Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 08:31:48 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak  (Dibaca 6190 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline binekas

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 201
  • IQ: 6
cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« pada: Juni 28, 2010, 07:35:11 AM »
kemaren kan baru liat gerhana parsial yg beruntung banget cuaca lagi cerah jadi bisa lihat dengan sangat jelas tapi pas d liat kok bulan nya gg da bedanya sma bulan2 pada biasany? apa sih yg ngebedain antara bulan yg lagi gerhana sama bulan yg lagi gerhana??

kl gerhana matahari kan sedikit lebih gampang karena ketika gerhana matahari maka ketika kita melihat maatahari akan tertutup oleh bayangan hitam yg tidak lain adalah bulan.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #1 pada: Juni 28, 2010, 10:24:09 AM »
kemaren kan baru liat gerhana parsial yg beruntung banget cuaca lagi cerah jadi bisa lihat dengan sangat jelas tapi pas d liat kok bulan nya gg da bedanya sma bulan2 pada biasany? apa sih yg ngebedain antara bulan yg lagi gerhana sama bulan yg lagi gerhana??

kl gerhana matahari kan sedikit lebih gampang karena ketika gerhana matahari maka ketika kita melihat maatahari akan tertutup oleh bayangan hitam yg tidak lain adalah bulan.
beda antara apa nih mas?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #2 pada: Juni 28, 2010, 11:28:32 AM »
Hm, setauq, beda warnanya aja. Bulan yg lagi gerhana, warnanya agak2 panas gitu. Kayak ada merah2nya n redup. Kalo yg biasa, warnanya terang, putih/kuning.

Yg paling gampang, liat kalender jawa/hijriah aja. Tanggal 15an itu bulan purnama, jadi klo tanggal segitu bulannya 'berlubang', berarti itu gerhana... see? ;D
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #3 pada: Juni 28, 2010, 12:26:10 PM »
Yg paling gampang, liat kalender jawa/hijriah aja. Tanggal 15an itu bulan purnama, jadi klo tanggal segitu bulannya 'berlubang', berarti itu gerhana... see? ;D
No offense, rasanya kalender bulan/Kalender China lebih akurat jika bicara periode bulan.

Offline paradoks

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 2
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #4 pada: Juni 28, 2010, 02:05:57 PM »
sama saja, kalender hijrah juga sangat akurat untuk kalender bulan. saya nggak tau lho kalo kalender cina, tapi buat muslim, karena tanggalan hijriyah sangat penting buat ibadah (nentuin puasa, lebaran etc.) keakuratan sangat perlu, makanya tiap mau lebaran kudu dirukyat dolo.
"ohhhh I wish I could live life five times over…Then I’d be born in five different places, and I’d stuff myself with different food from around the world…I’d live five different lives with five different occupations…and then, for those five times…I’d fall in love with the same person…five times..” ~Bleach, Inoue Orihime~

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #5 pada: Juni 28, 2010, 09:31:30 PM »
So desu ka? Ok deh, makasi koreksinya... :)

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #6 pada: Juni 29, 2010, 10:50:24 AM »
sama saja, kalender hijrah juga sangat akurat untuk kalender bulan. saya nggak tau lho kalo kalender cina, tapi buat muslim, karena tanggalan hijriyah sangat penting buat ibadah (nentuin puasa, lebaran etc.) keakuratan sangat perlu, makanya tiap mau lebaran kudu dirukyat dolo.
Tapi ada kalanya kalender Bulan dan Kalender hijriah selisih sehari, dan saat itu kalender bulan lebih jelas menunjukkan kondisi bulan purnama (tanggal 15 pasti bulan purnama).

Kalau memang akurat, kenapa mesti dirukyat lagi? Artinya kalendernya mesti 'dikalibrasi ulang' kan?

*Dan tiap tanggal 7 bulan 7 kalender bulan, pasti penampakan altair-Vega terlihat paling jelas (di luar faktor cuaca seperti mendung dll).
« Edit Terakhir: Juni 29, 2010, 10:51:55 AM oleh Pi-One »

Offline binekas

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 201
  • IQ: 6
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #7 pada: Juli 05, 2010, 08:00:25 AM »
kemaren kan baru liat gerhana parsial yg beruntung banget cuaca lagi cerah jadi bisa lihat dengan sangat jelas tapi pas d liat kok bulan nya gg da bedanya sma bulan2 pada biasany? apa sih yg ngebedain antara bulan yg lagi gerhana sama bulan yg lagi gerhana??

kl gerhana matahari kan sedikit lebih gampang karena ketika gerhana matahari maka ketika kita melihat maatahari akan tertutup oleh bayangan hitam yg tidak lain adalah bulan.
beda antara apa nih mas?

bedany bulan yg sedang mengalami gerhana sama bulan yg tidak mengalami gerhana? tanpa kita mengetahui d kalender? apa bisa kita membedakan bulan yang lagi gerhana dengan bulan biasa dengan mata telanjang? kalo bisa apa ciri-cirinya??

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #8 pada: Juli 05, 2010, 08:04:55 AM »
Kalo' yg aq liat sih, waktu gerhana bulan total bulannya warnanya merah.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline binekas

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 201
  • IQ: 6
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #9 pada: Juli 05, 2010, 08:50:05 AM »
waktu gerhana bulan parsial kemaren gg merah kl gg salah??

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak
« Jawab #10 pada: Agustus 13, 2010, 08:41:36 AM »
ga selalu bulannya jadi merah... cara identifikasi ya musti sadar tanggal. misalnya malam kemaren bulannya bulat penuh kok sekarang tinggal separo ato malah ga keliatan padahal cuaca cerah pasti lah itu gerhana.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
9912 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2007, 09:59:04 PM
oleh reborn
4 Jawaban
5380 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2008, 12:38:17 AM
oleh WfS
32 Jawaban
21345 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2016, 02:37:59 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
3138 Dilihat
Tulisan terakhir September 14, 2010, 10:16:30 PM
oleh deathspeel omega
4 Jawaban
3880 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2011, 04:05:22 AM
oleh hepimental