Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 19, 2024, 06:44:26 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 93
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 87
Total: 87

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

cara membedakan bulan yg sedang gerhana dan tidak

Dimulai oleh binekas, Juni 27, 2010, 04:35:11 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

binekas

kemaren kan baru liat gerhana parsial yg beruntung banget cuaca lagi cerah jadi bisa lihat dengan sangat jelas tapi pas d liat kok bulan nya gg da bedanya sma bulan2 pada biasany? apa sih yg ngebedain antara bulan yg lagi gerhana sama bulan yg lagi gerhana??

kl gerhana matahari kan sedikit lebih gampang karena ketika gerhana matahari maka ketika kita melihat maatahari akan tertutup oleh bayangan hitam yg tidak lain adalah bulan.

nandaz

Kutip dari: binekas pada Juni 27, 2010, 04:35:11 PM
kemaren kan baru liat gerhana parsial yg beruntung banget cuaca lagi cerah jadi bisa lihat dengan sangat jelas tapi pas d liat kok bulan nya gg da bedanya sma bulan2 pada biasany? apa sih yg ngebedain antara bulan yg lagi gerhana sama bulan yg lagi gerhana??

kl gerhana matahari kan sedikit lebih gampang karena ketika gerhana matahari maka ketika kita melihat maatahari akan tertutup oleh bayangan hitam yg tidak lain adalah bulan.
beda antara apa nih mas?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Takagi Fujimaru

Hm, setauq, beda warnanya aja. Bulan yg lagi gerhana, warnanya agak2 panas gitu. Kayak ada merah2nya n redup. Kalo yg biasa, warnanya terang, putih/kuning.

Yg paling gampang, liat kalender jawa/hijriah aja. Tanggal 15an itu bulan purnama, jadi klo tanggal segitu bulannya 'berlubang', berarti itu gerhana... see? ;D
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Pi-One

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 27, 2010, 08:28:32 PMYg paling gampang, liat kalender jawa/hijriah aja. Tanggal 15an itu bulan purnama, jadi klo tanggal segitu bulannya 'berlubang', berarti itu gerhana... see? ;D
No offense, rasanya kalender bulan/Kalender China lebih akurat jika bicara periode bulan.

paradoks

sama saja, kalender hijrah juga sangat akurat untuk kalender bulan. saya nggak tau lho kalo kalender cina, tapi buat muslim, karena tanggalan hijriyah sangat penting buat ibadah (nentuin puasa, lebaran etc.) keakuratan sangat perlu, makanya tiap mau lebaran kudu dirukyat dolo.
"ohhhh I wish I could live life five times over...Then I'd be born in five different places, and I'd stuff myself with different food from around the world...I'd live five different lives with five different occupations...and then, for those five times...I'd fall in love with the same person...five times.." ~Bleach, Inoue Orihime~

Takagi Fujimaru

Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Pi-One

#6
Kutip dari: paradoks pada Juni 27, 2010, 11:05:57 PM
sama saja, kalender hijrah juga sangat akurat untuk kalender bulan. saya nggak tau lho kalo kalender cina, tapi buat muslim, karena tanggalan hijriyah sangat penting buat ibadah (nentuin puasa, lebaran etc.) keakuratan sangat perlu, makanya tiap mau lebaran kudu dirukyat dolo.
Tapi ada kalanya kalender Bulan dan Kalender hijriah selisih sehari, dan saat itu kalender bulan lebih jelas menunjukkan kondisi bulan purnama (tanggal 15 pasti bulan purnama).

Kalau memang akurat, kenapa mesti dirukyat lagi? Artinya kalendernya mesti 'dikalibrasi ulang' kan?

*Dan tiap tanggal 7 bulan 7 kalender bulan, pasti penampakan altair-Vega terlihat paling jelas (di luar faktor cuaca seperti mendung dll).

binekas

Kutip dari: nandaz pada Juni 27, 2010, 07:24:09 PM
Kutip dari: binekas pada Juni 27, 2010, 04:35:11 PM
kemaren kan baru liat gerhana parsial yg beruntung banget cuaca lagi cerah jadi bisa lihat dengan sangat jelas tapi pas d liat kok bulan nya gg da bedanya sma bulan2 pada biasany? apa sih yg ngebedain antara bulan yg lagi gerhana sama bulan yg lagi gerhana??

kl gerhana matahari kan sedikit lebih gampang karena ketika gerhana matahari maka ketika kita melihat maatahari akan tertutup oleh bayangan hitam yg tidak lain adalah bulan.
beda antara apa nih mas?

bedany bulan yg sedang mengalami gerhana sama bulan yg tidak mengalami gerhana? tanpa kita mengetahui d kalender? apa bisa kita membedakan bulan yang lagi gerhana dengan bulan biasa dengan mata telanjang? kalo bisa apa ciri-cirinya??

Monox D. I-Fly

Kalo' yg aq liat sih, waktu gerhana bulan total bulannya warnanya merah.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

binekas

waktu gerhana bulan parsial kemaren gg merah kl gg salah??

syx

ga selalu bulannya jadi merah... cara identifikasi ya musti sadar tanggal. misalnya malam kemaren bulannya bulat penuh kok sekarang tinggal separo ato malah ga keliatan padahal cuaca cerah pasti lah itu gerhana.