Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 19, 2021, 08:48:54 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 77
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: ecliptika??  (Dibaca 7280 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline eiy

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: -2
ecliptika??
« pada: Juni 07, 2009, 12:11:01 AM »
ada yg tau gag arti ecliptika itu apa?hehe,,,,
soalnya kata ayahku ecliptika itu tempatnya meliputi seluruh galaksi bimasakti, dan di sekelilingnya terdapat 4 bintang. bener gag seh?? ;D ;D ;D ;D

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: ecliptika??
« Jawab #1 pada: Juni 07, 2009, 12:14:22 PM »
hmm.......
yg gua tau sudut ekliptika, kalo sudut ekliptika itu sudut kemiringan sumbu bumi, yg 23,5 derajat kayaknya.
CMIIW

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: ecliptika??
« Jawab #2 pada: Juni 20, 2009, 12:29:51 PM »
hmm.......
yg gua tau sudut ekliptika, kalo sudut ekliptika itu sudut kemiringan sumbu bumi, yg 23,5 derajat kayaknya.
CMIIW
Kemiringannya terhadap apa ayo!!!
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: ecliptika??
« Jawab #3 pada: Juni 21, 2009, 04:21:52 AM »
kemiringan khatulistiwa 23,5 derajat terhadap garis lurus dari matahari, kayaknya.......
CMIIW

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: ecliptika??
« Jawab #4 pada: Juni 21, 2009, 06:36:13 AM »
bayangkan kutub utara bumi mendekati atau menjauhi matahari

saya pikir mendekti coz kutub selatan lebih dingin, bener ga?

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: ecliptika??
« Jawab #5 pada: Juni 21, 2009, 10:35:25 AM »
tergantung bulan berapa dulu.
hmm.....
nanti deh gua kurang paham ttg ini, kasih waktu 2 hari, gua bakal jelasin semua yg gua ngerti, hehehe..
maklum baru SMP lulus ke SMA, hehehe
SAYA LULUS!!!!!!!!!

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: ecliptika??
« Jawab #6 pada: Juli 28, 2009, 04:38:14 AM »
tergantung bulan berapa dulu.
hmm.....
nanti deh gua kurang paham ttg ini, kasih waktu 2 hari, gua bakal jelasin semua yg gua ngerti, hehehe..
maklum baru SMP lulus ke SMA, hehehe
SAYA LULUS!!!!!!!!!

udah 1 bulan lebih ni,...

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: ecliptika??
« Jawab #7 pada: Juli 29, 2009, 08:04:58 AM »
ouw iya hehehe..... ;D
sorry all kelupaan ;D
setau gua sampe sekarang ini ekliptika itu sudut kemiringan sumbu bumi (sumbu rotasi)
yg berefek:
-terdapatnya 4 musim di belahan bumi ini (semi, panas, gugur, dingin)
-terdapat gerak semu matahari (garis balik utara, garis balik selatan)
-terdapatnya angin muson barat dan timur
-perbedaan lamanya siang dan malam di beberapa titik di bumi ini

hmm.....
gua cuma ingat sejauh itu aja, hehehe....
(beberapa gua simpulin sendiri, gua gk ambil dari buku)
CMIIW

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: ecliptika??
« Jawab #8 pada: September 10, 2009, 02:52:03 AM »
ecliptika itu bidang edar, semacam garis orbit benda langit yg mengelilingi suatu benda langit tertentu,

lengkapnya http://id.wiki.detik.com/wiki/Ekliptika

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: ecliptika??
« Jawab #9 pada: September 10, 2009, 10:35:05 AM »
sep2 thx

Offline binekas

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 201
  • IQ: 6
Re: ecliptika??
« Jawab #10 pada: September 17, 2009, 11:35:05 PM »
Kutip
ecliptika itu bidang edar, semacam garis orbit benda langit yg mengelilingi suatu benda langit tertentu,

lengkapnya http://id.wiki.detik.com/wiki/Ekliptika

wah dari wiki yang tanpa sumber lagi nih?? ;D ;D ;D :kribo: :kribo:

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: ecliptika??
« Jawab #11 pada: September 19, 2009, 07:04:49 AM »
ada sih di buku, tapi ud lama bgt jadinya lupa, ni ak kasih yg instan, hhohoho :D :D :D

Offline binekas

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 201
  • IQ: 6
Re: ecliptika??
« Jawab #12 pada: September 19, 2009, 10:04:46 PM »
Kutip
ada sih di buku, tapi ud lama bgt jadinya lupa, ni ak kasih yg instan, hhohoho ketawa ketawa ketawa

 ;D ;D ;D ;D ;D

Offline paczynski

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 3
Re: ecliptika??
« Jawab #13 pada: November 26, 2009, 02:06:20 AM »
ada yg tau gag arti ecliptika itu apa?hehe,,,,
soalnya kata ayahku ecliptika itu tempatnya meliputi seluruh galaksi bimasakti, dan di sekelilingnya terdapat 4 bintang. bener gag seh?? ;D ;D ;D ;D

Ekliptika adalah bidang khayal yang disapu oleh garis hubung Bumi-Matahari ketika berrevolusi.

Jika kita ambil perspektif dari pengamat di Bumi maka terdapat garis ekliptika yaitu garis yang dilintasi Matahari selama satu periode orbit Bumi.