Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:48:57 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 47
Total: 47

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Aurora

Dimulai oleh syaori, September 17, 2009, 02:09:56 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

syaori

Aurora Borealis, atau juga dikenal sebagai Northern Light (Cahaya Utara), adalah fenomena yang timbul dari aksi reaksi antara partikel dan molekul di magnetosfer dan atmosfer, menghasilkan pergerakan cahaya menari-nari yang indah di langit malam. Fenomena yang hanya bisa timbul di daerah yang mendekati kutub utara bumi.

Contoh gambar aurora borealis:


Videonya ada di sini,
http://www.youtube.com/watch?v=YJBrMXSn-hU



Oiya, ada kesempatan buat nonton langsung Aurora Borealis ini.
Caranya tinggal klik n daptar di website ini : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Cahaya terindah ini bisa kita saksikan langsung dari pulau Lofoten, Norwegia!!

Aku mauu....... :'(

binekas

salah satu impian untuk melihat aurora borealis secara langsung... ^-^ ^-^ ^-^

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Rizki Dwi Rahmadi

Apakah Aurora Australis juga seindah dan sejelas ini ?? Sapa tau lebih deket dari sini~ Hemat ongkos.. huhuu T~T

cronny

Kutip dari: Rizki Dwi Rahmadi pada September 18, 2009, 04:13:47 PM
Apakah Aurora Australis juga seindah dan sejelas ini ?? Sapa tau lebih deket dari sini~ Hemat ongkos.. huhuu T~T
semoga sih ngak... setau gua ini bisa mengganggu alat elektronik.
Bisa dibayangin jakarta tanpa alat elektronik.... bakal apa jadi nya dengan kota ini ;D
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

raisuien

Kutip dari: cronny pada September 18, 2009, 04:55:37 PM
Kutip dari: Rizki Dwi Rahmadi pada September 18, 2009, 04:13:47 PM
Apakah Aurora Australis juga seindah dan sejelas ini ?? Sapa tau lebih deket dari sini~ Hemat ongkos.. huhuu T~T
semoga sih ngak... setau gua ini bisa mengganggu alat elektronik.
Bisa dibayangin jakarta tanpa alat elektronik.... bakal apa jadi nya dengan kota ini ;D

katanya medan magnetnya kuat banget y?
bener gag sih? ???

syaori

Kutip dari: binekas pada September 18, 2009, 01:48:13 PM
salah satu impian untuk melihat aurora borealis secara langsung... ^-^ ^-^ ^-^
Kutip dari: sisca, chemistry pada September 18, 2009, 03:38:29 PM
huaahh,
kerennnn,,,,,,


ckckkckckck,,,
keren,,

keren yaaaaaa............. *mupeng*

hureeeeyy,,,
aku udah daptar ke [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.],
sapa tau menang, n bisa nonton langsung Aurora Borealis!!!

Kalian udah daptar belooomm....?!?!
tinggal daptar doang koook.........!!
kalo yang pengen nonton langsung Aurora Borealis sih....hehee....

*harap2 cemas, nunggu pengumuman abis tanggal 24*  :kribo:


syaori


Kutip dari: raisuien pada September 18, 2009, 08:40:03 PM
Kutip dari: cronny pada September 18, 2009, 04:55:37 PM
Kutip dari: Rizki Dwi Rahmadi pada September 18, 2009, 04:13:47 PM
Apakah Aurora Australis juga seindah dan sejelas ini ?? Sapa tau lebih deket dari sini~ Hemat ongkos.. huhuu T~T
semoga sih ngak... setau gua ini bisa mengganggu alat elektronik.
Bisa dibayangin jakarta tanpa alat elektronik.... bakal apa jadi nya dengan kota ini ;D

katanya medan magnetnya kuat banget y?
bener gag sih? ???


hayaaa....daripada ngarepin terjadi di jakarta raya, mendingan ikutan daptar,
sapa tau menang bareng..... :D
Nonton langsung Aurora Borealis  lho!!! *SEMANGAT GEGAP GEMPITA*

*nahan iler*

binekas

kayknya keajaiban deh kl ada aurora borealis di Indonesia.  :D :D :D

daftar juga akh kali aza k pilih...hhhee

syaori

Kutip dari: binekas pada September 19, 2009, 07:01:13 AM
kayknya keajaiban deh kl ada aurora borealis di Indonesia.  :D :D :D

daftar juga akh kali aza k pilih...hhhee

Amieenn....!!!
Semoga aku juga kpilihhh.... *wishes*
Oiya, ini cuman sampe tanggal 24 lhooo.....

alf

jika aurora sedang terjadi, apa efek yang ditimbulkan bagi daerah di sekitarnya??

alf

apa beda antara aurora australis n borealis selain tempat terjadinya?? ???

syaori

Kutip dari: alf pada September 19, 2009, 02:42:08 PM
jika aurora sedang terjadi, apa efek yang ditimbulkan bagi daerah di sekitarnya??


aku juga sedang mencari tau ni...
ada yang punya referensi2 nya gak?
tapi tetep penasaran pengen liat langsung......... *ngarep

Alf, tertarik ikut gak? :)
Sepertinya menakjubkan kalo bisa liat langsung.... :)

Sky

Kutip dari: alf pada September 19, 2009, 02:42:08 PM
jika aurora sedang terjadi, apa efek yang ditimbulkan bagi daerah di sekitarnya?
Sebenarnya aurora terjadi karena gangguan elektromagnet mengganggu ion-ion di lapisan ion di atmosfer.
Tapi, saya belum tahu juga, ada pengaruhnya di bumi atau tidak.

Kutip dari: syaori pada September 19, 2009, 04:58:30 PM
Kutip dari: alf pada September 19, 2009, 02:42:08 PM
jika aurora sedang terjadi, apa efek yang ditimbulkan bagi daerah di sekitarnya??


aku juga sedang mencari tau ni...
ada yang punya referensi2 nya gak?
tapi tetep penasaran pengen liat langsung......... *ngarep

Alf, tertarik ikut gak? :)
Sepertinya menakjubkan kalo bisa liat langsung.... :)

Aurora mungkin terjadi di Indonesia, asalkan Indonesia terkena badai magnetik....
Haha...

raisuien

#14
Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis, yang dinamai dari Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini kerana di Eropa ia kerap dilihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora Borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.

Northern Lights = Aurora Borealis
Southern Lights = Aurora Australis