Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 05:55:54 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 40
Total: 40

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Bintang membentuk galaksi  (Dibaca 16795 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #15 pada: September 26, 2009, 04:37:08 AM »
lalu, apakah ada sebutan bagi jarak itu?
bila saya sdg berada pada jarak itu, berarti saya sedang tidak berada pada suatu sistem galaksi manapun gtu?

1. sebutannya yah satuan jarak internasional mungkin KM atau mungkin make taon cahaya, banyaklah gak pasti.

2.setau gua seh gitu, kalo lo pada jarak itu lo bener2 di luar galaksi.
1. waduh bung loser salah paham nih, maksud saya bukan itu,itu mah satuan jarak,,hehe
2. nah itu dia maksud saya,,kalo berada diluar galaksi trus itu tempat yang anda bilang sebagai "diluar galaksi" itu namanya apa?apa hanya luar galaksi gitu sebutannya?dan ada apa sajakah tempat yang anda sebut luar galaksi itu?apa hanya sebuah ruang angkasa yang kosong(tdk ada benda2 langit sama sekali)?
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #16 pada: September 26, 2009, 05:56:37 AM »
hmm...
setau gua luar angkasa luas, mungkin pake koordinat utk tau posisi, lagipula manusia blom pikirin andaikan ada benda/pesawat kesana, karena cukup susah memetakan satu alam semesta, apalagi alam semestakan terus berkembang, susah kalee..
« Edit Terakhir: September 26, 2009, 06:08:52 AM oleh loser1942 »

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #17 pada: Oktober 28, 2009, 02:11:59 AM »
ok gene lo kalo liat ada 2 apel X dan Y, apel X berjarak 1 meter dgn apel Y, demikian juga jarak apel Y dgn apel X adalah 1 meter juga.

pertanyaan gua sama deh apa pembatas/pemisah kedua apel tersebut?
menurut gua jawabannya adalah jarak.

ada penjelasan yg lebih masuk ga', gimana bisa ada sesuatu pemisah antar galaksi mengingat alam semesta kan terus mengembang (seperti roti yg dioven, pada akhirnya antar bagian saling berdesakan) ?



--- oh iya, ak ganti foto lo ;) :D ;D ---
« Edit Terakhir: Oktober 28, 2009, 02:13:50 AM oleh faiqhr »

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #18 pada: Oktober 28, 2009, 05:43:34 AM »
menurut gw karena pusat massanya itu kan cuman ad disuatu titik-titik tertentu. jadi yang deket dngan pusat yang ini ya ngorbitnya disini, yang deket dengan pusat yang sana ya ngorbitnya disana dst...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #19 pada: Oktober 29, 2009, 06:07:59 AM »
nah, itu dia yg terlintas di benak saya, (kekeke) ;D ;D ;D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #20 pada: Oktober 29, 2009, 08:20:42 AM »
ada penjelasan yg lebih masuk ga', gimana bisa ada sesuatu pemisah antar galaksi mengingat alam semesta kan terus mengembang (seperti roti yg dioven, pada akhirnya antar bagian saling berdesakan) ?
Berdesakan gimana? dalam pengembangan alam semesta, ruang itu sendiri yang mengembang kan? itu membuat materi-materi di dalamnya saling menjauh satu sama lain.

Offline anakkecil

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 3
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #21 pada: Desember 01, 2009, 06:29:00 AM »
Matahari adlh 1 dr sekian banyak bintang .
1. D smesta ini bgtu bnyak bintang, dan apakah bintang seperti matahari jg ada slain matahari d galaksi bimasakti ini?
2. Apakah galaksi yg memiliki bintang seperti matahari jg trdapat suatu khdupan?
3. apakah bintang2 yg membentuk galaksi mengalami revolusi pd suatu lintasan sm halnya seperti galaksi qt?
4. Dan apakah setiap galaksi d luar sna yg memiliki suatu konstanta yg brbeda trdapat perbedaan wkt relatif pd galaksi qt?
Subhanallah . (ak bingung dengan ayat alquran yg mgtakan bxk bintang n galaksi)


boleh tahu, ayat yang mana?
:-)

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #22 pada: Desember 02, 2009, 07:22:36 AM »
pi-one : sekarang kan masih berkembang tuh... berkembangnya itu dari pusat alam semesta atau hanya sisi kulit luarnya saja? (anggep aja bola yg bulat)

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #23 pada: Desember 03, 2009, 01:05:43 AM »
Karena yang emngembang adalah ruang, pada dasarnya tak cuma sisi luar yang mengembang. Alam semesta kita ibarat balin yang ditiup mengembang.

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #24 pada: Desember 03, 2009, 06:32:37 AM »
klo gitu boleh donk saya bilang ruang tempat kita berpijak sekarang juga ikut mengembang?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #25 pada: Desember 03, 2009, 07:17:49 AM »
Daripada bilang ruang tempat kita berpijak, lebih kena kalau bilang ruang di sekitar kita kan?

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #26 pada: Desember 04, 2009, 04:21:27 AM »
yap, kenapa ini tidak mempengaruhi posisi benda2 sekitar kita?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #27 pada: Desember 04, 2009, 04:49:28 AM »
yap, kenapa ini tidak mempengaruhi posisi benda2 sekitar kita?
Karena yang mengembang adalah ruang, bukan materi.

Offline paczynski

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 3
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #28 pada: Desember 04, 2009, 08:58:48 AM »
yap, kenapa ini tidak mempengaruhi posisi benda2 sekitar kita?
Karena yang mengembang adalah ruang, bukan materi.
sebenarnya ruang di dalam atom juga terpengaruh pengembangan ruang alam semesta. namun tidak terlihat dalam skala hidup manusia. pengembangan baru terasa jika kita mengamati benda-benda yang berada sangat jauh. bayangkan benda-benda berjarak jutaan parsec, nah, baru lah kita bisa mengamati benda-benda tersebut bergerak menjauh secara nyata.

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: Bintang membentuk galaksi
« Jawab #29 pada: Desember 04, 2009, 11:44:00 AM »
justru itu, bener g' seperti ini : misalnya ada 2 buah kotak diletakkan sedemikian sehingga berjarak 1 meter. jika ruang di antara kedua kotak ini berkembang berarti jaraknya juga berubah?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
3563 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2009, 08:02:13 AM
oleh syx
9 Jawaban
12273 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2011, 12:48:29 AM
oleh Farabi
0 Jawaban
2033 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2012, 02:23:33 PM
oleh randall
1 Jawaban
2861 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2013, 12:01:38 PM
oleh MuhAlexander
3 Jawaban
4007 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 29, 2014, 07:14:16 AM
oleh aidem96