Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 01:53:34 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bintang membentuk galaksi

Dimulai oleh Alan adhityo, September 21, 2009, 02:46:10 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Alan adhityo

Matahari adlh 1 dr sekian banyak bintang .
1. D smesta ini bgtu bnyak bintang, dan apakah bintang seperti matahari jg ada slain matahari d galaksi bimasakti ini?
2. Apakah galaksi yg memiliki bintang seperti matahari jg trdapat suatu khdupan?
3. apakah bintang2 yg membentuk galaksi mengalami revolusi pd suatu lintasan sm halnya seperti galaksi qt?
4. Dan apakah setiap galaksi d luar sna yg memiliki suatu konstanta yg brbeda trdapat perbedaan wkt relatif pd galaksi qt?
Subhanallah . (ak bingung dengan ayat alquran yg mgtakan bxk bintang n galaksi)

The Houw Liong

#1
Dalam alam semesta terdapat puluhan milyar galaksi dan dalam galaksi terdapat ratusan milyar bintang. Kita berada dalam galaksi Bima Sakti dan dalam galaksi ini terdapat sekitar 2000 sistem yang mirip dengan sistem tata surya dan kemungkinan besar terdapat planet yang keadaannya mirip bumi yang memungkinkan terdapatnya kehidupan.
Sistem tata surya dan bintang beredar mengelilingi pusat galaksi yang berkerapatan massa sangat besar sehingga umumnya merupakan lubang hitam (black hole) yang massanya milyaran kali massa matahari.
Hukum fisika untuk semua benda dalam alam semesta berlaku secara universal. Untuk alam semesta berlaku teori relativitas umum yang sekarang dicoba diperluas menjadi teori segalanya (theory of everything/M-theory).



\alpha\beta\gamma\delta\epsilon\theta\pi\phi\omega
HouwLiong

loser1942


luth

apa yang dimaksud pusat galaksi atau apa yang menjadi pusat galaksi?mohon pencerahannya nih kepd sy yg org awam
^^
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

HyawehHoshikawa

biasanya yang berada di pusat galaxi itu objek yang sangat massif, smacam blackhole...(pusat galaksi kan?bukan pusat alam semesta?)
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

raisuien

Pusat Galaksi adalah titik rotasi dari galaksi Bima Sakti. Letaknya adalah sekitar 7,6 kilopersecs (25.000 tahun cahaya) dari Bumi diarah rasi Sagitarius, Ophiuchus dan Scorpius dimana Galaksi Bima Sakti terlihat lebih cemerlang. Pada pusat ini ditemukan Lubang Hitam supermasif.

loser1942

btw..
blackhole terdekat dgn bumi itu dimana dan kalo bisa namanya yaa...
huehehe.... ;D

HyawehHoshikawa

#7
hmm...
mungkin cygnusX-1,
ga taw sih, tapi itu blackholenya terkenal.
di wikipedia juga tadi dicari skilas ga dibahas tentang namanya...
ralat:namanya sagitarius A dan jaraknya dari matahari 26,000 ± 1400 tahun cahaya
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

loser1942

Kutip dari: HyawehHoshikawa pada September 24, 2009, 07:52:54 PM
hmm...
mungkin cygnusX-1,
ga taw sih, tapi itu blackholenya terkenal.
di wikipedia juga tadi dicari skilas ga dibahas tentang namanya...
ralat:namanya sagitarius A dan jaraknya dari matahari 26,000 ± 1400 tahun cahaya

jadi nama blakhole terdekat itu cygnus x-1 atau Sagitarius A?

HyawehHoshikawa

hmmm...
Cygnus itu mungkin blackhole terdekat dari bumi(jaraknya cuman 6000 Tahun Cahaya..(duh tahun cahaya ga ada nama singkatannya ya, macem Kilometer->Km), tapi kalo' blackhole yang jadi pusat bimasakti yah itu si Sagitarius A
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

loser1942

jadi dlm satu galaksi bima sakti ada 2 blackhole donk?

luth

#11
jadi semua bintang yang ada di galaksi itu pasti mengelilingi pusat galaksi?
lalu saya masi agak krg jlas,
apa yang menjadi pemisah galaksi? atau
apa ada batas antar galaksi pada dua galaksi yg bersebelahan?
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

loser1942

Kutip dari: luth pada September 25, 2009, 12:54:14 AM
jadi semua bintang yang ada di galaksi itu pasti mengelilingi pusat galaksi?

yep mereka mengelilinginya layaknya planet2 mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya.

Kutip dari: luth pada September 25, 2009, 12:54:14 AM
lalu saya masi agak krg jlas,
apa yang menjadi pemisah galaksi? atau
apa ada batas antar galaksi pada dua galaksi yg bersebelahan?

ok gene lo kalo liat ada 2 apel X dan Y, apel X berjarak 1 meter dgn apel Y, demikian juga jarak apel Y dgn apel X adalah 1 meter juga.

pertanyaan gua sama deh apa pembatas/pemisah kedua apel tersebut?
menurut gua jawabannya adalah jarak.

luth

Kutip dari: loser1942 pada September 25, 2009, 09:19:02 AM
Kutip dari: luth pada September 25, 2009, 12:54:14 AM
jadi semua bintang yang ada di galaksi itu pasti mengelilingi pusat galaksi?

yep mereka mengelilinginya layaknya planet2 mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya.

Kutip dari: luth pada September 25, 2009, 12:54:14 AM
lalu saya masi agak krg jlas,
apa yang menjadi pemisah galaksi? atau
apa ada batas antar galaksi pada dua galaksi yg bersebelahan?

ok gene lo kalo liat ada 2 apel X dan Y, apel X berjarak 1 meter dgn apel Y, demikian juga jarak apel Y dgn apel X adalah 1 meter juga.

pertanyaan gua sama deh apa pembatas/pemisah kedua apel tersebut?
menurut gua jawabannya adalah jarak.
lalu, apakah ada sebutan bagi jarak itu?
bila saya sdg berada pada jarak itu, berarti saya sedang tidak berada pada suatu sistem galaksi manapun gtu?
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

loser1942

Kutip dari: luth pada September 25, 2009, 10:58:51 AM
lalu, apakah ada sebutan bagi jarak itu?
bila saya sdg berada pada jarak itu, berarti saya sedang tidak berada pada suatu sistem galaksi manapun gtu?

sebutannya yah satuan jarak internasional mungkin KM atau mungkin make taon cahaya, banyaklah gak pasti.

setau gua seh gitu, kalo lo pada jarak itu lo bener2 di luar galaksi.