Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 03, 2024, 03:38:29 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 80
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

bumi dan matahari

Dimulai oleh Mars, Mei 27, 2009, 05:59:48 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Mars

hay..........
apaka benar bumi dan matahari itu akan saling bertabrakan ????

loser1942

tidak...
bumi memiliki orbitnya sendiri, serta matahari bergetar pada tempatnya.
walaupun matahari semakin mengembang yg akan tertelan hanyalah merkurius dan kemungkinan venus, tapi bumi tidak akan tertelan matahari atau tertabrak matahari, walaupun permukaan bumi nantinya akan panas sekali.

Nabih

Kutip dari: loser1942 pada Mei 27, 2009, 06:04:16 PM
tidak...
bumi memiliki orbitnya sendiri, serta matahari bergetar pada tempatnya.
walaupun matahari semakin mengembang yg akan tertelan hanyalah merkurius dan kemungkinan venus, tapi bumi tidak akan tertelan matahari atau tertabrak matahari, walaupun permukaan bumi nantinya akan panas sekali.

Kira-kira kapan terjadinya ya???

loser1942

wah kalo itu sih masih lama banget..................
lagi pula juga umur matahari kita diperkirakan 15 milyar tahun, menurut ilmuwan bumi dan matahari sekarang baru berumur kurang lebih 5 milyar.
jadi tenang aja masih lama banget, mungkin2 nanti manusia udah pinter banget bisa pindah ke tata surya lain, barangkali nanti manusia bisa melihat keruntuhan matahari kita sendiri, hehehe

The Houw Liong

Tidak akan tabrakan, tetapi temperatur matahari akan bertambah besar dan sekitar lima milyar tahun dari sekarang temperatur bumi akan mencapai ratusan derajat dan air laut pun akan menguap habis, jadi sebelum peristiwa itu terjadi umat manusia harus sudah meninggalkan bumi.
HouwLiong

loser1942

Kutip dari: The Houw Liong pada Mei 28, 2009, 10:07:16 AM
Tidak akan tabrakan, tetapi temperatur matahari akan bertambah besar dan sekitar lima milyar tahun dari sekarang temperatur bumi akan mencapai ratusan derajat dan air laut pun akan menguap habis, jadi sebelum peristiwa itu terjadi umat manusia harus sudah meninggalkan bumi.

yup!
benar itu.
tapi kalo sampe matahari mati masih kurang lebih 10 milyar tahun lagikan??

Mars

Kutip dari: loser1942 pada Mei 27, 2009, 06:04:16 PM
tidak...
bumi memiliki orbitnya sendiri, serta matahari bergetar pada tempatnya.
walaupun matahari semakin mengembang yg akan tertelan hanyalah merkurius dan kemungkinan venus, tapi bumi tidak akan tertelan matahari atau tertabrak matahari, walaupun permukaan bumi nantinya akan panas sekali.
qo bisa tidak tertelan dengan matahari, padahal kan jarak antara merkurius dan venus juga deket ama bumi ???

loser1942

jahhhh.....
kalo deket juga paling lo liat di gambar berskala
cek aja jaraknya jauh juga kok mana mungkin matahari membengkak sampai sebegitu besarnya walaupun matahari sebagai dapur fusi raksasa tapi tetep aja bahan bakarnya lama-kelamaan bisa abis, jadi sebelum membengkak sampai ke bumi mungkin sudah meledak duluan.

Mars

emang teori apa yang menguatkan bahwa matahari akn pecah sebelum sampai ke bumi ???

Pi-One

Ada asumsi perhitungan untuk menggambarkan sebesar apa matahari mengembang saat kehabisan bahan untuk melakukan reaksi fusi.

loser1942

tuh pi-one tau
yah mungkin sebelum membengkak sampai ke bumi udah meledak soalnya bahan bakar matahari (hidrogen) sudah habis duluan, lalu meledak, ledakan ini yg biasanya orang2 bilang supernova, ada juga sih hypernova.
teori apa ya??
gua pernah beli DVD ttg planet dia ngejelasinnya kyak gitu, trus gua nonton BBC knowledge juga gitu, trus gua baca artikel NASA juga gitu, yah percaya aja dah, cuma emg ada teori-nya ya??

Monox D. I-Fly

Errr... Ada yang aku bingung di sini... Sebenernya lebih bahaya mana antara bumi tertelan matahari atau bumi terkena ledakan matahari?  ???
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.