Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Astronomi dan Kosmologi => Topik dimulai oleh: mas culun pada Juli 31, 2010, 09:15:42 PM

Judul: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: mas culun pada Juli 31, 2010, 09:15:42 PM
apakah waktu=kecepatan cahaya? kalo kita dapat bergerak melampaui kec.cahaya berarti kita dapat menabung waktu buat hari esok? ??? :-\
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Agustus 02, 2010, 09:44:04 AM
Kutip dari: mas culun pada Juli 31, 2010, 09:15:42 PM
apakah waktu=kecepatan cahaya? kalo kita dapat bergerak melampaui kec.cahaya berarti kita dapat menabung waktu buat hari esok? ??? :-\
Pengamat tidak bisa melampaui kecepatan cahaya. Untuk mendekati kecepatan cahaya saja diperlukan energi yang sangat besar. Ketika pengamat II mendekati kecepatan cahaya terhadap kerangka pengamatan I, maka waktunya akan melambat terhadap pengamat I.
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: mpeteng pada September 08, 2010, 11:12:13 AM
simplenya kalo kita bisa lampaui kecepatan cahaya, kita bisa lihat masa lalu kita. CMIIW
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Andalusia pada September 09, 2010, 11:08:52 AM
Waduh.., menurt ku, kecepatan cahaya hanya limit terhadap waktu... :kribo:
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Farabi pada September 11, 2010, 10:35:34 AM
Kutip dari: mpeteng pada September 08, 2010, 11:12:13 AM
simplenya kalo kita bisa lampaui kecepatan cahaya, kita bisa lihat masa lalu kita. CMIIW

Kayaknya pengertiannya bukan begitu deh. Mesin waktu itu pseudo science menurut saya.
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: faiqhr pada September 20, 2010, 08:50:26 PM
Kutip dari: mpeteng pada September 08, 2010, 11:12:13 AM
simplenya kalo kita bisa lampaui kecepatan cahaya, kita bisa lihat masa lalu kita. CMIIW

iya kah?
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: ahmad m.s pada September 20, 2010, 09:03:26 PM
kcepatan cahaya pendapat q g ad hubungannya dgan prgi k masa lalu,
tapi kalo bwad jelajah alam ene kyk na mungkin sperti WARP
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: MonDay pada September 20, 2010, 11:35:34 PM
loh satuan kecepatan kan jarak/waktu
jd imo waktu tidak sama dengan kecepatan cahaya
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: MoHaha pada Oktober 16, 2010, 07:23:24 PM
waktu adalah kecepatan cahaya ? waduh, setahuku, dari konsepnya saja sudah beda ...

mungkin maksud kamu dgn kata lain, andai kita bergerak dgn melebihi kecepatan cahaya, kita dapat 'mendahului waktu' ... atau dgn kata lain 'mundur' ke masa lalu ...
aku setuju2 aja dgn konsep ini, walaupun belum ada Hukum yg dapat 'mengaturnya' ( malah banyak yg 'melarang' macam Relativitas Khusus ), dapat menimbulkan paradoks ( walau sudah 'ditepis' oleh Superposisi Kuantum dan juga String Theory ) ...
tapi masalahnya, masih terlalu cepat 'disebut percaya' selama kita belum yakin 100% ... dan aku belum yakin 100% ( bahkan 50% aja belum ... ), sebab belum ada pembuktian dan masih sulit 'dicerna' alias agaka ngga masuk akal ...
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: nate river pada Oktober 31, 2010, 12:02:49 PM
Gak usah mikir jauh-jauh deh.....para ilmuwan aja masih pada bingung menyatukan fisika kuantum ma fisika gravitasi.......

So....kalau pengen tau bener ga sih bisa menjelajah waktu dengan menembus kecepatan cahaya? jawabnya adalah  tunggu teori lengkap kuantum gravitasi lahir, baru bisa pecahin masalah ntu.....hahaha....asal ngomong nih ane.....piiiiissss   ;D

tapi sebenernya rumus Mbah Albert Einstein tentang materi berkecepatan cahaya dah di apply lewat pembuatan bom nuklir sih.....tapi,itu kaitannya ma energy....bukan ruang waktu.

kayaknya ane setuju ma yg ini nih....
Kutip dari: ahmad m.s pada September 20, 2010, 09:03:26 PM
kcepatan cahaya pendapat q g ad hubungannya dgan prgi k masa lalu,
tapi kalo bwad jelajah alam ene kyk na mungkin sperti WARP
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: riandono pada November 03, 2010, 09:22:09 AM
msh bingung..
la misal kita udah bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya, gmn caranya supaya bisa balik ke masa lalu atau masa depan. kita bergerak kemana?

Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: futakuokanaba pada November 03, 2010, 06:47:18 PM
Kutip dari: mpeteng pada September 08, 2010, 11:12:13 AM
simplenya kalo kita bisa lampaui kecepatan cahaya, kita bisa lihat masa lalu kita. CMIIW
Bukankah semua yang kita lihat saat ini adalah masa lalu? karena cahaya memerlukan waktu tertentu untuk sampai dari benda ke mata kita.

Apakah bergerak lebih cepat dari cahaya bisa membawa kita ke masa lalu? menurutku gak bisa..

JIKA ada sebuah bintang 100 tahun cahaya dari bumi yang saat ini sudah hancur, namun masih terlihat dari bumi.. kemudian saat ini juga kita BISA berpindah ke tempat kita melihat bintang itu, apakah kita akan menemukan bintang yang kita "LIHAT" itu? apakah kita pergi ke masa lalu?

Cahaya adalah batasan kecepatan bagi penglihatan, karena manusia melihat (dengan bantuan) cahaya..
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Li pada Januari 03, 2011, 11:10:38 PM
Kutipmsh bingung..
la misal kita udah bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya, gmn caranya supaya bisa balik ke masa lalu atau masa depan. kita bergerak kemana?

Bergerak melebihi kecepatan cahaya bukan berarti bisa kembali ke masa lalu, melainkan begerak lebih cepat dari waktu itu sendiri, sehingga kita akan lebih muda dari segala hal di sekeliling kita. Saya rasa sudah cukup banyak teori yang sudah memberitahukan hal itu.

Kalau ingin kembali ke masa lalu, mungkin kita harus mencari yang disebut "Worm-Hole" seperti yang di jelaskan oleh teori Albert Einstein.
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Im pada Januari 05, 2011, 05:45:41 PM
kecepatan cahaya merupakan sebuah konstanta yang disimbolkan dengan huruf c, singkatan dari celeritas (yang dirujuk dari dari bahasa Latin) yang berarti "kecepatan".

Kecepatan cahaya dalam sebuah ruang hampa udara didefinisikan saat ini pada 299.792.458 meter per detik (m/s)[1]atau 1.079.252.848,8 kilometer per jam (km/h) atau 186.282.4 mil per detik (mil/s) atau 670.616.629,38 mil per jam (mil/h), yang ditetapkan pada tahun 1975 dengan toleransi kesalahan sebesar 4×10−9.[2] Pada tahun 1983, satuan meter didefinisikan kembali dalam Sistem Satuan Internasional (SI) kemudian ditetapkan pada 17th Conférence Générale des Poids et Mesures sebagai ... the length of the path travelled by light in vacuum during a time interval of 1⁄299.792.458 of a second[3][4][5][6] , sehingga nilai konstanta c dalam meter per detik sekarang tetap tepat dalam definisi meter, sebagai jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa pada 1⁄299.792.458 detik[7][8][9].
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: ahmad m.s pada Januari 13, 2011, 07:51:45 PM
Kutip dari: Li pada Januari 03, 2011, 11:10:38 PM
Kutipmsh bingung..
la misal kita udah bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya, gmn caranya supaya bisa balik ke masa lalu atau masa depan. kita bergerak kemana?

Bergerak melebihi kecepatan cahaya bukan berarti bisa kembali ke masa lalu, melainkan begerak lebih cepat dari waktu itu sendiri, sehingga kita akan lebih muda dari segala hal di sekeliling kita. Saya rasa sudah cukup banyak teori yang sudah memberitahukan hal itu.

Kalau ingin kembali ke masa lalu, mungkin kita harus mencari yang disebut "Worm-Hole" seperti yang di jelaskan oleh teori Albert Einstein.

Worm-Hole?? emank pilem piksi apa...
soal na tekanan dalam wormhole ntu sndiri sangat besar hingga cahaya aje ga' tembus..... bisa nelan bintang sebelahnya....
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Farabi pada Januari 16, 2011, 08:48:18 PM
pada tahu tentang colider gak? Disitu sebuah atom digerakkan melebihi kecepatan cahaya kemudian ditabrakan, hasilnya?? Atom tersebut tidak menghilang, tapi hancur berkeping-keping. Kesimpulan, tidak ada mesin waktu.
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Januari 17, 2011, 08:15:55 AM
emangnya ada yang udah pernah melihat sebutir atom,  lalu dibayangkan seperti kelereng yang ditabrakkan dan hancur berkeping-keping .......... :)
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: ahmad m.s pada Januari 27, 2011, 06:25:53 PM
wong atom na sebesar klereng huhuhu....

hemmm.... perasaan atom adalah satuan terkecil
apakah masih bisa hancur lagi??
coba liad di [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Farabi pada Februari 13, 2011, 08:26:54 PM
Pernah dengar teori string tidak?
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Ayaz pada Februari 14, 2011, 12:48:36 AM
Atom adalah satuan terkecil cuman bukan yang Ter (T besar) kecillah. Masih banyak bagian dari komposisi atom yang membentuknya.

Seandainya saja quark adalah bagian terkecil dari atom sekalipun, kita tetap akan berasumsi secara sehat bahwa mustahil sebuah benda sepanjang sifar kebendaan melekat padanya kemudian tak bisa dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi...

Masalah apakah teknologi mampu atau tidak melakukan proses pemecahan atom dalam sebuah reaktor fisi atau tidak itu persolan lain. Jadi bagaimana...??? ya atom bukanlah zarah terkecil dialam ini.
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: herrutama pada Februari 23, 2011, 04:18:07 AM
hahhaha...

so ,lebih muda dengan kecepatan cahaya..

tapi adakah teknologi yang dapat melebihi atau menyamai kecepatan cahaya tersebut.
toh Einstein bilang gag ada benda yang dapat melebihi kecepatan cahaya.
postulat relativitas einstein
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: javahos pada Maret 03, 2011, 10:18:15 PM
Kutip dari: mas culun pada Juli 31, 2010, 09:15:42 PM
apakah waktu=kecepatan cahaya? kalo kita dapat bergerak melampaui kec.cahaya berarti kita dapat menabung waktu buat hari esok? ??? :-\
aku jadi bingung , hehe
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: khenstein pada Maret 05, 2011, 11:34:34 PM
menurut ku yg org baru disini, dikutif dari kata2 einstein bahwa jika sebuah materi dipercepat sampai mencapai kecepatan cahaya maka massa materi tersebut akan menjadi mendekati tak hingga. kalo tidak salah,
terus jika foton cahaya yg dari asal muasal nya memiliki kecepatan cahaya tidak dipercepat untuk mendekati kecepatan cahaya, itu suatu ketika melampaui kecepatan cahaya maka dia akan keluat dari kerucut cahaya dan tidak pada ruang waktu lagi dunia lagi, tapi masuk ke daerah tidak berwaktu yaitu tachyon
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: khenstein pada Maret 05, 2011, 11:37:28 PM
perlu diketahui buat teman2 jika kita telah memasuki fisika modern maka konsep ruang dan waktu itu berubah lo.. buat postulat einstein juga ada kejanggalan.
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: doktergila pada Maret 12, 2011, 03:48:15 PM
kecepatan cahaya tuh bisa mempersingkat waktu
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: khenstein pada Maret 13, 2011, 02:19:52 AM
waktu apa mas????
atau membengkok kan ruang, bahasa sederhananya,
bahasa keren nya menghancurkan dinding dimensi dan membuat jalan langsung ke dunia yg dituju... karena dunia kita hanya seperti lubang cacing2 yang membuat dunia ini terasa jauh
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Maret 15, 2011, 11:49:32 AM
Kutip dari: khenstein pada Maret 05, 2011, 11:34:34 PM
menurut ku yg org baru disini, dikutif dari kata2 einstein bahwa jika sebuah materi dipercepat sampai mencapai kecepatan cahaya maka massa materi tersebut akan menjadi mendekati tak hingga. kalo tidak salah,
terus jika foton cahaya yg dari asal muasal nya memiliki kecepatan cahaya tidak dipercepat untuk mendekati kecepatan cahaya, itu suatu ketika melampaui kecepatan cahaya maka dia akan keluat dari kerucut cahaya dan tidak pada ruang waktu lagi dunia lagi, tapi masuk ke daerah tidak berwaktu yaitu tachyon

Daerah tidak berwaktu? Maksudnya gimana?
Daerah dimana waktu berhenti sehingga tidak ada benda yang bergerak, atau daerah dimana waktu berjalan lambat?
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: khenstein pada Maret 16, 2011, 09:15:15 PM
pernah belajar diagram kartesian.. nah jika sumbu x adalah waktu... maka masa lampau adalah bagian minus, dan masa depan adalah plus.. sumbu perpotongan dengan sumbu y adalah 0. itu lah dia. dalam penciptaan dunia juga sebelum bigbang, pada saat singularitas itu pada ruang 0 dan waktu 0.
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Maret 17, 2011, 08:59:14 AM
Kutip dari: khenstein pada Maret 16, 2011, 09:15:15 PM
pernah belajar diagram kartesian.. nah jika sumbu x adalah waktu... maka masa lampau adalah bagian minus, dan masa depan adalah plus.. sumbu perpotongan dengan sumbu y adalah 0. itu lah dia. dalam penciptaan dunia juga sebelum bigbang, pada saat singularitas itu pada ruang 0 dan waktu 0.

Koq rasa2nya ini kontradiksi dg teori Mas tentang masa kekinian di thread yang satunya ya Mas?  ???
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: khenstein pada Maret 17, 2011, 11:20:21 PM
iya po??? gak lah.... yah permisalan lo.... abis kalo saya pake kerucut cahaya pada gak ngerti... yah tapi bener kan masa kekinian semu...
kalo 0 emank ada yah... kalo kamu punya kue tapi gak bisa dilihat apa itu artinya.....
yah kalo emank kontradiksi tolong di sebutkan kata2 nya....mungkin kata2 saya yang salah... soal nya konsep saya gak berubah tu tentang waktu kekinian... cuman pengumpamaan nya berbeda2...........
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: ngajakmikir pada Maret 18, 2011, 06:24:50 PM
Kutip dari: khenstein pada Maret 05, 2011, 11:34:34 PM
daerah tidak berwaktu yaitu tachyon

tachyon cuma ada dalam khayalan. definisinya aja salah

dari wiki
Kutip
A tachyon is a hypothetical subatomic particle that moves faster than light

jadi tachyon itu partikel bukan dimensi. dan itu pun statusnya masih hipotesis.
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: khenstein pada Maret 20, 2011, 12:46:56 AM
hem bukan e...... dibuku saya mengatakan thacyon itu bisa materi apa saja yang melebihi kecepatan cahaya.... dan masuk k dalam wilayah thacyon.... kalo si john A wheeler salah berarti semua teori kuantum salh yah... waduh ngulang dari awal nih
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 21, 2011, 09:26:52 AM
menurut saya partikel yang melebihi cahaya adalah nuklir.
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: khenstein pada Maret 21, 2011, 10:34:33 PM
hehhehehhehehehheh secara real nuklir blom melewati kecepatan cahaya.....^_^
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: 12 pada Mei 15, 2011, 10:32:07 PM
sesuatu yg bergerak dengan kecepatan cahaya (c) tidak memiliki dimensi waktu
kalo bergerak melebihi C mungkin dimensi waktu muncul lagi tapi jalannya waktu mundur
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: nate river pada Mei 24, 2011, 07:38:20 PM
ada nggak ya benda yg bergerak melebihi c???
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: faiqhr pada Mei 27, 2011, 07:20:39 AM
baca di sini gan http://www.forumsains.com/fisika/kecepatan-cahaya/
Judul: Re: apakah waktu=kecepatan cahaya?
Ditulis oleh: eka jaya harsono pada Juli 02, 2011, 01:34:43 AM
waktu tidak sama dengan kecepatan cahaya, kecepatan cahaya terjadi karena pengaruh waktu, sesuai dengan satuan dari kecepatan yaitu m/s berarti, tapi anda benar gan jika beranggapan bahwa anda bisa menabung sisa hidup anda, dan jujur saja untuk kita dapat kembali ke masa lalu kemungkinannya menurut saya kecil, kalau ingin memperlambat atau menghentikan kita bisa, tapi untuk membalikkan? saya kurang yakin. tidak ada nominal - kan dalam waktu?