Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 25, 2021, 10:24:23 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26693
  • Latest: oom joe
Stats
  • Total Tulisan: 139618
  • Total Topik: 10381
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 30
Total: 30

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: [ASK] cara kerja teleskop  (Dibaca 6949 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline comfortable

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 1
[ASK] cara kerja teleskop
« pada: September 06, 2011, 03:54:32 AM »
gan ane mau tanya nih gimana sih cara kerja teleskop tuh?
ane bingung aja, kan itu objek jaraknya jauh banget tuh, bisa sampe ratusan tahun cahaya, tapi kok uda bisa keliatan atau terdeteksi ya?
sedangkan mereka baru meneliti beberapa tahun doang kan?
nah yang mereka gunain itu apa sih gan, sampe2 yang jaraknya 300 tahun cahaya aja bisa kedeteksi duluan, berarti ada yang lebih cepet dari kecepatan cahaya dong?

kalo bole kasi penjelasan dong gan,gw pengen tau nih.hehehe...tengkyu yak

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: [ASK] cara kerja teleskop
« Jawab #1 pada: September 06, 2011, 11:52:21 AM »
Saat cahaya satu bintang dari jarak seratus tahun cahaya ditangkap teleskop, maka itu adalah informasi cahaya dari seratus tahun lalu. Saat teleskop menangkap fenomena supernova dari bintang berjarak seribu tahun cahaya, itu peristiwa yang terjadi seribu tahun lalu, bisa jadi saat astronom mengetahui peristiwa supernova, peristiwanya sudah selesai sejak dulu.

Offline comfortable

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 1
Re: [ASK] cara kerja teleskop
« Jawab #2 pada: September 07, 2011, 12:54:32 AM »
Saat cahaya satu bintang dari jarak seratus tahun cahaya ditangkap teleskop, maka itu adalah informasi cahaya dari seratus tahun lalu. Saat teleskop menangkap fenomena supernova dari bintang berjarak seribu tahun cahaya, itu peristiwa yang terjadi seribu tahun lalu, bisa jadi saat astronom mengetahui peristiwa supernova, peristiwanya sudah selesai sejak dulu.

hmmm...gimana cara mengetahui kalo sinar yang baru keliatan itu dari seribu tahun yang lalu?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: [ASK] cara kerja teleskop
« Jawab #3 pada: September 07, 2011, 01:00:34 AM »
Itu berdasar prinsip kecepatan cahaya.Bahkan cahaya pun memerlukan waktu untuk tiba dari satu titik ke tempat lain, termasuk dari bintang asal hingga ke bumi. 1 tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam 1 tahun, kalau mau tahu jarak dalam km atau satuan lain, kalikan saja waktu 1 tahun itu dengan kecepatan cahaya.

Offline arno

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
Re: [ASK] cara kerja teleskop
« Jawab #4 pada: Oktober 06, 2011, 08:19:13 AM »
Cara kerja teleskop berdasarkan prinsip2 lensa (cembung) dimana cahaya difokuskan melalui lensa objektif, kemudian cahaya yg difokuskan oleh lensa objektif di'besar'kan oleh lensa okuler (eyepice). Penentuan jarak bintang yaitu menggunakan 2 cara, salah satunya 'PARALLAX' untuk lebih detail bs cari di google.. thxx...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
22423 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2007, 04:35:39 PM
oleh goz
1 Jawaban
10234 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2009, 11:08:44 AM
oleh Sky
5 Jawaban
7262 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 04, 2010, 09:47:56 PM
oleh cartiman
20 Jawaban
16574 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 12, 2010, 05:34:46 AM
oleh Astrawinata G
2 Jawaban
5552 Dilihat
Tulisan terakhir April 04, 2011, 01:17:32 PM
oleh veewee