Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 28, 2021, 08:18:01 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139657
  • Total Topik: 10399
  • Online Today: 286
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 49
Total: 49

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Flat Earth  (Dibaca 187361 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline bayu220686

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
Flat Earth
« pada: November 19, 2016, 04:04:09 PM »
Bumi itu datar atau bulat?

Offline Im

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 105
  • IQ: 38
  • Spritual, Sains Dan Seni
    • Kanal Inspirasi A+
Re:Flat Earth
« Jawab #1 pada: November 30, 2016, 05:07:36 AM »
Logikanya Jika Bulan dan Benda-benda langit lainnya bentuknya bulat kemungkinan besar bumi itu bulat...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re:Flat Earth
« Jawab #2 pada: November 30, 2016, 07:38:01 AM »
Teknologi udah rocket sains masih mempersoalkan beginian? >:D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Sakuranboaoi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re:Flat Earth
« Jawab #3 pada: Desember 14, 2016, 10:01:36 AM »
Jangan salah lhooo, akhir2 ini pembahasan tentang bumi datar kembali ramai didebatkan.hahahaha

Offline bigben

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Internet has the answer!
    • Software POS Restoran
Re:Flat Earth
« Jawab #4 pada: Desember 29, 2016, 09:45:35 PM »
Logikanya Jika Bulan dan Benda-benda langit lainnya bentuknya bulat kemungkinan besar bumi itu bulat...

Kalau menurut penganut flat earth, memang benda langit terlihat bulat, tapi bulatnya kan 2 dimensi, jadi bisa saja itu sebenarnya bulat lempengan (bukan seperti bola), alias flat juga kayak bumi hehe
Pecinta tekno, internet, sains, suka blogging, bekerja sebagai penyedia jasa SEO untuk web, blog, forum, dll. Salam kenal! :)

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re:Flat Earth
« Jawab #5 pada: Desember 31, 2016, 01:25:25 AM »
Jika ada persepsi bumi datar maka PR para penganutnya bakal banyak. Yang sederhana aja bagaimana kerja grafitasi di kondisi bumi datar?

Offline wolowizard

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Talk with me about all Sciences
Re:Flat Earth
« Jawab #6 pada: Desember 31, 2016, 12:51:06 PM »
bumi datar cuman mau ngasih propaganda murahan, ngasih informasi ambigu dan tidak explisit.

sudah jelas bumi itu bulat, bisa dilihat dari tanda tandanya bagi orang orang yang berfikir jernih dan objektif

Offline 1102oggy

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Flat Earth
« Jawab #7 pada: Januari 07, 2017, 02:52:15 AM »
bumi itu bulat offline. tidak ada yang terlalu besar untuk merasa kurva adalah DJG lurus. Aku tahu itu melalui facebook lite

Offline zoldik

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 127
  • IQ: 16
  • salam kenal!!!
Re:Flat Earth
« Jawab #8 pada: Januari 07, 2017, 06:35:23 AM »
saya percaya dan masuk logika sekali kalau bumi bulat, cuma ada beberapa hal yg menarik dipikiran saya, mungkin bisa dimasukkan ke topik ini.

bila bumi ini bulat harusnya ketika kita pergi ke kutub utara kita melihat langit diatas kita, namun ketika kita ke kutub selatan harusnya karena selatan berada di bawah utara kita melihat langit dibawah kita, tetapi seperti yg kita tahu saat kita dikutub selatan kita tetap melihat langit diatas kita, artinya kita tetap mendonga ke atas untuk melihat langit atau setidaknya kita tetap merasa bumi dibawah dan langit diatas
apa yang salah ya dengan analogi ini????

yang kedua jika bumi itu bulat dan berputar pada sumbunya, karena kita berada di dikatulistiwa yang jauh dari sumbu putar atau pusat putar bumi kita merasakan putaran bumi yg lambat, namun jika kita pergi ke pusat putar bumi kita harusnya merasakan putaran tersebut, ibarat ada bola kecil yg kita lekatkan diatasnya kertas kecil yg berjejer dan berurut jaraknya dari sumbu atau pusat putaran, kemudian kita putar, kita akan melihat yg dekat dengan sumbu putar bergerak cepat sedang kertas yg jauh dari sumbu putar akan bergerak lebih lambat, semakin jauh dari sumbu semakin lambat ia bergerak.
namun nyatanya tidak demikiankan ketika kita pergi ke kutub utara atau selatan kita tetap tidak merasakan putaran bumi atau setidaknya gak muter muter disumbu bumikan.
kenapa kita tdk merasakan putaran bumi seperti analogi kertas dan bola tadi ya????


kalian punya jawaban yg masuk akalkah tentang pertanyaan yg sedrhana tersebut, ingat ingat mengetest pemahaman sains dan menggelitik pikiran aja???


Offline sloth

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 30
  • IQ: 8
  • ForSa!
Re:Flat Earth
« Jawab #9 pada: Januari 08, 2017, 01:40:40 AM »
Ikut2an jawab ya , sesuai pemahaman saya :)


bila bumi ini bulat harusnya ketika kita pergi ke kutub utara kita melihat langit diatas kita, namun ketika kita ke kutub selatan harusnya karena selatan berada di bawah utara kita melihat langit dibawah kita, tetapi seperti yg kita tahu saat kita dikutub selatan kita tetap melihat langit diatas kita, artinya kita tetap mendonga ke atas untuk melihat langit atau setidaknya kita tetap merasa bumi dibawah dan langit diatas
apa yang salah ya dengan analogi ini????


Persepsi atas-bawah saya rasa hubungannya lebih ke biologi, badan kita punya semacam sensor yg bisa merasakan arah gravitasi. Jadi yg kita rasakan "bawah" adalah kemana arah gravitasi itu, "atas" adalah sebaliknya. "Bawah" dan "atas" kita bukan sesuatu yang absolut. Di luar angkasa sana ketika gravitasi bumi sudah lemah, kita kehilangan persepsi atas-bawah ini. Nonton film gravity cukup mewakili perasaan ini, biarpun saya gak pernah ke luar angkasa :D


yang kedua jika bumi itu bulat dan berputar pada sumbunya, karena kita berada di dikatulistiwa yang jauh dari sumbu putar atau pusat putar bumi kita merasakan putaran bumi yg lambat, namun jika kita pergi ke pusat putar bumi kita harusnya merasakan putaran tersebut, ibarat ada bola kecil yg kita lekatkan diatasnya kertas kecil yg berjejer dan berurut jaraknya dari sumbu atau pusat putaran, kemudian kita putar, kita akan melihat yg dekat dengan sumbu putar bergerak cepat sedang kertas yg jauh dari sumbu putar akan bergerak lebih lambat, semakin jauh dari sumbu semakin lambat ia bergerak.
namun nyatanya tidak demikiankan ketika kita pergi ke kutub utara atau selatan kita tetap tidak merasakan putaran bumi atau setidaknya gak muter muter disumbu bumikan.
kenapa kita tdk merasakan putaran bumi seperti analogi kertas dan bola tadi ya????


Iya, kita bisa ngerasain rotasi di kutub, kalau kecepatan sudutnya besar. Tapi bumi kan berputar 360derajat dalam waktu 24 jam. Sekarang coba lihat jam dinding, ke jarum jamnya (bukan jarum menit atau detik). Bisa melihat perputaran jarum itu? Atau bayangin komedi putar yg satu putarannya itu perlu waktu sehari penuh. Ya ngga berasa dong kalo dia muter. Pengaruh rotasi ini ke percepatan gravitasi efektif, lihat gambar ini:

Semakin dekat ke khatulistiwa percepatan gravitasi bumi semakin lemah, karena semakin ke sana kecepatan tangensialnya makin besar, ada gaya sentrifugal yg melawan gravitasi.

Correct me if I'm wrong. :D

Offline zoldik

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 127
  • IQ: 16
  • salam kenal!!!
Re:Flat Earth
« Jawab #10 pada: Januari 09, 2017, 01:30:07 AM »
ya bener 100 u sloth, saya pikir juga kaya gitu


kita gak merasakan putaran bumi karena resultan vektor gaya putaran menuju pusat bumi digantikan dengan grafitasi.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re:Flat Earth
« Jawab #11 pada: April 14, 2018, 01:52:07 PM »
balik saja ke pelajaran smp bagaimana membuktikan bumi bulat
dimulai dr cakrawala di pantai yang melengkung, dan perahu yang pertama dilihat adalah ujung atasnya

Offline zoldik

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 127
  • IQ: 16
  • salam kenal!!!
Re:Flat Earth
« Jawab #12 pada: Desember 17, 2018, 08:12:57 AM »
kemarin saya lihat di you tube tentang flat earth, lucu sii awalnya tentang teori teori konspirasi.


fisika merupakan pelajaran favorit saya, dan saya jarang mendapat nilai buruk dibidang ini. cuma ketika menonton film flat earth  ada yang bener bener menggelitik pikiran saya, dipikir pikir emang kita ini belajar fisika di sma hanya sebatas teori, apakah memang kita membuktikan secara langsung seperti pita goras yg katanya merupakan orang pertama yg mengetahui bahwa bumi bulat, atau seperti al buruni,atau anaxagoras. kita ini belajar sebatas teori yg bisa jadi dugaan para flat earth benar bahwa kita memang dicecoki. ini hanya kritikan buat pendidikan kita, dibanding belajar teori terus lebih baik beri pemahaman praktek krn praktek visual yg dilihat lebih mudah dipahami dan diingat.

disini saya coba untuk memperdalam konsep konsep fisika dari pertanyaan atau video para otak flat, walau terlihat sederhana tetapi kelihatannya masih banyak yg bingung, termaksud saya kecuali ketika saya mencoba berfikir dalam, jadi kalau ada kesalahan mohon di perbaiki:

1. kenapa ketika kita berada di ujung bumi kita tdk berputar putar kan jarak dari sumbu putar sangat dekat

jawaban
dulu saya pikir, kita tdk merasakan putaran bumi krn kita berada di katulistiwa yg jaraknya jauh dari poros. dan jawaban sloth mengatakan bahwa gerakan rotasi bumi lambat, tetapi menurut data bumi berotasi 1600 km per jam dan ini sangat cepat. menurut saya kita tdk merasakan bumi berputar adalah karena tdk ada pengamat acuan yg tdk bergerak. seperti kata eisntein untuk tahu kita bergerak kita butuh benda lain yg tdk bergerak, namun semua yg dibumi bergerak lalu apa batasan acuan benda lain yg tdk bergerak. untuk mengetahui bumi berotasi kita butuh benda lain yg tdk ikut berotasi yaitu benda benda langit itu sendiri yg diluar bumi dan tdk bergerak. namun kita tahu kecepatan bumi berupa lingkaran yg artinya pasti terjadi perubahan kecepatan yg harusnya menimbulkan gaya seperti kt newton, namun seperti yg kita juga ketahui di smu bahwa fektor gaya dari benda bergerak melingkar adalah menuju pusatnya, yaitu grafitasi itu sendiri.

2. gaya grafitasi bertanggung jawab pada benda yg yg saling tarik menarik mengapa benda yg saling tarik menarik bisa berputar?

jawaban
pada awalnya benda memang saling tarik menarik namun tentu diawali dengan big bang atau gaya luar yg berarti ada gaya lain yg ikut serta. pada awalnya benda memang tarik menarik tetapi jika gaya gaya dipadukan menjadi perputaran yg cukup kompleks. misalnya bumi tertarik matahari saat mendekat tentu ada gaya inersia yg juga bertanggung jawab membuat bumi menjauh, yang muncul adalah gaya aksi reaksi, ketika bumi telah menjauh bumi tertarik lagi oleh grafitasi matahari, dan ketika telah mendekat bumi terdorong oleh inersianya untuk menjauh, dan seterusnya. disini ada gaya gaya yg berinteraksi inersia, grafitasi yg dapat digabung menjadi aksi reaksi.

3. jika kita taruh sebuah benda diatas benda lain yg berputar, benda tersebut pastilah terpental keluar bukan kedalam, lalu mengapa kita tdk terlempar keluar jika memang bumi berotasi?

yg ini saya agak bingung krn kalau kita lihat mesin cuci yg dikeringkan pakaian akan menjauh dari pusat bukan mengumpul dipusat. tetapi menurut teori sii benda saat diputar awal yg muncul adalah gaya sentripental yg menuju pusat sedangkan gaya sentrifugal adl gaya fiktif. atau dua gaya ini bukan yg bertanggung jawab terhadap grafitasi, sehingga masih kalah dengan gaya grafitasi bumi.

F= G M.m/r2
 = 6,67 x 10-11  5,972x1024. 70 kg / 6371 0002
.=2,7883268 x 1013/6371 0002
 = 687 neton

kalo ga salah ngitung

sedangkan gaya sentrifugalnya

f = m a
  = 70 x 1600 km /jam x 1000 / 3600
  = 31,111 newton

jadi gaya grafitasi mengalahkan gaya centrifugal yg menyebabkan kita terpental.

gimana menurut kalian bener ga !!!

saya gak terlalu yakin




« Edit Terakhir: Desember 17, 2018, 08:14:51 AM oleh zoldik »

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re:Flat Earth
« Jawab #13 pada: Januari 16, 2019, 09:31:54 AM »
Jangan lupa soal kelembaman.
Dari awal kita lahir, kita sudah berputar bersama rotasi bumi.
Jadi kita takkan terlempar dari bumi hanya karena bumi berotasi.
Lain soal jika bumi tiba-tiba berhenti berotasi, nah, kita akan terlempar keluar angkasa.

Offline sorosoro

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
Re:Flat Earth
« Jawab #14 pada: Juni 13, 2021, 07:24:31 AM »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
10255 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2013, 02:32:00 AM
oleh avidkucing
51 Jawaban
23077 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2010, 09:08:17 AM
oleh Hendy wijaya, MD
25 Jawaban
12072 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2016, 10:54:37 PM
oleh Farabi
0 Jawaban
176412 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2016, 01:25:17 PM
oleh mildrasta
1 Jawaban
176891 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 30, 2017, 02:52:48 AM
oleh ErwinWp