Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 13, 2021, 11:52:03 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 44
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: bumi dan matahari  (Dibaca 8335 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
bumi dan matahari
« pada: Mei 28, 2009, 08:59:48 AM »
hay..........
apaka benar bumi dan matahari itu akan saling bertabrakan ????

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: bumi dan matahari
« Jawab #1 pada: Mei 28, 2009, 09:04:16 AM »
tidak...
bumi memiliki orbitnya sendiri, serta matahari bergetar pada tempatnya.
walaupun matahari semakin mengembang yg akan tertelan hanyalah merkurius dan kemungkinan venus, tapi bumi tidak akan tertelan matahari atau tertabrak matahari, walaupun permukaan bumi nantinya akan panas sekali.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: bumi dan matahari
« Jawab #2 pada: Mei 28, 2009, 09:37:00 AM »
tidak...
bumi memiliki orbitnya sendiri, serta matahari bergetar pada tempatnya.
walaupun matahari semakin mengembang yg akan tertelan hanyalah merkurius dan kemungkinan venus, tapi bumi tidak akan tertelan matahari atau tertabrak matahari, walaupun permukaan bumi nantinya akan panas sekali.

Kira-kira kapan terjadinya ya???
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: bumi dan matahari
« Jawab #3 pada: Mei 28, 2009, 03:51:55 PM »
wah kalo itu sih masih lama banget..................
lagi pula juga umur matahari kita diperkirakan 15 milyar tahun, menurut ilmuwan bumi dan matahari sekarang baru berumur kurang lebih 5 milyar.
jadi tenang aja masih lama banget, mungkin2 nanti manusia udah pinter banget bisa pindah ke tata surya lain, barangkali nanti manusia bisa melihat keruntuhan matahari kita sendiri, hehehe

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: bumi dan matahari
« Jawab #4 pada: Mei 29, 2009, 01:07:16 AM »
Tidak akan tabrakan, tetapi temperatur matahari akan bertambah besar dan sekitar lima milyar tahun dari sekarang temperatur bumi akan mencapai ratusan derajat dan air laut pun akan menguap habis, jadi sebelum peristiwa itu terjadi umat manusia harus sudah meninggalkan bumi.
HouwLiong

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: bumi dan matahari
« Jawab #5 pada: Mei 29, 2009, 03:45:56 AM »
Tidak akan tabrakan, tetapi temperatur matahari akan bertambah besar dan sekitar lima milyar tahun dari sekarang temperatur bumi akan mencapai ratusan derajat dan air laut pun akan menguap habis, jadi sebelum peristiwa itu terjadi umat manusia harus sudah meninggalkan bumi.

yup!
benar itu.
tapi kalo sampe matahari mati masih kurang lebih 10 milyar tahun lagikan??

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
Re: bumi dan matahari
« Jawab #6 pada: Mei 29, 2009, 10:24:00 AM »
tidak...
bumi memiliki orbitnya sendiri, serta matahari bergetar pada tempatnya.
walaupun matahari semakin mengembang yg akan tertelan hanyalah merkurius dan kemungkinan venus, tapi bumi tidak akan tertelan matahari atau tertabrak matahari, walaupun permukaan bumi nantinya akan panas sekali.
qo bisa tidak tertelan dengan matahari, padahal kan jarak antara merkurius dan venus juga deket ama bumi ???

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: bumi dan matahari
« Jawab #7 pada: Mei 29, 2009, 12:29:57 PM »
jahhhh.....
kalo deket juga paling lo liat di gambar berskala
cek aja jaraknya jauh juga kok mana mungkin matahari membengkak sampai sebegitu besarnya walaupun matahari sebagai dapur fusi raksasa tapi tetep aja bahan bakarnya lama-kelamaan bisa abis, jadi sebelum membengkak sampai ke bumi mungkin sudah meledak duluan.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
Re: bumi dan matahari
« Jawab #8 pada: Mei 30, 2009, 02:21:57 AM »
emang teori apa yang menguatkan bahwa matahari akn pecah sebelum sampai ke bumi ???

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: bumi dan matahari
« Jawab #9 pada: Mei 30, 2009, 02:49:17 AM »
Ada asumsi perhitungan untuk menggambarkan sebesar apa matahari mengembang saat kehabisan bahan untuk melakukan reaksi fusi.

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: bumi dan matahari
« Jawab #10 pada: Mei 30, 2009, 03:19:22 AM »
tuh pi-one tau
yah mungkin sebelum membengkak sampai ke bumi udah meledak soalnya bahan bakar matahari (hidrogen) sudah habis duluan, lalu meledak, ledakan ini yg biasanya orang2 bilang supernova, ada juga sih hypernova.
teori apa ya??
gua pernah beli DVD ttg planet dia ngejelasinnya kyak gitu, trus gua nonton BBC knowledge juga gitu, trus gua baca artikel NASA juga gitu, yah percaya aja dah, cuma emg ada teori-nya ya??

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:bumi dan matahari
« Jawab #11 pada: Juni 21, 2013, 05:25:05 AM »
Errr... Ada yang aku bingung di sini... Sebenernya lebih bahaya mana antara bumi tertelan matahari atau bumi terkena ledakan matahari?  ???
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
26 Jawaban
24466 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2016, 10:45:31 AM
oleh nʇǝʌ∀
1 Jawaban
4898 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2012, 01:38:06 PM
oleh Ammar18
61 Jawaban
63685 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 29, 2012, 01:42:28 PM
oleh nʇǝʌ∀
4 Jawaban
5681 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2010, 09:32:44 PM
oleh topazo
91 Jawaban
27905 Dilihat
Tulisan terakhir September 30, 2011, 02:48:15 AM
oleh Pi-Man