Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 10:16:06 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Dari Mana Asal medan magnet bumi???  (Dibaca 36257 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: Dari Mana Asal medan magnet bumi???
« Jawab #15 pada: Agustus 19, 2010, 11:44:38 AM »
Jujur nich ak bingung banget ma inti buminy...  :-\
Bgmn kt tau kalo inti bumi itu dalamny material padat, sedangkan yg luar material cair..??
Trus ap pergantian medan magnet tu s'lalu dr kutub utara ke selatan ato sebalikny??
Ap ga mungkin tuk kutub utara pindah ke belahan bumi Indonesia dan selatan d balikny??

kalo masalah material padat ato cair itu kayaknya diketahui dari rambatan gelombang P dan gelombang S,kita tahu kalo gelombang S tu ga bisa merambat pada medium cari dari situlah hasil penelitian menunjukkan gambaran interior bumi..(sumber gelombangnya adalah bisa seperti gempa,ato yang lainnya)..
kalo masalah magnet yang berbalik saya pernah dijelaskan dari data geologi menunjukkan adanya pembalikkkan utara selatan (relatif, ga pas juga)
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Offline Ammar18

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 84
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Dari Mana Asal medan magnet bumi???
« Jawab #16 pada: Februari 28, 2012, 12:25:21 PM »
Bumi mempunyai medan magnet terbesar(Sampai Merkurius,Jupiter,Saturnus,Uranus,Neptunus)dan bulan Ganymede mempunyai medan magnet kecil.dan Para ionospheres planet lemah magnet seperti Venus dan Mars mengatur arus yang sebagian membelokkan aliran angin matahari, tetapi tidak memiliki medan magnet

Offline Ammar18

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 84
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Dari Mana Asal medan magnet bumi???
« Jawab #17 pada: Februari 28, 2012, 12:29:37 PM »
Medan magnet lemah berjalan/bergerak melewati alam semesta menurut sebuah penelitian baru yang mungkin bisa memecahkan misteri dari mana datangnya medan magnet besar di seputar galaksi-galaksi.

Berbagai galaksi seperti Bima Sakti masing-masing memiliki medan magnet berskala besar . Walaupun medan magnet ini lebih lemah dibandingkan dengan medan planet, para ilmuwan berpikir bahwa berbagai versi galaktik membantu membangun formasi bintang, mengawal sinar kosmik, dan mengatur kedinamisan gas antar-bintang.

Kebanyakan para ilmuwan meyakini bahwa medan magnet yang lebih kuat dari galaksi-galaksi "dewasa" berkembang dari medan "benih" yang lemah. Namun tidaklah jelas dari mana medan yang lebih tua ini berasal.

Dua teori terkemuka: Medan benih tercipta dari pergerakan gas terstimulasi di berbagai protogalaksi, atau mereka dihasilkan di luar galaksi oleh proses yang tak kelihatan pada permulaan jagad raya.

Pengamatan baru yang dilakukan dengan Fermi Gamma-ray Space Telescope NASA mendukung gagasan bahwa benih-benih itu semuanya ada di sana, bahkan sebelum terciptanya galaksi.

Berdasarkan data Fermi, "kami menemukan bahwa medan-medan magnet lemah ini seharusnya ada di mana saja. Mereka harus berada di luar galaksi-galaksi, mengisi keseluruhan alam semesta, bahkan ketika tak ada galaksi, tak ada bagian-bagian, tak ada apa pun," kata penulis bersama penelitian Andrii Neronov dari Universitas Jenewa bagian ISDC Centre for Astrophysics di Swiss, seperti yang dilansir oleh National Geographic.

Karena berbagai penemuan baru menyatakan bahwa medan-medan bisa terbentuk di luar galaksi-galaksi, "mungkin berbagai medan magnet itu tercipta sebelum galaksi terbentuk," kata Neronov.

Menabur Benih untuk Medan-Medan Galaktik

Menurut teori, medan-medan benih purba bisa saja tercipta dari partikel-partikel terstimulasi yang termuntahkan selama kejadian-kejadian keras seperti ledakan supernova.

Pada akhirnya, teori itu mengatakan, satu medan benih dapat membesar di dalam satu galaksi, karena putaran pelan galaksi menyebabkan partikel-partikel terstimulasi dan gas-gas menjadi searah pada garis-garis medan magnet benih.

Akan tetapi medan-medan benih lain akan tetap berjalan melewati ruang antar galaksi dan itulah yang menurut Neronov dan rekan-rekannya telah mereka temukan.

Lebih tepatnya, tim itu melihat suatu kekurangan energi sangat tinggi sinar gamma dalam data Fermi di blazars yang merupakan galaksi-galaksi dengan lubang hitam super besar pada bagian tengahnya yang memuntahkan pancaran partikel hampir sama dengan kecepatan cahaya.

Sinar gamma yang sampai ke bumi dari blazars seharusnya ada pada level energi tertentu. Tapi sinar gamma yang dilihat oleh tim Neronov nampaknya telah dilucuti sebagian kekuatannya, yang tepatnya akan terjadi jika sinar gamma beinteraksi dengan medan magnet lemah dalam perjalanannya.

Para peneliti itu kemudian memetakan apa yang terjadi ketika sinar gamma menabrak foton, atau partikel ringan. Mereka menemukan bahwa tabrakan menghasilkan berkas aktifitas elektromagnetik.

"Apa yang kami deteksi bisa saja permulaan medan lemah ini, dan itu dapat memecahkan masalah dari mana asal medan magnet di Bima Sakti dan galaksi lain, karena sekarang kita bisa mengetahui kondisi permulaannya," kata Neronov.

Misteri-misteri Magnetis Tetap Ada

Para ilmuwan tidak yakin proses-proses energi tinggi mana yang mungkin menciptakan medan-medan magnetik pertama di alam semesta muda tanpa galaksi, walaupun tak kekurangan contoh.

Juga tak jelas apakah medan-medan benih berjalan memainkan peranan dalam formasi selanjutnya berbagai galaksi dan bagian-bagian galaksi, karena intensitas medan harus diukur dengan pasti.

"Secara umum, Saya cenderung berpikir bahwa mereka tidak memainkan peranan penting dalam pembentukan galaksi-galaksi, karena mereka terlalu lemah" pada level rendah yang diobservasi tim Fermi, kata Neronov.Itu medan magnet bumi asalnya.Mungkin

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
37 Jawaban
29640 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 19, 2009, 12:12:34 PM
oleh Dhantez
8 Jawaban
18485 Dilihat
Tulisan terakhir November 21, 2008, 02:55:15 AM
oleh dani_yosman
13 Jawaban
14247 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2009, 10:34:47 AM
oleh Sky
0 Jawaban
3668 Dilihat
Tulisan terakhir November 21, 2009, 03:42:36 PM
oleh frans3q
1 Jawaban
6615 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 15, 2010, 12:49:18 AM
oleh superstring39