Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 19, 2024, 04:24:47 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 77
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 58
Total: 58

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Fungsi Satelit Alami

Dimulai oleh Logan, April 07, 2015, 07:02:55 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Logan

Fungsi satelit alami (bulan) bagi planet:
1. Bulan berfungsi untuk menerangi Bumi pada malam hari
2. Setiap satelit alami yang dimiliki oleh planet, memiliki satu fungsi yang sama, yaitu melindungi planet induk dari hantaman benda-benda langit lainnya
3. Fungsi bulan yakni menyeimbangkan perputaran siklus dari air laut dimana pada posisi bulan searah tangensial dengan bumi maka arus yang terjadi bisa mengakibatkan pasang air laut.
4. Satelit alami juga dapat mengontrol kecepatan rotasi suatu planet karena efek gravitational tidal wave.

Dapat dari browsing di internet, apakah semua benar atau ada tambahannya?

jasen


Kutip dari: Logan pada April 07, 2015, 07:02:55 AM
Fungsi satelit alami (bulan) bagi planet:
1. Bulan berfungsi untuk menerangi Bumi pada malam hari
Setuju

Kutip dari: Logan pada April 07, 2015, 07:02:55 AM
2. Setiap satelit alami yang dimiliki oleh planet, memiliki satu fungsi yang sama, yaitu melindungi planet induk dari hantaman benda-benda langit lainnya
Tidak setuju, gravitasi bulan juga memiliki efek menarik benda2 langit lain mendekati bumi, jika tidak ada bulan, maka lebih kecil kemungkinan benda2 langit lain mendekati bumi dan menabrak bumi

Kutip dari: Logan pada April 07, 2015, 07:02:55 AM
3. Fungsi bulan yakni menyeimbangkan perputaran siklus dari air laut dimana pada posisi bulan searah tangensial dengan bumi maka arus yang terjadi bisa mengakibatkan pasang air laut.

bisa ya bisa tidak, ini efek gravitasi bulan. Tanpa ada bulan, pasang surut air laut tetap terjadi dari gravitasi matahari.

Kutip dari: Logan pada April 07, 2015, 07:02:55 AM
4. Satelit alami juga dapat mengontrol kecepatan rotasi suatu planet karena efek gravitational tidal wave.

Setuju, ini efek gravitasi bulan, namun namanya bukan gravitational tidal wave, gravitational tidal wave masih merupakan teori.
Gravitasi bulan menjaga keseimbangan rotasi bumi.


Kutip dari: Logan pada April 07, 2015, 07:02:55 AM

Dapat dari browsing di internet, apakah semua benar atau ada tambahannya?

Bulan juga memberikan efek negatif bagi bumi yaitu :

1. Menarik benda2 langit ke bumi.
2. Bulan mempengaruhi pembentukan awan, cuaca di bumi, dan salah satu penyebab topan di bumi.

Logan

Berarti apakah dapat dikatakan pula bahwa bulan mempengaruhi iklim dan perubahan cuaca di permukaan bumi?

abdillahibnunasrullah

Kutip dari: jasen pada April 07, 2015, 09:43:23 AM

Bulan juga memberikan efek negatif bagi bumi yaitu :

1. Menarik benda2 langit ke bumi.
2. Bulan mempengaruhi pembentukan awan, cuaca di bumi, dan salah satu penyebab topan di bumi.
wah, baru denger nih yang kedua, bulan mempengaruhi pembentukan awan. Kok bisa? Padahal kan awan terbentuk hasil penguapan air di bumi, jadi hubungannya sama temperatur dan tekanan, kayaknya gravitasi bulan ngaruh dikit deh
Senpai daisuki ♡♡♡
Ganbate senpai ♡♡♡

nʇǝʌ∀

mungkin kah bulan juga mampu menarik atau menggeser permukaan bumi sehingga terjadi gempa? apakah gejolak magma bukan satu-satunya yang bertanggung jawab dalam menggeserkan patahan atau lempeng bumi dan menciptakan gempa tektonik? kalo gak salah pernah dengar hal semacam itu ketika baca tulisan tentang teori pemuaian bumi...

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

__________

berarti buminya bukan memuai melainkan robek atau retak atau pecah.

MuhammadRyan

Satelit gk puny fungsi khusus... -_-

mereka scr simpel terbentuk dri serpihan bekas bumi terbentuk, dah... mreka kebentuk bkan krn alasan, cmn ketidak sengajaan... (klo yg ini, q setuju)...

Cmn mungkin ada beberapa efek samping... kyk air pasang ato smacamnya, tpi klo mempengaruhi awan ato gempa... baru denger

Matur nuwun :D
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

abdillahibnunasrullah

Adanya satelit juga dapat menyebabkan melambatnya rotasi bumi karena adanya efek pasang surut yang biasa disebut efek sinkronisasi sampai pada suatu saat akan ada satu bagian di bumi yang akan selalu melihat bulan. Contohnya pada sistem pluto-charon, bagian pluto yang menghadap charon selalu sama, begitu pula sebaliknya. Sebagai akibat dari perlambatan ini, untuk mempertahankan momentum sudutnya, bulan akan menjauh dari bumi
Senpai daisuki ♡♡♡
Ganbate senpai ♡♡♡