Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 26, 2021, 10:05:18 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 63
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Bintang membentuk galaksi  (Dibaca 16815 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Alseven - Physics and Technology
Bintang membentuk galaksi
« pada: September 21, 2009, 05:46:10 PM »
Matahari adlh 1 dr sekian banyak bintang .
1. D smesta ini bgtu bnyak bintang, dan apakah bintang seperti matahari jg ada slain matahari d galaksi bimasakti ini?
2. Apakah galaksi yg memiliki bintang seperti matahari jg trdapat suatu khdupan?
3. apakah bintang2 yg membentuk galaksi mengalami revolusi pd suatu lintasan sm halnya seperti galaksi qt?
4. Dan apakah setiap galaksi d luar sna yg memiliki suatu konstanta yg brbeda trdapat perbedaan wkt relatif pd galaksi qt?
Subhanallah . (ak bingung dengan ayat alquran yg mgtakan bxk bintang n galaksi)
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #1 pada: September 21, 2009, 09:46:17 PM »
Dalam alam semesta terdapat puluhan milyar galaksi dan dalam galaksi terdapat ratusan milyar bintang. Kita berada dalam galaksi Bima Sakti dan dalam galaksi ini terdapat sekitar 2000 sistem yang mirip dengan sistem tata surya dan kemungkinan besar terdapat planet yang keadaannya mirip bumi yang memungkinkan terdapatnya kehidupan.
Sistem tata surya dan bintang beredar mengelilingi pusat galaksi yang berkerapatan massa sangat besar sehingga umumnya merupakan lubang hitam (black hole) yang massanya milyaran kali massa matahari.
Hukum fisika untuk semua benda dalam alam semesta berlaku secara universal. Untuk alam semesta berlaku teori relativitas umum yang sekarang dicoba diperluas menjadi teori segalanya (theory of everything/M-theory).



\alpha\beta\gamma\delta\epsilon\theta\pi\phi\omega
« Edit Terakhir: September 21, 2009, 09:57:51 PM oleh The Houw Liong »
HouwLiong

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #2 pada: September 22, 2009, 08:21:45 AM »
wew...
cool...

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #3 pada: September 24, 2009, 04:56:56 PM »
apa yang dimaksud pusat galaksi atau apa yang menjadi pusat galaksi?mohon pencerahannya nih kepd sy yg org awam
^^
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #4 pada: September 24, 2009, 09:21:47 PM »
biasanya yang berada di pusat galaxi itu objek yang sangat massif, smacam blackhole...(pusat galaksi kan?bukan pusat alam semesta?)
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #5 pada: September 24, 2009, 09:56:49 PM »
Pusat Galaksi adalah titik rotasi dari galaksi Bima Sakti. Letaknya adalah sekitar 7,6 kilopersecs (25.000 tahun cahaya) dari Bumi diarah rasi Sagitarius, Ophiuchus dan Scorpius dimana Galaksi Bima Sakti terlihat lebih cemerlang. Pada pusat ini ditemukan Lubang Hitam supermasif.

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #6 pada: September 25, 2009, 09:20:05 AM »
btw..
blackhole terdekat dgn bumi itu dimana dan kalo bisa namanya yaa...
huehehe.... ;D

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #7 pada: September 25, 2009, 10:52:54 AM »
hmm...
mungkin cygnusX-1,
ga taw sih, tapi itu blackholenya terkenal.
di wikipedia juga tadi dicari skilas ga dibahas tentang namanya...
ralat:namanya sagitarius A dan jaraknya dari matahari 26,000 ± 1400 tahun cahaya
« Edit Terakhir: September 25, 2009, 10:59:43 AM oleh HyawehHoshikawa »

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #8 pada: September 25, 2009, 02:33:05 PM »
hmm...
mungkin cygnusX-1,
ga taw sih, tapi itu blackholenya terkenal.
di wikipedia juga tadi dicari skilas ga dibahas tentang namanya...
ralat:namanya sagitarius A dan jaraknya dari matahari 26,000 ± 1400 tahun cahaya

jadi nama blakhole terdekat itu cygnus x-1 atau Sagitarius A?

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #9 pada: September 25, 2009, 02:56:09 PM »
hmmm...
Cygnus itu mungkin blackhole terdekat dari bumi(jaraknya cuman 6000 Tahun Cahaya..(duh tahun cahaya ga ada nama singkatannya ya, macem Kilometer->Km), tapi kalo' blackhole yang jadi pusat bimasakti yah itu si Sagitarius A

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #10 pada: September 25, 2009, 03:17:10 PM »
jadi dlm satu galaksi bima sakti ada 2 blackhole donk?

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #11 pada: September 25, 2009, 03:54:14 PM »
jadi semua bintang yang ada di galaksi itu pasti mengelilingi pusat galaksi?
lalu saya masi agak krg jlas,
apa yang menjadi pemisah galaksi? atau
apa ada batas antar galaksi pada dua galaksi yg bersebelahan?
« Edit Terakhir: September 25, 2009, 03:59:39 PM oleh luth »

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #12 pada: September 26, 2009, 12:19:02 AM »
jadi semua bintang yang ada di galaksi itu pasti mengelilingi pusat galaksi?

yep mereka mengelilinginya layaknya planet2 mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya.

lalu saya masi agak krg jlas,
apa yang menjadi pemisah galaksi? atau
apa ada batas antar galaksi pada dua galaksi yg bersebelahan?

ok gene lo kalo liat ada 2 apel X dan Y, apel X berjarak 1 meter dgn apel Y, demikian juga jarak apel Y dgn apel X adalah 1 meter juga.

pertanyaan gua sama deh apa pembatas/pemisah kedua apel tersebut?
menurut gua jawabannya adalah jarak.

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #13 pada: September 26, 2009, 01:58:51 AM »
jadi semua bintang yang ada di galaksi itu pasti mengelilingi pusat galaksi?

yep mereka mengelilinginya layaknya planet2 mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya.

lalu saya masi agak krg jlas,
apa yang menjadi pemisah galaksi? atau
apa ada batas antar galaksi pada dua galaksi yg bersebelahan?

ok gene lo kalo liat ada 2 apel X dan Y, apel X berjarak 1 meter dgn apel Y, demikian juga jarak apel Y dgn apel X adalah 1 meter juga.

pertanyaan gua sama deh apa pembatas/pemisah kedua apel tersebut?
menurut gua jawabannya adalah jarak.
lalu, apakah ada sebutan bagi jarak itu?
bila saya sdg berada pada jarak itu, berarti saya sedang tidak berada pada suatu sistem galaksi manapun gtu?

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #14 pada: September 26, 2009, 04:27:18 AM »
lalu, apakah ada sebutan bagi jarak itu?
bila saya sdg berada pada jarak itu, berarti saya sedang tidak berada pada suatu sistem galaksi manapun gtu?

sebutannya yah satuan jarak internasional mungkin KM atau mungkin make taon cahaya, banyaklah gak pasti.

setau gua seh gitu, kalo lo pada jarak itu lo bener2 di luar galaksi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
3563 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2009, 08:02:13 AM
oleh syx
9 Jawaban
12286 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2011, 12:48:29 AM
oleh Farabi
0 Jawaban
2034 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2012, 02:23:33 PM
oleh randall
1 Jawaban
2865 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2013, 12:01:38 PM
oleh MuhAlexander
3 Jawaban
4010 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 29, 2014, 07:14:16 AM
oleh aidem96