Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 03, 2024, 06:09:18 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 40
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

ecliptika??

Dimulai oleh eiy, Juni 06, 2009, 09:11:01 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

eiy

ada yg tau gag arti ecliptika itu apa?hehe,,,,
soalnya kata ayahku ecliptika itu tempatnya meliputi seluruh galaksi bimasakti, dan di sekelilingnya terdapat 4 bintang. bener gag seh?? ;D ;D ;D ;D

loser1942

hmm.......
yg gua tau sudut ekliptika, kalo sudut ekliptika itu sudut kemiringan sumbu bumi, yg 23,5 derajat kayaknya.
CMIIW

Nabih

Kutip dari: loser1942 pada Juni 06, 2009, 09:14:22 PM
hmm.......
yg gua tau sudut ekliptika, kalo sudut ekliptika itu sudut kemiringan sumbu bumi, yg 23,5 derajat kayaknya.
CMIIW
Kemiringannya terhadap apa ayo!!!

loser1942

kemiringan khatulistiwa 23,5 derajat terhadap garis lurus dari matahari, kayaknya.......
CMIIW

Nabih

bayangkan kutub utara bumi mendekati atau menjauhi matahari

saya pikir mendekti coz kutub selatan lebih dingin, bener ga?

loser1942

tergantung bulan berapa dulu.
hmm.....
nanti deh gua kurang paham ttg ini, kasih waktu 2 hari, gua bakal jelasin semua yg gua ngerti, hehehe..
maklum baru SMP lulus ke SMA, hehehe
SAYA LULUS!!!!!!!!!

utusan langit

Kutip dari: loser1942 pada Juni 20, 2009, 07:35:25 PM
tergantung bulan berapa dulu.
hmm.....
nanti deh gua kurang paham ttg ini, kasih waktu 2 hari, gua bakal jelasin semua yg gua ngerti, hehehe..
maklum baru SMP lulus ke SMA, hehehe
SAYA LULUS!!!!!!!!!

udah 1 bulan lebih ni,...

loser1942

ouw iya hehehe..... ;D
sorry all kelupaan ;D
setau gua sampe sekarang ini ekliptika itu sudut kemiringan sumbu bumi (sumbu rotasi)
yg berefek:
-terdapatnya 4 musim di belahan bumi ini (semi, panas, gugur, dingin)
-terdapat gerak semu matahari (garis balik utara, garis balik selatan)
-terdapatnya angin muson barat dan timur
-perbedaan lamanya siang dan malam di beberapa titik di bumi ini

hmm.....
gua cuma ingat sejauh itu aja, hehehe....
(beberapa gua simpulin sendiri, gua gk ambil dari buku)
CMIIW

faiqhr

ecliptika itu bidang edar, semacam garis orbit benda langit yg mengelilingi suatu benda langit tertentu,

lengkapnya [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

loser1942


binekas

Kutipecliptika itu bidang edar, semacam garis orbit benda langit yg mengelilingi suatu benda langit tertentu,

lengkapnya [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

wah dari wiki yang tanpa sumber lagi nih?? ;D ;D ;D :kribo: :kribo:

faiqhr

ada sih di buku, tapi ud lama bgt jadinya lupa, ni ak kasih yg instan, hhohoho :D :D :D

binekas

Kutipada sih di buku, tapi ud lama bgt jadinya lupa, ni ak kasih yg instan, hhohoho ketawa ketawa ketawa

;D ;D ;D ;D ;D

paczynski

Kutip dari: eiy pada Juni 06, 2009, 09:11:01 AM
ada yg tau gag arti ecliptika itu apa?hehe,,,,
soalnya kata ayahku ecliptika itu tempatnya meliputi seluruh galaksi bimasakti, dan di sekelilingnya terdapat 4 bintang. bener gag seh?? ;D ;D ;D ;D

Ekliptika adalah bidang khayal yang disapu oleh garis hubung Bumi-Matahari ketika berrevolusi.

Jika kita ambil perspektif dari pengamat di Bumi maka terdapat garis ekliptika yaitu garis yang dilintasi Matahari selama satu periode orbit Bumi.