Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 01, 2022, 02:20:52 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 55
Total: 55

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Ruang = matriks energy?

Dimulai oleh sirius_A, Februari 10, 2012, 09:59:53 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sirius_A

Stephen hawking dalam bukunya a brief history of time mengatakan bahwa tidak ada ruang yang betul2 kosong (tidak ada energy/materi). bahkan dalalm vakum terdapat  virtual partikel. jika demikian, apakah saya bisa mendefinisikan
ruang sebagai matriks dari energy. mohon masukannya.....

Anton_Soepriyanto

ya, setau saya berdasar asas ketidakpastian \Delta E\Delta t > \hbar. Artinya dalam ruang kosong sekalipun kita tidak pernah menjumpai delta E yg juga nol, dalam ruang kosong pun ada energi, dalam bentuk pasangan partikel dan antipartikel. Tapi makin besar energi makin singkat ia menghilang. Btw, saya tidak paham apa yg anda maksud dg matriks. Maaf kalau salah
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

sirius_A

mungkin qne salah dengan mengatakan matriks dalam hal ini.  maksud matriks dalam hal ini, jika dianalogikan energy itu sebuah titik, maka ruang adalah kumpulan titik2, dimana level energy setiap titik berbeda.
ane sangat awam dalam hal ini....
1. jika dalam ruang pasti ada energy, dan ruang alam semesta terus mengembang yang berarti juga ada penambahan energy. dari mana energy itu ? apakah energy tambahan itu dari dark energy?
2. jika satu foton bergerak dari A ke B dalam eter, apakah saya bisa mengaatkan bahwa foton tersebut sebenarnya tidak bergerak. yang terjadi adalah perubahan dari eter ke foton di B, dan perubahan dari foton ke eter di A.



Anton_Soepriyanto

sebenarnya saya juga tidak paham,, tapi setahu saya tidak ada penambahan energi, karena energi itu muncul dan menghilang secara cepat. yang kedua saya tidak bisa jawab, karena saya percaya eter itu tidak ada, ada eksperimen yg menyatakan eter itu tidak ada.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

all@one

Kalau mengacu pada teori bigbang bukankah jumlah energi di alam semesta sudah final? jadi konsekuensinya alam semesta yang mengembang akan menurunkan suhu rata-ratanya.