Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Astronomi dan Kosmologi => Topik dimulai oleh: eiy pada Juni 07, 2009, 12:11:01 AM

Judul: ecliptika??
Ditulis oleh: eiy pada Juni 07, 2009, 12:11:01 AM
ada yg tau gag arti ecliptika itu apa?hehe,,,,
soalnya kata ayahku ecliptika itu tempatnya meliputi seluruh galaksi bimasakti, dan di sekelilingnya terdapat 4 bintang. bener gag seh?? ;D ;D ;D ;D
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: loser1942 pada Juni 07, 2009, 12:14:22 PM
hmm.......
yg gua tau sudut ekliptika, kalo sudut ekliptika itu sudut kemiringan sumbu bumi, yg 23,5 derajat kayaknya.
CMIIW
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: Nabih pada Juni 20, 2009, 12:29:51 PM
hmm.......
yg gua tau sudut ekliptika, kalo sudut ekliptika itu sudut kemiringan sumbu bumi, yg 23,5 derajat kayaknya.
CMIIW
Kemiringannya terhadap apa ayo!!!
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: loser1942 pada Juni 21, 2009, 04:21:52 AM
kemiringan khatulistiwa 23,5 derajat terhadap garis lurus dari matahari, kayaknya.......
CMIIW
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: Nabih pada Juni 21, 2009, 06:36:13 AM
bayangkan kutub utara bumi mendekati atau menjauhi matahari

saya pikir mendekti coz kutub selatan lebih dingin, bener ga?
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: loser1942 pada Juni 21, 2009, 10:35:25 AM
tergantung bulan berapa dulu.
hmm.....
nanti deh gua kurang paham ttg ini, kasih waktu 2 hari, gua bakal jelasin semua yg gua ngerti, hehehe..
maklum baru SMP lulus ke SMA, hehehe
SAYA LULUS!!!!!!!!!
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: utusan langit pada Juli 28, 2009, 04:38:14 AM
tergantung bulan berapa dulu.
hmm.....
nanti deh gua kurang paham ttg ini, kasih waktu 2 hari, gua bakal jelasin semua yg gua ngerti, hehehe..
maklum baru SMP lulus ke SMA, hehehe
SAYA LULUS!!!!!!!!!

udah 1 bulan lebih ni,...
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: loser1942 pada Juli 29, 2009, 08:04:58 AM
ouw iya hehehe..... ;D
sorry all kelupaan ;D
setau gua sampe sekarang ini ekliptika itu sudut kemiringan sumbu bumi (sumbu rotasi)
yg berefek:
-terdapatnya 4 musim di belahan bumi ini (semi, panas, gugur, dingin)
-terdapat gerak semu matahari (garis balik utara, garis balik selatan)
-terdapatnya angin muson barat dan timur
-perbedaan lamanya siang dan malam di beberapa titik di bumi ini

hmm.....
gua cuma ingat sejauh itu aja, hehehe....
(beberapa gua simpulin sendiri, gua gk ambil dari buku)
CMIIW
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: faiqhr pada September 10, 2009, 02:52:03 AM
ecliptika itu bidang edar, semacam garis orbit benda langit yg mengelilingi suatu benda langit tertentu,

lengkapnya http://id.wiki.detik.com/wiki/Ekliptika
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: loser1942 pada September 10, 2009, 10:35:05 AM
sep2 thx
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: binekas pada September 17, 2009, 11:35:05 PM
Kutip
ecliptika itu bidang edar, semacam garis orbit benda langit yg mengelilingi suatu benda langit tertentu,

lengkapnya http://id.wiki.detik.com/wiki/Ekliptika

wah dari wiki yang tanpa sumber lagi nih?? ;D ;D ;D :kribo: :kribo:
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: faiqhr pada September 19, 2009, 07:04:49 AM
ada sih di buku, tapi ud lama bgt jadinya lupa, ni ak kasih yg instan, hhohoho :D :D :D
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: binekas pada September 19, 2009, 10:04:46 PM
Kutip
ada sih di buku, tapi ud lama bgt jadinya lupa, ni ak kasih yg instan, hhohoho ketawa ketawa ketawa

 ;D ;D ;D ;D ;D
Judul: Re: ecliptika??
Ditulis oleh: paczynski pada November 26, 2009, 02:06:20 AM
ada yg tau gag arti ecliptika itu apa?hehe,,,,
soalnya kata ayahku ecliptika itu tempatnya meliputi seluruh galaksi bimasakti, dan di sekelilingnya terdapat 4 bintang. bener gag seh?? ;D ;D ;D ;D

Ekliptika adalah bidang khayal yang disapu oleh garis hubung Bumi-Matahari ketika berrevolusi.

Jika kita ambil perspektif dari pengamat di Bumi maka terdapat garis ekliptika yaitu garis yang dilintasi Matahari selama satu periode orbit Bumi.