Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 06:27:33 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

apakah waktu=kecepatan cahaya?

Dimulai oleh mas culun, Juli 31, 2010, 09:15:42 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Farabi

pada tahu tentang colider gak? Disitu sebuah atom digerakkan melebihi kecepatan cahaya kemudian ditabrakan, hasilnya?? Atom tersebut tidak menghilang, tapi hancur berkeping-keping. Kesimpulan, tidak ada mesin waktu.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

semut-ireng

emangnya ada yang udah pernah melihat sebutir atom,  lalu dibayangkan seperti kelereng yang ditabrakkan dan hancur berkeping-keping .......... :)

ahmad m.s

wong atom na sebesar klereng huhuhu....

hemmm.... perasaan atom adalah satuan terkecil
apakah masih bisa hancur lagi??
coba liad di [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
ngutip receh:

Farabi

Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Ayaz

Atom adalah satuan terkecil cuman bukan yang Ter (T besar) kecillah. Masih banyak bagian dari komposisi atom yang membentuknya.

Seandainya saja quark adalah bagian terkecil dari atom sekalipun, kita tetap akan berasumsi secara sehat bahwa mustahil sebuah benda sepanjang sifar kebendaan melekat padanya kemudian tak bisa dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi...

Masalah apakah teknologi mampu atau tidak melakukan proses pemecahan atom dalam sebuah reaktor fisi atau tidak itu persolan lain. Jadi bagaimana...??? ya atom bukanlah zarah terkecil dialam ini.

herrutama

hahhaha...

so ,lebih muda dengan kecepatan cahaya..

tapi adakah teknologi yang dapat melebihi atau menyamai kecepatan cahaya tersebut.
toh Einstein bilang gag ada benda yang dapat melebihi kecepatan cahaya.
postulat relativitas einstein

javahos

Kutip dari: mas culun pada Juli 31, 2010, 09:15:42 PM
apakah waktu=kecepatan cahaya? kalo kita dapat bergerak melampaui kec.cahaya berarti kita dapat menabung waktu buat hari esok? ??? :-\
aku jadi bingung , hehe

khenstein

menurut ku yg org baru disini, dikutif dari kata2 einstein bahwa jika sebuah materi dipercepat sampai mencapai kecepatan cahaya maka massa materi tersebut akan menjadi mendekati tak hingga. kalo tidak salah,
terus jika foton cahaya yg dari asal muasal nya memiliki kecepatan cahaya tidak dipercepat untuk mendekati kecepatan cahaya, itu suatu ketika melampaui kecepatan cahaya maka dia akan keluat dari kerucut cahaya dan tidak pada ruang waktu lagi dunia lagi, tapi masuk ke daerah tidak berwaktu yaitu tachyon
hampa itu isi dan isi itu hampa

khenstein

perlu diketahui buat teman2 jika kita telah memasuki fisika modern maka konsep ruang dan waktu itu berubah lo.. buat postulat einstein juga ada kejanggalan.
hampa itu isi dan isi itu hampa

doktergila

kecepatan cahaya tuh bisa mempersingkat waktu

khenstein

waktu apa mas????
atau membengkok kan ruang, bahasa sederhananya,
bahasa keren nya menghancurkan dinding dimensi dan membuat jalan langsung ke dunia yg dituju... karena dunia kita hanya seperti lubang cacing2 yang membuat dunia ini terasa jauh
hampa itu isi dan isi itu hampa

Monox D. I-Fly

Kutip dari: khenstein pada Maret 05, 2011, 11:34:34 PM
menurut ku yg org baru disini, dikutif dari kata2 einstein bahwa jika sebuah materi dipercepat sampai mencapai kecepatan cahaya maka massa materi tersebut akan menjadi mendekati tak hingga. kalo tidak salah,
terus jika foton cahaya yg dari asal muasal nya memiliki kecepatan cahaya tidak dipercepat untuk mendekati kecepatan cahaya, itu suatu ketika melampaui kecepatan cahaya maka dia akan keluat dari kerucut cahaya dan tidak pada ruang waktu lagi dunia lagi, tapi masuk ke daerah tidak berwaktu yaitu tachyon

Daerah tidak berwaktu? Maksudnya gimana?
Daerah dimana waktu berhenti sehingga tidak ada benda yang bergerak, atau daerah dimana waktu berjalan lambat?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

khenstein

pernah belajar diagram kartesian.. nah jika sumbu x adalah waktu... maka masa lampau adalah bagian minus, dan masa depan adalah plus.. sumbu perpotongan dengan sumbu y adalah 0. itu lah dia. dalam penciptaan dunia juga sebelum bigbang, pada saat singularitas itu pada ruang 0 dan waktu 0.
hampa itu isi dan isi itu hampa

Monox D. I-Fly

Kutip dari: khenstein pada Maret 16, 2011, 09:15:15 PM
pernah belajar diagram kartesian.. nah jika sumbu x adalah waktu... maka masa lampau adalah bagian minus, dan masa depan adalah plus.. sumbu perpotongan dengan sumbu y adalah 0. itu lah dia. dalam penciptaan dunia juga sebelum bigbang, pada saat singularitas itu pada ruang 0 dan waktu 0.

Koq rasa2nya ini kontradiksi dg teori Mas tentang masa kekinian di thread yang satunya ya Mas?  ???
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

khenstein

iya po??? gak lah.... yah permisalan lo.... abis kalo saya pake kerucut cahaya pada gak ngerti... yah tapi bener kan masa kekinian semu...
kalo 0 emank ada yah... kalo kamu punya kue tapi gak bisa dilihat apa itu artinya.....
yah kalo emank kontradiksi tolong di sebutkan kata2 nya....mungkin kata2 saya yang salah... soal nya konsep saya gak berubah tu tentang waktu kekinian... cuman pengumpamaan nya berbeda2...........
hampa itu isi dan isi itu hampa