Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 27, 2022, 12:47:23 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 42
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

[ask]Kalender Komariah(bener ga yah tulisannya?)

Dimulai oleh HyawehHoshikawa, Agustus 29, 2009, 09:20:02 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

HyawehHoshikawa

bang mw nanya dong, dulu kayaknya pernah denger kalo' kalender komariah tu kalender yang lebih akurat daripada kalendar masehi.
1.itu bener ga?terus lebih akurat tentang apanya?
2. 1 hari menurut kalender komariah tu selama apa yah?
3. 1 tahun menurut kalender komariah tu sberapa lama?
thanks b4
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Pi-One

Akurat? Dari sisi mananya? Kalender Masehi dibuat berdasar pergerakan bumi terhadap matahari, sementara kelnder komariah/Hijriah dibuat berdasar pergerakan bulan. Kurasa sulit membandingkan keduanya untuk urusan keakuratan.

Jika merujuk kalender bulan, aku lebih suka menggunakan kalender China. Karena setiap tanggal 15 pasti bulan purnama, dan tanggal 7 bulan 7 pasti bintang altair-vega terlihat jelas (ingat kisah gadis penenun dan gembala sapi?) Tentu saja karena aku gak puasa, aku gak terlalu mempedulikan perhitungan untuk itu.

HyawehHoshikawa

lha, mboh, itu kayknya pelajaran waktu SD je.(kalo' ga salah sih, soalnya 1 bulan pasti lamanya cuman antara 29-30 hari, ga ada yang cuman 28 ato 31)
dan gw juga ga yakin, makanya gw mw nanya...
cuman 1 taun & 1 harinya kalender komariah itu = apa yah?
kalo' masehi itu kan
1 tahun = 1x bumi mengelilingi matahari,
1 harinya = 1x bumi berrotasi (salah pendekatan aj orang jaman dulu)
1 jam cuman biar gampang jadi 1 hari / 24
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

pk3dot

ya kl namanya 1 bulan harusnya berdasarkan perputaran bulan terhadap bumi... bukan perputaran bumi terhadap matahari... kl 1 bulan berdasarkan perputaran bumi terhadap matahri, itu namanya jadi 1 bumi dunk... :D :D :D :D ....

kl posting topik kyk gini harusnya di bagian astronomi neh...

HyawehHoshikawa

oooh...
iya yah...
ya kalo' maw dipindah ajah.
Kutipya kl namanya 1 bulan harusnya berdasarkan perputaran bulan terhadap bumi... bukan perputaran bumi terhadap matahari... kl 1 bulan berdasarkan perputaran bumi terhadap matahri, itu namanya jadi 1 bumi dunk...
kayaknya kalo' untuk urusan bulan Kalender Qomariah dan Kalender Masehi sama aja deh.
cuman kalo' ga salah 1 hari-nya Qomariah itu 1/apanya bulan...gitu,
kalo' masehi kan jelas 1 hari = 1x rotasi bumi pada porosnya
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

alf

klu mnrtq 1 hr qomariah=1 kali rotasi bumi tapi didsrkan pd bulan. jd bkn didsrkn pd mthr spt pd mshi..

wuriant

Kutip dari: Pi-One pada Agustus 30, 2009, 12:06:33 PM
Jika merujuk kalender bulan, aku lebih suka menggunakan kalender China. Karena setiap tanggal 15 pasti bulan purnama, dan tanggal 7 bulan 7 pasti bintang altair-vega terlihat jelas (ingat kisah gadis penenun dan gembala sapi?) Tentu saja karena aku gak puasa, aku gak terlalu mempedulikan perhitungan untuk itu.
kalender china dibuat bukannya berdasarkan peredaran bulan juga?

Pi-One

Kutip dari: wuriant pada September 16, 2009, 08:45:27 AM
kalender china dibuat bukannya berdasarkan peredaran bulan juga?
Kalender Chna disebut juga kalender bulan (Lunar Calender). Tapi Kalender China itu maju mundur, setahun bisa dua belas atau tiga belas bulan. Dan imlek juga menunjukkan awal musim (di China)

binekas


Monox D. I-Fly

Kutip dari: Pi-One pada September 16, 2009, 05:30:27 PM
Kalender Chna disebut juga kalender bulan (Lunar Calender).

Huh? Selama ini saya kira yang dimaksud Lunar Calendar itu kalender Komariyah?  :o
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.