadap waktu... :kribo:

Farabi

Kutip dari: mpeteng pada September 08, 2010, 11:12:13 AM
simplenya kalo kita bisa lampaui kecepatan cahaya, kita bisa lihat masa lalu kita. CMIIW

Kayaknya pengertiannya bukan begitu deh. Mesin waktu itu pseudo science menurut saya.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

faiqhr

Kutip dari: mpeteng pada September 08, 2010, 11:12:13 AM
simplenya kalo kita bisa lampaui kecepatan cahaya, kita bisa lihat masa lalu kita. CMIIW

iya kah?

ahmad m.s

kcepatan cahaya pendapat q g ad hubungannya dgan prgi k masa lalu,
tapi kalo bwad jelajah alam ene kyk na mungkin sperti WARP
ngutip receh:

MonDay

loh satuan kecepatan kan jarak/waktu
jd imo waktu tidak sama dengan kecepatan cahaya

MoHaha

waktu adalah kecepatan cahaya ? waduh, setahuku, dari konsepnya saja sudah beda ...

mungkin maksud kamu dgn kata lain, andai kita bergerak dgn melebihi kecepatan cahaya, kita dapat 'mendahului waktu' ... atau dgn kata lain 'mundur' ke masa lalu ...
aku setuju2 aja dgn konsep ini, walaupun belum ada Hukum yg dapat 'mengaturnya' ( malah banyak yg 'melarang' macam Relativitas Khusus ), dapat menimbulkan paradoks ( walau sudah 'ditepis' oleh Superposisi Kuantum dan juga String Theory ) ...
tapi masalahnya, masih terlalu cepat 'disebut percaya' selama kita belum yakin 100% ... dan aku belum yakin 100% ( bahkan 50% aja belum ... ), sebab belum ada pembuktian dan masih sulit 'dicerna' alias agaka ngga masuk akal ...

nate river

Gak usah mikir jauh-jauh deh.....para ilmuwan aja masih pada bingung menyatukan fisika kuantum ma fisika gravitasi.......

So....kalau pengen tau bener ga sih bisa menjelajah waktu dengan menembus kecepatan cahaya? jawabnya adalah  tunggu teori lengkap kuantum gravitasi lahir, baru bisa pecahin masalah ntu.....hahaha....asal ngomong nih ane.....piiiiissss   ;D

tapi sebenernya rumus Mbah Albert Einstein tentang materi berkecepatan cahaya dah di apply lewat pembuatan bom nuklir sih.....tapi,itu kaitannya ma energy....bukan ruang waktu.

kayaknya ane setuju ma yg ini nih....
Kutip dari: ahmad m.s pada September 20, 2010, 09:03:26 PM
kcepatan cahaya pendapat q g ad hubungannya dgan prgi k masa lalu,
tapi kalo bwad jelajah alam ene kyk na mungkin sperti WARP
hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

riandono

msh bingung..
la misal kita udah bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya, gmn caranya supaya bisa balik ke masa lalu atau masa depan. kita bergerak kemana?


futakuokanaba

Kutip dari: mpeteng pada September 08, 2010, 11:12:13 AM
simplenya kalo kita bisa lampaui kecepatan cahaya, kita bisa lihat masa lalu kita. CMIIW
Bukankah semua yang kita lihat saat ini adalah masa lalu? karena cahaya memerlukan waktu tertentu untuk sampai dari benda ke mata kita.

Apakah bergerak lebih cepat dari cahaya bisa membawa kita ke masa lalu? menurutku gak bisa..

JIKA ada sebuah bintang 100 tahun cahaya dari bumi yang saat ini sudah hancur, namun masih terlihat dari bumi.. kemudian saat ini juga kita BISA berpindah ke tempat kita melihat bintang itu, apakah kita akan menemukan bintang yang kita "LIHAT" itu? apakah kita pergi ke masa lalu?

Cahaya adalah batasan kecepatan bagi penglihatan, karena manusia melihat (dengan bantuan) cahaya..

Li

Kutipmsh bingung..
la misal kita udah bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya, gmn caranya supaya bisa balik ke masa lalu atau masa depan. kita bergerak kemana?

Bergerak melebihi kecepatan cahaya bukan berarti bisa kembali ke masa lalu, melainkan begerak lebih cepat dari waktu itu sendiri, sehingga kita akan lebih muda dari segala hal di sekeliling kita. Saya rasa sudah cukup banyak teori yang sudah memberitahukan hal itu.

Kalau ingin kembali ke masa lalu, mungkin kita harus mencari yang disebut "Worm-Hole" seperti yang di jelaskan oleh teori Albert Einstein.
大龙是一个怪物

Im

kecepatan cahaya merupakan sebuah konstanta yang disimbolkan dengan huruf c, singkatan dari celeritas (yang dirujuk dari dari bahasa Latin) yang berarti "kecepatan".

Kecepatan cahaya dalam sebuah ruang hampa udara didefinisikan saat ini pada 299.792.458 meter per detik (m/s)[1]atau 1.079.252.848,8 kilometer per jam (km/h) atau 186.282.4 mil per detik (mil/s) atau 670.616.629,38 mil per jam (mil/h), yang ditetapkan pada tahun 1975 dengan toleransi kesalahan sebesar 4×10−9.[2] Pada tahun 1983, satuan meter didefinisikan kembali dalam Sistem Satuan Internasional (SI) kemudian ditetapkan pada 17th Conférence Générale des Poids et Mesures sebagai ... the length of the path travelled by light in vacuum during a time interval of 1⁄299.792.458 of a second[3][4][5][6] , sehingga nilai konstanta c dalam meter per detik sekarang tetap tepat dalam definisi meter, sebagai jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa pada 1⁄299.792.458 detik[7][8][9].

ahmad m.s

Kutip dari: Li pada Januari 03, 2011, 11:10:38 PM
Kutipmsh bingung..
la misal kita udah bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya, gmn caranya supaya bisa balik ke masa lalu atau masa depan. kita bergerak kemana?

Bergerak melebihi kecepatan cahaya bukan berarti bisa kembali ke masa lalu, melainkan begerak lebih cepat dari waktu itu sendiri, sehingga kita akan lebih muda dari segala hal di sekeliling kita. Saya rasa sudah cukup banyak teori yang sudah memberitahukan hal itu.

Kalau ingin kembali ke masa lalu, mungkin kita harus mencari yang disebut "Worm-Hole" seperti yang di jelaskan oleh teori Albert Einstein.

Worm-Hole?? emank pilem piksi apa...
soal na tekanan dalam wormhole ntu sndiri sangat besar hingga cahaya aje ga' tembus..... bisa nelan bintang sebelahnya....
ngutip receh: