Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

November 26, 2022, 10:22:27 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,847
  • Latest: Fordemah
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bumi tabrakan,mungkinkah?

Dimulai oleh rawWARus, Januari 10, 2009, 09:13:15 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Haryanto

Pastinya tabrakan atw tidak, nobody knows.. Dinamika benda langit merupakan many body problem, lupakan benda selain tata surya, ada 8 panet + 1 matahari = 9 body problem.. belum ada superkomputer yang sanggup menentukan lintasan tiap benda dengan kondisi batas tertentu hingga kita bisa tau apakah akan terjadi tabraan atw tidak.. Jadi kita ambil hikmahnya saja, mumpung masih aman, carilah kebajikan. hehehe
saya pikir efek gobal warming atw isu nuklir korut lebih mengkhawatirkan.. :)
We must know — we will know!
-David Hilbert -

muhmus88

Kutip dari: ryoma pada Maret 06, 2009, 01:55:31 PM
waw... matahari terbit di barat..

kita sedang berada di kecepatan tertentu di Bumi ini. Kalo diberhentikan saja, kita, manusia, mungkin seperti anai-anai bertebaran. Tapi kalo sampai berputar balik, gimana nih? *glek..*

tapi belom ngaruh ya sama soal tabrakan?  :( gawat....


kok bisa seperti anai2 berterbangan???
berarti ga da gravitasi lagi dong????
jadi gravitasi berasal dari putaran bumi???iya??

jelasin donk??!!!
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

manusiarender

haihai kawankawin... :D ;D :kribo:

nih aku kasih 10 cara menghancurkan bumi...By : Sam Hughes

dengan humor dan penjelasan ilmiah....
buka aja [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

:D hehehehe :D
lucu banget yg nulis....
will.i.believe.the.sun

ryoma

Kutip dari: muhmus88 pada April 11, 2009, 09:11:04 PM
kok bisa seperti anai2 berterbangan???
berarti ga da gravitasi lagi dong????
jadi gravitasi berasal dari putaran bumi???iya??

jelasin donk??!!!
maksudnya anai2 berterbangan itu saking ringannya terlempar dan berterbangan, itu perumpamaan saya.. bukan artian lugas.. maaf.. :)

Bumi sedang bergerak berotasi dan berrevolusi secara bersamaan dengan kecepatan yang sungguh cepat, ga tau brapa pastinya, yang pasti kereta tercepat di dunia gak bisa (ataukah belum bisa?) mengejarnya. Ya, kalo di hentikan gerakannya secara mendadak hingga kecepatan nol dengan sebelumnya berkecepatan seperti itu, siapa yang tidak terlempar dari tempatnya? barangkali laut juga tumpah.. fatal sekali..

maaf kalo ada yg salah.. mohon bantuannya ya... ;D
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Nabih

Ada yang pernah baca tentang bumi akan dirtabrak meteor tahun 2009 ga, kayaknya waktu aku masih SD ada yang bilang gitu dech

heru.htl

Bagaimana pandangan rekan-rekan, mengenai kabar burung bahwa planet X yang katanya akan nyerempet bumi tahun 2012 (apa 2014???)?

Mars

ya, q pikr planet x itu namny planet nibiru bukan ???? q, pikr kejadian itu emang benar, tapi ga tau kapan akan terjadi tabrakannya.

Pi-One

Sejauh ini, rasanya gak ada prediksi (ilmiah) planet yang menabrak bumi.

loser1942

lho kok??
planet nibiru bukannya hoax ya??
mana ada tuh planet bakal nabrak, maksud lo orang mungkin planet di sabuk kuiper kaliiii
itu mah yg baru 2003UB313 cek aja di NASA.
gua ada gambarnya kok:





heru.htl

Maaf kalau info ini agak samar, ingatan sy kacau soal ini...
Kehadiran planet ini konon telah 5x dan tercatat pada penanggalan kuno suku maya.
Kalau gak salah ingat, tiap 366 ribu tahun.
Lintasannya lebih mirip komet dan menyilang lintasan semua planet hingga lebih dekat kematahari dari pada planet Mercury.
Ada bukunya, sy pernah baca - kebetulan sy pinjam sm teman se-kolega, ttp sy lupa judulnya...

loser1942

kalo bisa kasih tau kode planet itu, soalnya nama nibiru terlalu banyak yg make untuk ramalan2 yg gak berbobot.

nanti langsung gua cariin deh informasinya, soalnya gua tertarik banget sama astronomi, hehehe ;)

Pi-One

Kutip dari: heru.htl pada Juni 02, 2009, 08:42:32 PM
Maaf kalau info ini agak samar, ingatan sy kacau soal ini...
Kehadiran planet ini konon telah 5x dan tercatat pada penanggalan kuno suku maya.
Kalau gak salah ingat, tiap 366 ribu tahun.
Lintasannya lebih mirip komet dan menyilang lintasan semua planet hingga lebih dekat kematahari dari pada planet Mercury.
Ada bukunya, sy pernah baca - kebetulan sy pinjam sm teman se-kolega, ttp sy lupa judulnya...
Setahuku kalender Maya sama sekali tidak mengacu pada planet Nibiru atau planet X. Kalender itu mengacu pada satu siklus yang panjangnya ...lupa berapa lama, pokoknya pnajang. Dan 2012 adalah titik siklus baru berikut, bukan titik kiamat atau apapun... Cuma ada pihak yang mengait-ngaitkan, dan ada saja yang percaya. Gak heran aliran2 kiamat bisa narik pengikut...

loser1942

hmmm.....
jadi intinya namanya kiamat karena bumi tabrakan itu sebenarnya gak ada kan.
ehh btw, ada yg punya nama resmi nibiru oleh para astronom gak??
gua lagi tertarik sama nih planet nih.

Mars

q pernah baca dari majlh, kalo pihak NASA itu merashasiakan akan kehadiran planet ini. katanya biar orang-orang di bumi ga heboh, dan yang q palin g bingung katanya bisa mempengaruhi kehidupan globl di dunia ini. ::)

Pi-One

Begini, kemungkinan bumi ditabarak oleh benda langit itu ada. Kemungkinan tabrakan menyebabkan kehancurna besar di bumi ada. tapi kaloobyeknya berupa planet, itu gak ada.

Dan memang ada kalanya NASA merahasiakan potensi tubrukan, misal oleh asteroida. Tapi jika planet, rasanya astronom di seluruh dunia pasti akan tahu, dan cepat atau lambat akan tersebar.