Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 30, 2021, 09:40:39 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Jam Matahari, Seberapa akurat?  (Dibaca 20363 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #15 pada: Januari 29, 2009, 01:05:24 PM »
wew
ternyata....
ga gw sangka
manusia dulu jauhhhh lebih pnter daripada manusia skg........

jam sebenarnya juga digunakan untuk mengukur satuan waktu yang stabil,..
kalo jaman dulu kalo ngukur kecepatan mungkin 5000 meter per tengah hari kali ya? hehehehe,..

Offline saintzack

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 69
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • blue_blood_of_saint_zack
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #16 pada: Februari 02, 2009, 06:18:53 PM »
huauhauhua

mantav dnk orank dlu

hauhuauhauuhau ;D ;D ;D
once upon a time in .......

Offline Terbaik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Aku bisa
    • Sebuah catatan kecil dariku untuk dunia
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #17 pada: Februari 07, 2009, 07:54:28 AM »
Kira-kira apa ya yang akan dilakukan orang dahulu untuk menentukan waktu saat mendung atau hujan.

Trus kalo malem bisa pake jam bulan gak ya?

ada gak sih jam bulan?

Soalnya jaman dahulu kan gak ada lampu, adanya bulan jadi sumber cahaya paling terang bulan.

Jadi ada kemungkinan gak sih mereka pake jam bulan?

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #18 pada: Februari 07, 2009, 10:07:53 PM »
Soalnya jaman dahulu kan gak ada lampu, adanya bulan jadi sumber cahaya paling terang bulan.

Jadi ada kemungkinan gak sih mereka pake jam bulan?

hampir tidak ada. cahaya matahari lebih terang daripada cahaya bulan. Cahaya bulan pun karena matahari pula. Bulan bukan bintang yang memiliki cahaya sendiri. Lagian, belum tentu bisa sampe cahaya itu ke Bumi dalam keadaan terang, untuk menentukan jam pada malam hari kan?
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #19 pada: Februari 14, 2009, 09:45:40 AM »
q ikutan mau nanya dong  :o!!!!!! emang cara kerja dari jam matahari itu gimana ?????

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #20 pada: Februari 14, 2009, 10:05:46 AM »
q ikutan mau nanya dong  :o!!!!!! emang cara kerja dari jam matahari itu gimana ?????
ya, tinggal lihat saja bayangan tersebut jatuh di angka berapa pada jam matahari? Mudah kan? Namun gak akurat.

Offline Li

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #21 pada: Maret 13, 2009, 11:00:18 AM »
Klu berdasarkan pergerakan matahari, berarti tidak akurat dong.
Soalnya pergerakan matahari di atas bumi sendiri tidak selalu sama kan...?
大龙是一个怪物

Offline DDC

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Just wanna know who am I, nothing !!!
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #22 pada: Maret 15, 2009, 08:16:44 AM »
Hey allll ... gabung y ...

btw, kalo lagi mendung gmn tuh.... mataharinya kmn ?
jamnya .... yaaaaahhh. tapi ide bikin Jam matahari itu brilliant wt w !!!
Cool ..


Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #23 pada: Maret 16, 2009, 04:45:38 AM »
Yg q herankan knp jam matahari yg udh puluhan bhkn mgkn ada yg ratusan thn,kok skrg udh ga cocok?knp hayo?
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline Li

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #24 pada: April 30, 2009, 09:32:32 AM »
saya rasa bukannya tidak cocok, tapi yah seperti yang saya katakan tadi, posisi matahari diatas bumi tidak selalu sama. manusia pada jaman dahulu kala kan masih belum mengerti perhitungan waktu seperti sekarang ini, jadi mungkin mereka hanya menggunakan petunjuk berupa jam matahari saja.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #25 pada: Mei 19, 2009, 12:22:53 AM »
terus, sekarang masih dipakai ga ma orang-orang ?

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #26 pada: Mei 19, 2009, 12:26:51 AM »
terus, sekarang masih dipakai ga ma orang-orang ?


saya rasa tidak lagi. Banyak jam yang lebih tepat untuk penunjuk waktu dari pada jam matahari itu.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #27 pada: Mei 26, 2009, 02:07:50 PM »
saya rasa bukannya tidak cocok, tapi yah seperti yang saya katakan tadi, posisi matahari diatas bumi tidak selalu sama. manusia pada jaman dahulu kala kan masih belum mengerti perhitungan waktu seperti sekarang ini, jadi mungkin mereka hanya menggunakan petunjuk berupa jam matahari saja.

Kalau buat nentuin waktu shalat bis ga???
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Jam Matahari, Seberapa akurat?
« Jawab #28 pada: April 12, 2016, 03:01:20 PM »
Kalau buat nentuin waktu shalat bis ga???

Mestinya bisa, soalnya kan patokan waktu sholat memang berdasarkan matahari.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
8508 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2014, 01:57:18 AM
oleh Sandy_dkk
7 Jawaban
4639 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2009, 07:58:15 AM
oleh Nabih
Jam Matahari?

Dimulai oleh reborn « 1 2 » Do It Yourself

22 Jawaban
16963 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2011, 06:09:23 AM
oleh bambus
1 Jawaban
2276 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2011, 12:42:37 AM
oleh cronny
0 Jawaban
782 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 03, 2017, 03:36:01 AM
oleh yoeldian