Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 08, 2023, 01:47:28 AM

Login with username, password and session length

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,634
  • Total Topik: 10,391
  • Online today: 45
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bintang membentuk galaksi

Dimulai oleh Alan adhityo, September 21, 2009, 02:46:10 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

luth

Kutip dari: loser1942 pada September 25, 2009, 01:27:18 PM
Kutip dari: luth pada September 25, 2009, 10:58:51 AM
lalu, apakah ada sebutan bagi jarak itu?
bila saya sdg berada pada jarak itu, berarti saya sedang tidak berada pada suatu sistem galaksi manapun gtu?

1. sebutannya yah satuan jarak internasional mungkin KM atau mungkin make taon cahaya, banyaklah gak pasti.

2.setau gua seh gitu, kalo lo pada jarak itu lo bener2 di luar galaksi.
1. waduh bung loser salah paham nih, maksud saya bukan itu,itu mah satuan jarak,,hehe
2. nah itu dia maksud saya,,kalo berada diluar galaksi trus itu tempat yang anda bilang sebagai "diluar galaksi" itu namanya apa?apa hanya luar galaksi gitu sebutannya?dan ada apa sajakah tempat yang anda sebut luar galaksi itu?apa hanya sebuah ruang angkasa yang kosong(tdk ada benda2 langit sama sekali)?
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

loser1942

#16
hmm...
setau gua luar angkasa luas, mungkin pake koordinat utk tau posisi, lagipula manusia blom pikirin andaikan ada benda/pesawat kesana, karena cukup susah memetakan satu alam semesta, apalagi alam semestakan terus berkembang, susah kalee..

faiqhr

#17
Kutip dari: loser1942 pada September 25, 2009, 09:19:02 AM
ok gene lo kalo liat ada 2 apel X dan Y, apel X berjarak 1 meter dgn apel Y, demikian juga jarak apel Y dgn apel X adalah 1 meter juga.

pertanyaan gua sama deh apa pembatas/pemisah kedua apel tersebut?
menurut gua jawabannya adalah jarak.

ada penjelasan yg lebih masuk ga', gimana bisa ada sesuatu pemisah antar galaksi mengingat alam semesta kan terus mengembang (seperti roti yg dioven, pada akhirnya antar bagian saling berdesakan) ?



--- oh iya, ak ganti foto lo ;) :D ;D ---

HyawehHoshikawa

menurut gw karena pusat massanya itu kan cuman ad disuatu titik-titik tertentu. jadi yang deket dngan pusat yang ini ya ngorbitnya disini, yang deket dengan pusat yang sana ya ngorbitnya disana dst...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

faiqhr

nah, itu dia yg terlintas di benak saya, (kekeke) ;D ;D ;D

Pi-One

Kutip dari: faiqhr pada Oktober 27, 2009, 11:11:59 AM
ada penjelasan yg lebih masuk ga', gimana bisa ada sesuatu pemisah antar galaksi mengingat alam semesta kan terus mengembang (seperti roti yg dioven, pada akhirnya antar bagian saling berdesakan) ?
Berdesakan gimana? dalam pengembangan alam semesta, ruang itu sendiri yang mengembang kan? itu membuat materi-materi di dalamnya saling menjauh satu sama lain.

anakkecil

Kutip dari: Alan adhityo pada September 21, 2009, 02:46:10 AM
Matahari adlh 1 dr sekian banyak bintang .
1. D smesta ini bgtu bnyak bintang, dan apakah bintang seperti matahari jg ada slain matahari d galaksi bimasakti ini?
2. Apakah galaksi yg memiliki bintang seperti matahari jg trdapat suatu khdupan?
3. apakah bintang2 yg membentuk galaksi mengalami revolusi pd suatu lintasan sm halnya seperti galaksi qt?
4. Dan apakah setiap galaksi d luar sna yg memiliki suatu konstanta yg brbeda trdapat perbedaan wkt relatif pd galaksi qt?
Subhanallah . (ak bingung dengan ayat alquran yg mgtakan bxk bintang n galaksi)


boleh tahu, ayat yang mana?
:-)

faiqhr

pi-one : sekarang kan masih berkembang tuh... berkembangnya itu dari pusat alam semesta atau hanya sisi kulit luarnya saja? (anggep aja bola yg bulat)

Pi-One

Karena yang emngembang adalah ruang, pada dasarnya tak cuma sisi luar yang mengembang. Alam semesta kita ibarat balin yang ditiup mengembang.

faiqhr

klo gitu boleh donk saya bilang ruang tempat kita berpijak sekarang juga ikut mengembang?

Pi-One

Daripada bilang ruang tempat kita berpijak, lebih kena kalau bilang ruang di sekitar kita kan?

faiqhr

yap, kenapa ini tidak mempengaruhi posisi benda2 sekitar kita?

Pi-One

Kutip dari: faiqhr pada Desember 03, 2009, 01:21:27 PM
yap, kenapa ini tidak mempengaruhi posisi benda2 sekitar kita?
Karena yang mengembang adalah ruang, bukan materi.

paczynski

Kutip dari: Pi-One pada Desember 03, 2009, 01:49:28 PM
Kutip dari: faiqhr pada Desember 03, 2009, 01:21:27 PM
yap, kenapa ini tidak mempengaruhi posisi benda2 sekitar kita?
Karena yang mengembang adalah ruang, bukan materi.
sebenarnya ruang di dalam atom juga terpengaruh pengembangan ruang alam semesta. namun tidak terlihat dalam skala hidup manusia. pengembangan baru terasa jika kita mengamati benda-benda yang berada sangat jauh. bayangkan benda-benda berjarak jutaan parsec, nah, baru lah kita bisa mengamati benda-benda tersebut bergerak menjauh secara nyata.

faiqhr

justru itu, bener g' seperti ini : misalnya ada 2 buah kotak diletakkan sedemikian sehingga berjarak 1 meter. jika ruang di antara kedua kotak ini berkembang berarti jaraknya juga berubah?