Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Januari 29, 2023, 11:48:26 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,651
  • Total Topik: 10,406
  • Online today: 43
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

CARA MENGAMATI GERHANA MATAHARI

Dimulai oleh deathspeel omega, September 14, 2010, 07:16:30 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

deathspeel omega

Cara mengamati gerhana Matahari

Demi keamanan, peminat gerhana disarankan tidak melihat Matahari secara langsung. Untuk melindungi mata dari kerusakan, gunakan alat penapis cahaya yang mampu memperkecil intensitas cahaya Matahari hingga sepuluh ribu kali. Alat penapis cahaya bisa dibuat menggunakan kertas mylar yang dapat diperoleh di toko fotografi terdekat.

Kamera lubang jarum sederhana untuk pengamatan gerhana MatahariApabila kertas mylar tidak bisa diperoleh maka pilihan berikutnya jatuh kepada kamera lubang jarum. Prinsipnya adalah membuat lubang sekecil mungkin pada selembar kertas lalu memproyeksikan bayangan Matahari selama gerhana. Bayangan yang dihasilkan oleh lubang kecil ini adalah proyeksi langsung dari kejadian yang berlangsung di langit.

Bayangan pohon bisa berfungsi sebagai kamera lubang jarum alamiah. Carilah pepohonan yang tidak begitu rindang, di mana cahaya Matahari masih bisa menembus lebatnya dedaunan. Ketika Bulan mulai masuk ke piringan Matahari maka kita akan melihat proyeksinya pada bayangan pohon. Proyeksi ini akan mengikuti gerakan Bulan di depan piringan Matahari.

Teknik lain seperti melihat melalui piringan magnetik disket, CD, kaca mata hitam, potongan negatif film yang terbakar sering dijadikan alternatif. Walaupun berhasil mengurangi cahaya Matahari yang sampai ke mata, teknik ini masih menyisakan bahaya. Terdapat panjang gelombang inframerah yang tidak tampak oleh mata namun secara signifikan masih bisa menembus filter sederhana di atas. Akibatnya, cahaya inframerah dalam jumlah besar akan jatuh ke retina. Pemakaian peralatan di atas dalam watu lama akan membuat mata menjadi perih bahkan bisa berujung pada cacat permanen pada mata (mata menjadi tidak sensitif dsb.) Penggunaan peralatan sederhana di atas sebaiknya dihindari.

Selamat mengamati gerhana Matahari sebagian. Semoga langit cerah!