Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Astronomi dan Kosmologi => Topik dimulai oleh: muhmus88 pada April 11, 2009, 08:12:59 AM

Judul: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 11, 2009, 08:12:59 AM
ada yang tau ga dari mana asal medan magnet bumi????

terus tiap planet tu punya medan magnet ga???
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Sky pada April 11, 2009, 05:47:13 PM
Saya ingat waktu kuliah kimia pernah dijelasin bahwa sifat kemagnetan itu faktor terbesarnya dari unsur pembentuk material
tsb.

Jadi, tiap atom memiliki suatu sifat magnetik yang ditentukan oleh momen magnetik total dari susunan elektron di atom tersebut.
Sedangkan momen magnetik tiap elektron itu dijelaskan oleh bilangan kuantum yang disebut spin elektron.
Trus, ada prinsip ( kalo ga salah namanya prinsip Larangan Pauli  ??? ) yang menyatakan bahwa dlm 1 orbital hanya boleh di isi 2 elektron yang spinnya berlawanan (jadi, momen magnetiknya nol). Otomatis kalo orbitalnya penuh semua, atom tidak bisa menghasilkan medan magnet.
Tapi, ada atom yang orbitalnya tidak penuh. Atom ini bisa menghasilkan medan magnet lemah. Atom yang banyak
berisi orbital tidak penuh, biasanya logam transisi. Contohnya Besi,Kobalt,Nikel.
Lalu, campuran unsur-unsur itu dapat dijadikan magnet asalkan susunan momen magnetik tiap atomnya teratur.

Kemungkinannya, medan magnet bumi bisa ada karena di dalam inti bumi terkandung Besi (dan mungkin logam ferromagnetik
lain) dalam jumlah banyak sehingga medan magnet yang dihasilkan cukup besar.

He...gimana kk? Bener g? kasih komen dong.  :D

Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: The Houw Liong pada April 11, 2009, 10:23:58 PM
Teori terbaru mengenai medan magnetik bumi ialah teori dinamo.
Di dalam bumi yang sangat panas (suhu sekitar 4000 derajat K) bergerak fluida metalik yang dapat menimbulkan efek dinamo yang dapat memerangkap medan magnetik, sehingga menimbulkan medan magnetik bumi.
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Sky pada April 11, 2009, 11:20:42 PM
Wow.....

Efek dinamo apaan tuh,k?

Mohon lebih detail lagi, kayaknya seru nih  ::)

Apakah maksudnya fluidanya muter-muter seperti dinamo sepeda lalu menimbulkan medan magnet
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 11, 2009, 11:48:04 PM
wuih dasyat2 orang2 di forum ini smakin mnarik nieh...

ok2 ditambah dikit lagi prtanyaannya...

dari survey orang2 geologi disebutkan bahwa medan magnet bumi itu sesekali berbalik arah.
yang utara ke slatan dan yang selatan jadi utara..bner ga???
jelasin donk....abang2...mas2...
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: superstring39 pada April 14, 2009, 05:08:55 AM
ini penjelasan tentang "dynamo theory"

Pertanyaan tentang kehadiran medan magnet bumi memang masih misteri di dunia fisika atau astrofisika. banyak teori yang mencoba menjelaskan mengapa terjadinya medan magnet di sekitar objek angkasa seperti bumi dan matahari.

salah satu teorinya yaitu "Dynamo theory", teori ini cukup rumit dan melibatkan persamaan matematika yang cukup rumit, pertama diajukan oleh Joseph Larmor pada tahun 1919. Kurang lebih teori ini menyebutkan bahwa di dalam perut bumi terdapat besi dalam wujud cair yang bertindak sebagai objek yang sangat konduktif, disebut sebagai dinamo (dynamo) berfungsi menghasilkan kembali (regenerate) medan magnet di dalam dirinya sendiri. cairan panas ini mengalir di dalam bumi karena perputaran bumi sejak terbentuknya tata surya. Pada kasus ini medan magnet diyakini dihasilkan dari konveksi dari besi cair, di dalam cairan inti bagian luar, sejalan dengan efek corioli (Coriolis effect) yang disebabkan oleh rotasi planet yang mengarahkan arus bergulung sejajar dengan kutub utara-selatan. saat cairan konduktif mengalir, arus listrik akan terinduksikan, yang kemudian kembali menghasilkan medan magnet yang lain. saat medan magnet ini menguatkan medan magnet yang sebelumnya, dinamo terbentuk dan menjadi stabil.
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 17, 2009, 04:32:51 AM
terus yang mengalami pembalikan gimana???
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Mars pada April 20, 2009, 02:32:56 AM
terus, dengan medan magnet ini ada kaitannya ga dengan adanya pesawat yang hilang secara tiba-tiba ???? alat apa ynga bisa menemukan medan magnet ietu ????
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: The Houw Liong pada April 20, 2009, 08:53:51 AM
Umumnya planet yang di dalamnya terdapat fluida metalik yang berkonveksi seperti bumi tentu ada medan magnetiknya, termasuk juga matahari.
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Alicha pada April 20, 2009, 12:51:23 PM
Informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber (penelitian ilmuwan, wiki, NASA) ini sebagai pengingat bagi kita semua untuk lebih menghargai hidup sendiri, hidup orang lain di sekitar kita, dan perlu untuk memacu kita lebih aktif bertindak.

Dari penelitian bebatuan dan fosil dalam bumi ditemukan perbedaan pola medan magnet bebatuan yang berasal dari masa plestosin (http://en.wikipedia.org/wiki/Pleistocene#Humans_during_pleistocene) dengan bebatuan dari masa sebelumnya.
Penemuan ini pertama kali dipublikasikan oleh orang Jepang: Motonori Matuyama (http://en.wikipedia.org/wiki/Motonori_Matuyama) pada tahun 1920, sayangnya pada saat itu ilmuwan kurang mengerti mengenai perubahan medan magnetik bumi sehingga makalah Matuyama dicuekin.
Baru sejak tahun 1960an ke depan, para ilmuwan mulai meneliti dengan serius mengenai hal ini.

Penelitian menunjukkan bahwa bumi memang selalu mengganti kutub magnetnya secara periodik dengan senggang waktu pergantiannya acak antara 5000 tahun sd 250.000 tahun sekali.
Ilmuwan menemukan bahwa kuat medan magnet bumi pada jaman akhir kehidupan dinosaurus adalah 2,5 gauss, sekitar 8% lebih tinggi daripada kuat medan magnet bumi saat ini. (Dengan kata lain kuat medan magnet sekarang ini lebih rendah sekitar 8% daripada jaman akhir dino-dino itu) :lipsrsealed:

Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa medan magnet bumi semakin lemah dari waktu ke waktu, walaupun keadaan tanpa medan magnet baru akan tercapai sekitar tahun 3000an Masehi.
Tetapi para ilmuwan sangsi bahwa bumi baru akan berbalik kutub magnetnya apabila mencapai keadaan tanpa medan magnet.
Ilmuwan memperkirakan bahwa bumi sedang menuju ke momentum yang cukup untuk membalikkan sendiri kutubnya :sweatdrop:, dalam proses pembalikan itu, tidak dapat diperkirakan/dibayangkan seberapa besar pergolakan alam yang akan terjadi. (dari sejarah, pergolakan itu cukup untuk membuat punah kehidupan raksasa dinosaurus)
Setelah proses pembalikan selesai, pergolakan pelan-pelan akan menghilang, bumi kembali menjadi nirvana dan siap untuk kehidupan baru, kutub utara saat ini akan menjadi kutub selatan nanti.

Mengapa laju perubahan ini begitu cepat?
Belum ada yang dapat memperkirakan, tetapi banyak yang menuding cara hidup manusia (keseluruhan) yang menguras isi bumi secara besar-besaran, pembukaan lahan dan peningkatan tingkat kehidupan menyebabkan punahnya banyak species binatang dan tumbuh-tumbuhan, pencemaran udara, air, dan laut, dan banyak hal yang telah dilakukan manusia telah merusak keseimbangan ekosistem bumi, ikut andil dalam mempercepat proses ini.

Mengapa bumi melakukan perubahan kutub magnetnya sendiri?
Ada yang percaya bumi melakukan hal ini untuk menyeimbangkan kembali dirinya, dengan kata lain menyehatkan kembali dirinya, mengatur dirinya sendiri untuk kehidupan yang baru.

Berdasarkan penelitian dari fosil dan bebatuan zaman purba khususnya pada masa kepunahan dinosaurus, apabila apa yang sekarang terjadi di bumi tetap berlangsung seperti sebelumnya, bumi hanya perlu waktu sekitar 100 tahun lagi dari saat ini untuk mencapai momentum yang cukup untuk menggerakkan pembalikan kutubnya. :sweatdrop:

Banyak orang yang menghubungkan kejadian ini dengan rumor di tahun 2012, banyak juga yang menghubungkannya dengan rencana penampakan dan kedatangan UFO.

Untuk perubahan radikal, kita memang perlu didekatkan kepada AKHIR dari kehidupan kita semua di bumi.:bigcry:

Kita sebagai bagian dari umat manusia, dimana kelangsungan hidup kita sepenuhnya tergantung dari sehatnya bumi ini, dan Demi kelangsungan hidup kita di bumi ini;

Menurut pendapat warga DT:

Tindakan apa saja yang harus kita lakukan secepatnya?
Perubahan paradigma apa yang harus kita lakukan? Implementasinya apa?
Jika kesadaran spiritual berguna untuk menghadapi chaos ini, apa saja yang perlu kita lakukan?
Kebangkitan spiritual adalah salah satu jalan yang dapat meluputkan kita dari murka alam ini. Bagaimana respons anda terhadap pernyataan ini?
---[deleted]----

Berpikir bersama-sama jauh lebih baik daripada berpikir sendiri-sendiri.
Menghadapi chaos bersama-sama jauh lebih baik daripada menghadapinya sendirian. Toh kita tidak dapat lari lagi, kita belum menemukan planet lain yang lingkungannya cocok dengan keadaan di bumi, dan belum ditemukan teknologi yang dapat mewujudkan hal ini
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: At pada Januari 09, 2010, 02:10:43 AM
Singkatnya....

-Medan magnet bumi berasal dari reaksi antara inti dalam bumi, inti dalam itu sendiri merupakan logam padat dan inti luar berupa materi cair yang sebagian besar'a adlh logam...
-Kedua inti ini masing-masing berputar berlawanan arah. Inti dalam berotasi dan inti luar ber-revolusi mengelilingi inti dalam dengan arah yang berlawanan
-Sumbu putar keduanya adalah garis utara magnet, pusat bumi, dan selatan magnet. Gesekan antar logam (kedua inti tersebut) ini yang menghasilkan medan magnet bumi.

setuju???
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Ilmukalam pada Januari 09, 2010, 04:08:57 AM
Tidak heran memang kalo kondisi di akhir Zaman akan kembali ke jaman kuno.. tidak ada lagi peralatan modern yang berfungsi.... rusak total... hidup kembali manual.. perang sudah make tombak, pedang, panah, dan kuda..... hmmmm
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Scorpion pada Maret 17, 2010, 12:06:56 PM
masa' sih klo magnet ntu bisa ke utara bisa ke selatan, kayaknya gk mungkin deh..? ada yang bisa jelasin , q juga penasaran nih
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Pi-One pada Juli 14, 2010, 02:28:12 PM
Ada artikel soal medan magnet ini:
http://www.astronomynotes.com/solarsys/s7.htm
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Calvin P L pada Agustus 06, 2010, 04:14:11 AM
Jujur nich ak bingung banget ma inti buminy...  :-\
Bgmn kt tau kalo inti bumi itu dalamny material padat, sedangkan yg luar material cair..??
Trus ap pergantian medan magnet tu s'lalu dr kutub utara ke selatan ato sebalikny??
Ap ga mungkin tuk kutub utara pindah ke belahan bumi Indonesia dan selatan d balikny??
Judul: Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: muhmus88 pada Agustus 19, 2010, 11:44:38 AM
Jujur nich ak bingung banget ma inti buminy...  :-\
Bgmn kt tau kalo inti bumi itu dalamny material padat, sedangkan yg luar material cair..??
Trus ap pergantian medan magnet tu s'lalu dr kutub utara ke selatan ato sebalikny??
Ap ga mungkin tuk kutub utara pindah ke belahan bumi Indonesia dan selatan d balikny??

kalo masalah material padat ato cair itu kayaknya diketahui dari rambatan gelombang P dan gelombang S,kita tahu kalo gelombang S tu ga bisa merambat pada medium cari dari situlah hasil penelitian menunjukkan gambaran interior bumi..(sumber gelombangnya adalah bisa seperti gempa,ato yang lainnya)..
kalo masalah magnet yang berbalik saya pernah dijelaskan dari data geologi menunjukkan adanya pembalikkkan utara selatan (relatif, ga pas juga)
Judul: Re:Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Ammar18 pada Februari 28, 2012, 12:25:21 PM
Bumi mempunyai medan magnet terbesar(Sampai Merkurius,Jupiter,Saturnus,Uranus,Neptunus)dan bulan Ganymede mempunyai medan magnet kecil.dan Para ionospheres planet lemah magnet seperti Venus dan Mars mengatur arus yang sebagian membelokkan aliran angin matahari, tetapi tidak memiliki medan magnet
Judul: Re:Dari Mana Asal medan magnet bumi???
Ditulis oleh: Ammar18 pada Februari 28, 2012, 12:29:37 PM
Medan magnet lemah berjalan/bergerak melewati alam semesta menurut sebuah penelitian baru yang mungkin bisa memecahkan misteri dari mana datangnya medan magnet besar di seputar galaksi-galaksi.

Berbagai galaksi seperti Bima Sakti masing-masing memiliki medan magnet berskala besar . Walaupun medan magnet ini lebih lemah dibandingkan dengan medan planet, para ilmuwan berpikir bahwa berbagai versi galaktik membantu membangun formasi bintang, mengawal sinar kosmik, dan mengatur kedinamisan gas antar-bintang.

Kebanyakan para ilmuwan meyakini bahwa medan magnet yang lebih kuat dari galaksi-galaksi "dewasa" berkembang dari medan "benih" yang lemah. Namun tidaklah jelas dari mana medan yang lebih tua ini berasal.

Dua teori terkemuka: Medan benih tercipta dari pergerakan gas terstimulasi di berbagai protogalaksi, atau mereka dihasilkan di luar galaksi oleh proses yang tak kelihatan pada permulaan jagad raya.

Pengamatan baru yang dilakukan dengan Fermi Gamma-ray Space Telescope NASA mendukung gagasan bahwa benih-benih itu semuanya ada di sana, bahkan sebelum terciptanya galaksi.

Berdasarkan data Fermi, "kami menemukan bahwa medan-medan magnet lemah ini seharusnya ada di mana saja. Mereka harus berada di luar galaksi-galaksi, mengisi keseluruhan alam semesta, bahkan ketika tak ada galaksi, tak ada bagian-bagian, tak ada apa pun," kata penulis bersama penelitian Andrii Neronov dari Universitas Jenewa bagian ISDC Centre for Astrophysics di Swiss, seperti yang dilansir oleh National Geographic.

Karena berbagai penemuan baru menyatakan bahwa medan-medan bisa terbentuk di luar galaksi-galaksi, "mungkin berbagai medan magnet itu tercipta sebelum galaksi terbentuk," kata Neronov.

Menabur Benih untuk Medan-Medan Galaktik

Menurut teori, medan-medan benih purba bisa saja tercipta dari partikel-partikel terstimulasi yang termuntahkan selama kejadian-kejadian keras seperti ledakan supernova.

Pada akhirnya, teori itu mengatakan, satu medan benih dapat membesar di dalam satu galaksi, karena putaran pelan galaksi menyebabkan partikel-partikel terstimulasi dan gas-gas menjadi searah pada garis-garis medan magnet benih.

Akan tetapi medan-medan benih lain akan tetap berjalan melewati ruang antar galaksi dan itulah yang menurut Neronov dan rekan-rekannya telah mereka temukan.

Lebih tepatnya, tim itu melihat suatu kekurangan energi sangat tinggi sinar gamma dalam data Fermi di blazars yang merupakan galaksi-galaksi dengan lubang hitam super besar pada bagian tengahnya yang memuntahkan pancaran partikel hampir sama dengan kecepatan cahaya.

Sinar gamma yang sampai ke bumi dari blazars seharusnya ada pada level energi tertentu. Tapi sinar gamma yang dilihat oleh tim Neronov nampaknya telah dilucuti sebagian kekuatannya, yang tepatnya akan terjadi jika sinar gamma beinteraksi dengan medan magnet lemah dalam perjalanannya.

Para peneliti itu kemudian memetakan apa yang terjadi ketika sinar gamma menabrak foton, atau partikel ringan. Mereka menemukan bahwa tabrakan menghasilkan berkas aktifitas elektromagnetik.

"Apa yang kami deteksi bisa saja permulaan medan lemah ini, dan itu dapat memecahkan masalah dari mana asal medan magnet di Bima Sakti dan galaksi lain, karena sekarang kita bisa mengetahui kondisi permulaannya," kata Neronov.

Misteri-misteri Magnetis Tetap Ada

Para ilmuwan tidak yakin proses-proses energi tinggi mana yang mungkin menciptakan medan-medan magnetik pertama di alam semesta muda tanpa galaksi, walaupun tak kekurangan contoh.

Juga tak jelas apakah medan-medan benih berjalan memainkan peranan dalam formasi selanjutnya berbagai galaksi dan bagian-bagian galaksi, karena intensitas medan harus diukur dengan pasti.

"Secara umum, Saya cenderung berpikir bahwa mereka tidak memainkan peranan penting dalam pembentukan galaksi-galaksi, karena mereka terlalu lemah" pada level rendah yang diobservasi tim Fermi, kata Neronov.Itu medan magnet bumi asalnya.Mungkin