Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 05, 2024, 09:00:35 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 62
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 26
Total: 26

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

bumi punya berapa bulan (satelit) ?

Dimulai oleh sayutman, Januari 23, 2012, 04:17:18 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sayutman


tentang penemuan bulan baru


Bumi ternyata memiliki lebih dari satu satelit. Jika selama ini satu-satunya satelit Bumi yang dikenal hanyalah Bulan, peneliti dari Cornell University menyebut jika ada satu satelit lagi yang disebut 2006 RH120. 2006 RH120 pertama kali muncul di tahun 2006 di Catalina Sky Survey, Arizona, Amerika Serikat. Saat itu, objek yang dianggap asteroid ini bergerak mengelilingi Bumi. Awalnya  2006 RH120 nampak seperti roket buatan manusia yang memiliki cat putih layaknya titanium buatan Badan Antariksa AS (NASA). Tapi dalam penelitian, ternyata 2006 RH120 memiliki tubuh sendiri dengan panjang hanya beberapa meter. 2006 RH120 kemudian masih dianggap satelit alami seperti Bulan. Namun, 2006 RH120 menghilang di tahun 2007 dan meninggalkan orbit Bumi.Sekarang, para astrofisikawan dari Cornell menyatakan jika 2006 RH120 bukanlah anomali biasa. Melainkan bulan sementara yang normal dimiliki planet seperti Bumi. 2006 RH120 dikatakan menjadi satelit sementara yang tertarik gravitasi Bumi dan Bulan. Kedua benda planet ini, Bumi dan Bulan, saling tarik satu sama lain dan ikut menarik benda lain yang dekat dengan mereka di angkasa. Sering kali, objek yang ditarik gaya gravitasi Bumi dan Bulan adalah komet dan asteroid. Komet dan asteroid ini 'tersenggol' oleh planet-planet luar dan berakhir di wilayah sekitar Bumi. Tiga astrofisikawan Cornell yang terlibat antara lain Mikael Granvik, Jeremie Vaubaillon, dan Robert Jedicke, mendirikan model sederhana yang menunjukkan bagaimana gaya tarik Bumi dan Bulan menangkap objek luar angkasa dan membuat Bumi mendapat tambahan Bulan."Pada waktu tertentu, paling tidak ada satu satelit natural Bumi dengan diamater 1 meter yang bergerak mengeliling Bumi. Benda-benda ini mengorbit sekitar 10 bulan, sebelum akhirnya hilang," demikian ujar tim astrofisikawan itu.Selama ini, Planet yang dikenal memiliki lebih dari satu satelit adalah Mars dengan dua satelit kecilnya; Deimos dan Phobos. Jupiter dengan 64 satelit termasuk empat satelit terbesarnya; Ganymede, Callisto, Io, dan Europa. Saturnus yang memiliki 62 bulan, dua di antaranya Titan dan Enceladus.Uranus juga memiliki banyak satelit yakni sebanyak 27 buah, yang terbesar adalah Titania, Oberon, Umbriel, Ariel, dan Miranda. Terakhir, Neptunus mempunyai 13 satelit dan yang terbesar adalah Triton. (Sumber: physorg)

satu lagi
yaitu dulu juga pernah ada bulan

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] — Bumi pernah punya dua bulan. Satu bulan berukuran kecil dan bulan lain berukuran 3 kali lebih lebar dan 25 kali lebih berat. Hal itu diungkapkan oleh astronom University of California, Erik Aspaugh, dan timnya dalam publikasi di jurnal Nature, Rabu (3/8/2011).
Dua bulan itu bersanding dengan Bumi hingga akhirnya bertabrakan yang disebut "Big Splat" dan terjadi pada 4,4 miliar tahun yang lalu. Dalam peristiwa itu, bulan yang lebih kecil menabrak bulan yang lebih besar. Saat itu, dua bulan yang konon terbentuk dari planet yang menghantam Bumi 100 juta tahun sebelumnya itu masih berusia muda.
Tabrakan berlangsung dengan kecepatan 8.000 km/jam, tergolong lambat secara astronomi. Saking lambatnya, Aspaugh mengumpamakan, "Orang akan bosan melihatnya sebab bahkan butuh waktu 10 menit bagi kancing untuk bisa terpendam di Bulan."
Akibat tabrakan lambat, batuan di dua bulan tidak meleleh. Bahkan, tak ada kawah yang tercipta karenanya. Material dari bulan yang lebih kecil hanya berhamburan di muka bulan yang lebih besar atau Bulan yang kita kenal sekarang.
Seperti diwartakan Foxnews, Rabu, Aspaugh mengungkapkan, tabrakan dua bulan itu menjelaskan mengapa permukaan Bulan yang jauh dari Bumi lebih berbukit-bukit. Menurut Aspaugh, bukit-bukit itu berasal dari hamburan material hasil tabrakan.
Jay Melosh dari Purdue University yang tak terlibat penelitian ini mengatakan, teori dua bulan ini ramai dibicarakan dalam konferensi NASA membahas proyek robotik ke Bulan di masa depan yang berlangsung minggu ini. "Tak ada yang salah dengan teori ini. Bisa saja benar, bisa saja salah," kata Melosh memberi tanggapan.
Benar atau salah, yang jelas Aspaugh beranggapan, "Dua bulan itu memang ditakdirkan bertabrakan. Tak ada jalan keluar dari itu." Bulan yang lebih besar memiliki gravitasi yang begitu kuat sehingga bulan yang lebih kecil tidak mampu melawan pengaruhnya.
:-\ :-X 

jadi bumi punya bulan berapa ya ?
mohon masukan dari teman2 barang kali ada yang nemuin bulan lagi.
"hidup harus terus berlanjut, jangan berhenti hanya karena gagal atau berbuat salah."

exile_rstd

#1
tetap satu, karena diatas disebutkan 2006 RH120 merupakan satelit sementara.
Kutip dari: sayutman pada Januari 23, 2012, 04:17:18 PM
tabrakan dua bulan itu menjelaskan mengapa permukaan Bulan yang jauh dari Bumi lebih berbukit-bukit. Menurut Aspaugh, bukit-bukit itu berasal dari hamburan material hasil tabrakan.
setahu saya bukankah permukaan bulan yang 'berlubang' disebabkan oleh tabrakan meteor?
i adore your intelligence

sayutman

Kutip dari: exile_rstd pada Januari 23, 2012, 04:33:38 PM
tetap satu, karena diatas disebutkan 2006 RH120 merupakan satelit sementara. setahu saya bukankah permukaan bulan yang 'berlubang' disebabkan oleh tabrakan meteor?

setahu saya juga begitu jenk exile_rstd tapi jika kita lihat planet yang dekat dengan matahari tidak mempunyai satelit apakah karena panas jadi hancur? dan planet terbesar di sistem tata surya kita mempunyai satelit terbanyak entah karena terbesar dan terberat atau karena besar sering menabrak planet lain (ini jika asal usul saterlit planet lain sama dengan asal usul terbentuknya bulan). begitu terima kasih :)
"hidup harus terus berlanjut, jangan berhenti hanya karena gagal atau berbuat salah."

ArNauval

Sepertinya agak kurang tepat kalau disebut bulan. Objek tersebut disebut quasi-satellite.

KutipA quasi-satellite is an object in a specific type of co-orbital configuration (1:1 orbital resonance) with a planet where the object stays close to that planet over many orbital periods.
Dari Wikipedia.

Bumi mempunyai setidaknya 5 quasi-satellite (yang diketahui).

tribbiani

Kutip dari: exile_rstd pada Januari 23, 2012, 04:33:38 PM
tetap satu, karena diatas disebutkan 2006 RH120 merupakan satelit sementara. setahu saya bukankah permukaan bulan yang 'berlubang' disebabkan oleh tabrakan meteor?

Bukankah dengan teori itu, bumi seharusnya memiliki cincin seperti saturn?

exile_rstd

Kutip dari: tribbiani pada Februari 02, 2012, 01:24:44 PM
Bukankah dengan teori itu, bumi seharusnya memiliki cincin seperti saturn?
maksud anda apa?
i adore your intelligence

ytridyrevsielixetuls

coba dibaca lagi, itu bukan kumpulan bebatuan yang berkumpul mengelilingi Bumi tapi pernah beberapa kali ada bebatuan yg masuk ke orbit Bumi sehingga disebut bulan kedua, dan lepas lagi. Jadi bukan seperti cincin Saturnus. saya aja bahkan nga tau cincin Saturnus itu berupa apa, bebatuan atau sinar atau apalah...., tapi kalo kumpulan bebatuan yang membentuk lingkaran di Galaksi Bimasakti itu sich namanya Asteroid. Lokasinya setelah Mars sebelum Jupiter.
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Ammar18

Bumi mempunyai dua bulan.1:Bulan.2:Cruithne

exile_rstd

Kutip dari: Ammar18 pada Februari 26, 2012, 01:01:50 PM
Bumi mempunyai dua bulan.1:Bulan.2:Cruithne
nah Cruithe ini apalagi? saya baru dengar.
i adore your intelligence

Ammar18

Sebenarnya bulan Cruithne itu ga ada.Tapi,di cruithne kalau 1 tahun di bumi:364 hari(1 tahun -1 hari

__________

Kutip dari: Ammar18 pada Februari 28, 2012, 07:43:21 PM
Sebenarnya bulan Cruithne itu ga ada.Tapi,di cruithne kalau 1 tahun di bumi:364 hari(1 tahun -1 hari

iya dan Perihelium Cruithne itu lebih ekstrim daripada Bumi begitujuga dengan Aphelium nya, dan alasan kenapa disebut Bulan Kedua semata-mata karena punya panjang garis edar yang hampir sama dengan Bumi dan bersinggungan. mungkin Cruithne sempat tertarik oleh grafitasi Bumi ketika mereka pada titik terdekat CMIIW

However, Cruithne tetap tidak bisa disebut satelit Bumi.

Monox D. I-Fly

Kutip dari: sayutman pada Januari 23, 2012, 04:17:18 PM
Saat itu, dua bulan yang konon terbentuk dari planet yang menghantam Bumi 100 juta tahun sebelumnya itu masih berusia muda.


Eh??? Jadi bulan itu terbentuk dari planet??? Baru tahu aku...  :o

Kutip dari: ytridyrevsielixetuls pada Februari 07, 2012, 11:36:09 AM
saya aja bahkan nga tau cincin Saturnus itu berupa apa, bebatuan atau sinar atau apalah....,

Es. Butiran-butiran es yang bertebaran di situ sehingga dari jauh terlihat seperti cincin raksasa.

Kutip dari: Ammar18 pada Februari 28, 2012, 07:43:21 PM
Sebenarnya bulan Cruithne itu ga ada.Tapi,di cruithne kalau 1 tahun di bumi:364 hari(1 tahun -1 hari

Lah, terus Cruithne itu apaan?  :-\
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

mhyworld

Kutip dari: ytridyrevsielixetuls pada Februari 07, 2012, 11:36:09 AM
tapi kalo kumpulan bebatuan yang membentuk lingkaran di Galaksi Bimasakti itu sich namanya Asteroid. Lokasinya setelah Mars sebelum Jupiter.
Bukan  Galaksi Bimasakti, melainkan tata surya/solar system.  Galaksi Bimasakti sendiri terdiri atas ratusan milyar bintang yang masing-masing memiliki tata surya sendiri-sendiri.
once we have eternity, everything else can wait

exile_rstd

berhubung msh dlm tahap belajar, saya mau tanya. Perihelium dan aphelium itu apa?
i adore your intelligence

mhyworld

Kutip dari: exile_rstd pada Mei 22, 2012, 10:36:42 AM
berhubung msh dlm tahap belajar, saya mau tanya. Perihelium dan aphelium itu apa?
perihelium, jarak terdekat antara planet dan matahari
aphelium, jarak terjauh antara planet dan matahari

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
once we have eternity, everything else can wait