Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 01, 2022, 03:04:37 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 60
Total: 60

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bentuk Jagad Raya

Dimulai oleh superstring39, Mei 28, 2008, 12:51:36 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

superstring39

Kita sudah tahu (atau sok tahu  :P) kalo bentuk lintasan solar system kita berbentuk elips, galaksi kita berbentuk cakram. Ada yang tahu ato mikirin gak bentuk jagad raya kita atau alam semesta, finite or infinite??  ???

astronomsableng

Alam semesta ini mungkin tidak punya batas tapi volumenya terbatas.

Pi-One

Ilmuwan bilang alam semesta itu terbatas tapi gak bertepi

Vinchemz

Wah, artinya apaan tuh??
paradoks banget..

patr28

Kutip dari: Pi-One pada Juli 15, 2008, 02:27:08 PM
Ilmuwan bilang alam semesta itu terbatas tapi gak bertepi

terbatas tapi gak bertepi? maksudnya gimana tuh om?

neoarm23

kebetulan saya pernah dapet materi kosmologi,
kata dosen saya, alam semesta ini terus berkembang.

seperti yang dikatakan bung pi-one, terbatas tapi tak bertepi... ;D


patr28

Kutip dari: physicsfighter pada September 18, 2010, 09:29:16 PM
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
coba baca..

jadi jagad raya kita berbentuk bola, seperti bumi? tolong diberi pencerahannya dong om.. masih gak ngerti.. hehe


deathspeel omega


gomuzzz

Maksud dari jagad raya berbentuk bola tidak bertepi itu kira2 gini:

semisalkan sebuah balon kita tiup hingga mengembang, makanya materinya ada pada permukaan balon itu, dan terus mengembang tanpa berhenti. nah kalo diperhatikan baik2, maka tidak ada titik pusatnya (karena semua wilayah permukaan balon itu mengembang) dan tidak ada tepinya (karena materinya udah ada pada permukaan balon itu, bisa disebut juga kita sudah berada si tepinya). CMIIW
Kapan Waktu Itu Bermula?

adisae

kalo pendapatku gini
(dasar - teori big bang)

pada saat big bang terjadi partikel akan berpencar ke segala arah..sementara partikel yang paling cepat bergerak itu apa?
foton kan..
lah foton bergerak dengan kecepatan cahaya menjauhi titik pusat ledakan
dan karena kecepatan sama, mulai bergerak juga sama maka jarak tempuhnya juga sama
jadi hasilnya adalah bentuk bola

tp ni pendapat pribadi s.. ;D

Pi-One

Ledakan lagi......Kapan sih salah kaprah begini akan berakhir?

adisae


ngajakmikir

bisa jadi bentuk alam semesta bukan bulat. karena bisa jadi alam semesta punya lebih dari tiga dimensi ruang.
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu