Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 26, 2022, 03:44:52 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 53
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Bentuk Jagad Raya  (Dibaca 56790 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Berbagi pengetahuan bermanfaat
Bentuk Jagad Raya
« pada: Mei 29, 2008, 03:51:36 AM »
Kita sudah tahu (atau sok tahu  :P) kalo bentuk lintasan solar system kita berbentuk elips, galaksi kita berbentuk cakram. Ada yang tahu ato mikirin gak bentuk jagad raya kita atau alam semesta, finite or infinite??  ???

astronomsableng

  • Pengunjung
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #1 pada: Juli 09, 2008, 08:09:02 AM »
Alam semesta ini mungkin tidak punya batas tapi volumenya terbatas.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #2 pada: Juli 16, 2008, 05:27:08 AM »
Ilmuwan bilang alam semesta itu terbatas tapi gak bertepi

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #3 pada: Juli 28, 2008, 06:34:10 AM »
Wah, artinya apaan tuh??
paradoks banget..

Offline patr28

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #4 pada: September 18, 2010, 07:40:13 AM »
Ilmuwan bilang alam semesta itu terbatas tapi gak bertepi

terbatas tapi gak bertepi? maksudnya gimana tuh om?

Offline neoarm23

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 2
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #5 pada: September 18, 2010, 11:23:57 AM »
kebetulan saya pernah dapet materi kosmologi,
kata dosen saya, alam semesta ini terus berkembang.

seperti yang dikatakan bung pi-one, terbatas tapi tak bertepi... ;D

Offline physicsfighter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 3

Offline patr28

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #7 pada: September 20, 2010, 06:26:25 AM »
http://www.faktailmiah.com/2010/08/17/einstein-untuk-semua-orang-pendahuluan-bagian-ii.html
coba baca..

jadi jagad raya kita berbentuk bola, seperti bumi? tolong diberi pencerahannya dong om.. masih gak ngerti.. hehe

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu

Offline deathspeel omega

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 19
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #9 pada: September 30, 2010, 12:31:26 PM »

Offline gomuzzz

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Imposible is Nothing
    • Neurologi.id
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #10 pada: Oktober 04, 2010, 12:24:59 PM »
Maksud dari jagad raya berbentuk bola tidak bertepi itu kira2 gini:

semisalkan sebuah balon kita tiup hingga mengembang, makanya materinya ada pada permukaan balon itu, dan terus mengembang tanpa berhenti. nah kalo diperhatikan baik2, maka tidak ada titik pusatnya (karena semua wilayah permukaan balon itu mengembang) dan tidak ada tepinya (karena materinya udah ada pada permukaan balon itu, bisa disebut juga kita sudah berada si tepinya). CMIIW
Kapan Waktu Itu Bermula?

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #11 pada: Oktober 05, 2010, 04:11:51 AM »
kalo pendapatku gini
(dasar - teori big bang)

pada saat big bang terjadi partikel akan berpencar ke segala arah..sementara partikel yang paling cepat bergerak itu apa?
foton kan..
lah foton bergerak dengan kecepatan cahaya menjauhi titik pusat ledakan
dan karena kecepatan sama, mulai bergerak juga sama maka jarak tempuhnya juga sama
jadi hasilnya adalah bentuk bola

tp ni pendapat pribadi s.. ;D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #12 pada: Oktober 05, 2010, 04:19:39 AM »
Ledakan lagi......Kapan sih salah kaprah begini akan berakhir?

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #13 pada: Oktober 05, 2010, 04:31:25 AM »
terus apa?

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: Bentuk Jagad Raya
« Jawab #14 pada: Oktober 05, 2010, 05:40:34 AM »
bisa jadi bentuk alam semesta bukan bulat. karena bisa jadi alam semesta punya lebih dari tiga dimensi ruang.
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
37225 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 09, 2009, 06:57:51 AM
oleh manusiarender
51 Jawaban
74655 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 31, 2009, 10:13:48 PM
oleh Haryanto
18 Jawaban
13291 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2018, 12:41:34 AM
oleh The Houw Liong
13 Jawaban
14021 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2010, 02:30:08 AM
oleh nandaz
94 Jawaban
38906 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 18, 2011, 06:42:05 AM
oleh No